PELAYANAN PUBLIK BERBASIS E-GOVERNANCE MELALUI PENERAPAN APLIKASI ‘OGAN LOPIAN’ BIDANG PELAYANAN KESEHATAN DI KABUPATEN PURWAKARTA JAWA BARAT

Septiana Wulan Hapsari, Erika Oktavianingtias, Betasari Zakiyah, Yuni Kurniasih

Abstract


ABSTRACT

Penyelenggaraan pelayanan publik merupakan sebuah upaya dari negara untuk memenuhi kewajibannya kepada masyarakat untuk memenuhi hak dan kebutuhan dasar warga negara. Hal ini didasari oleh amanat Undang – Undang Dasar Tahun 1945. Namun kondisi penyelenggaraan pelayanan publik masih belum efektif dan efisien, oleh karenanya pemerintah mulai menerapkan konsep E-Governance. Salah satu pemerintah daerah yang mulai menerapkan konsep ini adalah Kabupaten Purwakarta, yaitu dengan menciptakan aplikasi ‘Ogan Lopian’ sebagai upaya pelayanan publik di bidang kesehatan. Tujuan dari adanya jurnal ini adalah untuk mengetahui bagaimana aplikasi ‘Ogan Lopian’ dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat Kabupaten Purwakarta dan mengetahui kelemahan serta kelebihan dari aplikasi ini, yang mana nantinya dapat diperbaiki serta dapat diadopsi oleh daerah lain. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan studi Pustaka. Hasil penelitian ini diketahui bahwa kualitas pelayanan publik dari aplikasi ‘Ogan Lopian’ di bidang kesehatan ini sudah memenuhi indikator pengukuran kualitas pelayanan publik yaitu responsiveness, responsibility dan accountability. Namun meskipun begitu, masih terdapat beberapa kekurangan dalam aplikasi ‘Ogan Lopian’ dikarenakan masih banyak masyarakat yang tidak paham dalam menggunakan aplikasi ini akibat dari minimnya sosialisasi yang diberikan..

 

Keywords Pelayanan Publik, E-Governance, ‘Ogan Lopian’.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Sudaryanti, Endang Tri. (2012). Pengembangan Pelayanan Publik Berbasis Partisipasi Masyarakat (Studi Penelitian Di Dinas Perijinan Kabupaten Bantul). Jurnal Riset Daerah. Vol 11 No 2. Hal 1778 – 1788

PIKIR, K. T. D. K. (2011). A. Kajian Teori. Proses Produksi Program Acara Bursa Niaga Di Stasiun Riau Televisi (Rtv) Pekanbaru, 8.

Ombudsman Republik Indonesia. 2017. Laporan Hasil Inisiatif Ombudsman. Jakarta : Ombudsman Republik Indonesia

Dhevina E, Ihsanira. (2018). E-Governance : Inovasi dalam strategi komunikasi. https://setneg.go.id/baca/index/e_government_inovasi_dalam_strategi_komunikasi (diakses tanggal 21 November 2020).

Tempo.co.2017. Purwakarta Bentuk Badan Penanaman Modal Pelayanan Terpadu. Tempo.co. Diakses pada 07 April 2021 pukul 20:18 WIB https://nasional.tempo.co/read/106316/purwakarta-bentuk-badan-penanaman-modal-pelayanan-terpadu

Kabupaten Purwakarta. Profil Daerah. https://jabarprov.go.id/index.php/pages/id/1054 (diakses tanggal 21 November 2020)

Administrator. 2017. Aplikasi ini memudahkan pelayanan pemerintah pemkab purwakarta untuk warga. https://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/pr-01282912/aplikasi-ini-mudahkan-pelayanan-pemkab-purwakarta-untuk-warga-405026 (diakses tanggal 21 November 2020)

Wirawan, Vani.2020. Penerapan E-Governance Dalam Menyongsong Revolusi Industri 4.0 Kontemporer Di Indonesia. Jurnal Penegakan Hukum Dan Keadilan. Vol.1 No.1

Massruroh, D.M, Sardjono, S & Halik, A.2019. Pengaruh Harga, Sosial Media Marketing Dan Brand Equity Terhadap Customer Purchase Decision Melalui Customer Response Sebagai Variabel Intervening Pada Jamah Umtih Pt Saraya Anugrah Di Sidoarjo. JEB17: Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol.4 No.2

Rahadian, A. H. (2019, May). Revitalisasi Birokrasi Melalui Transformasi Birokrasi Menuju E-Governance Pada Era Revolusi Industri 4.0. In Prosiding Seminar STIAMI (Vol. 6, No. 1, pp. 85-94).

Damnik, M.P, Purwaningsih, E.H.2017.E-Governance Dan Aplikasinya Di Lingkungan Pemerintah Daerah (Studi Kasus Kualitas Informasi Website Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau). Jurnal Studi Komunikasi dan Media. Vol.21 No.2

Atthahara, H. (2018). Inovasi pelayanan publik berbasis E-Governance: studi kasus aplikasi ‘Ogan Lopian’ Dinas Komunikasi dan Informatika di Kabupaten Purwakarta. Jurnal Politikom Indonesiana, 3(1), 66.

Antaranews Megapolitan.(2018, 10 Agustus).Purwakarta Luncurkan Layanan Kedaruratan Call Center 112. Diakses dari https://megapolitan-antaranews.com.cdn.ampproject.org/v/s/megapolitan.antaranews.com/amp/berita/42600/purwakarta-luncurkan-layanan-kedaruratan-call-center-112

PPID Kabupaten Purwakarta.(2017,17 Juli). Aplikasi Ini Mudahkan Pelayanan Pemkab Purwakarta Untuk Warga. Diakses dari https://ppid.purwakartakab.go.id/detailberita/berita/17/berita


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JMAN jurnal mahasiswa Administrasi negara



Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons Internasional .