MANAJEMEN BENCANA TANAH LONGSOR DI DESA SAMBUNGREJO KECAMATAN GRABAG KABUPATEN MAGELANG

Rosyana Putri Tictona, Syaiful Bagus Marantika, Sapta Agus Hendriawan, Bagas Daifullah, Glagah Krisnawan, Yuni Kurniasih

Abstract


Manajemen bencana merupakan serangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka usaha pencegahan, mitigasi kesiapsiagaan, tanggap darurat, dan pemulihan yang berkaitan dengan terjadinya bencana. Manajemen bencana dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi kerugian dan risiko yang mungkin terjadi dan mempercepat proses pemulihan pasca bencana itu terjadi. Desa Sambungrejo yang berada di Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang menjadi salah satu desa yang mengalami bencana tanah longsor terbesar di Kabupaten Magelang yang merenggut tiga belas korban jiwa dan lima puluh rumah rata dengan tanah. Tujuan Penelitian ini untuk mengidentifikasi dan menganalisis sejauh mana upaya pemerintah dan masyarakat dalam manajemen bencana tanah longsor khususnya di desa tersebut hingga saat ini. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen bencana dapat diawali dengan membentuk kesadaran masyarakat dan pemerintah  terhadap  akibat bencana alam, melakukan manajemen bencana dengan baik, sosialisasi dan simulasi kepada masyarakat di daerah rawan rencana, serta regulasi peraturan pemerintah terhadap manajemen bencana.

Keywords: Manajemen Bencana, Bencana, Tanah Longsor


Full Text:

Untitled

References


A.W. Coburn, dkk. 1994. Mitigasi Bencana Edisi 2.UNDP.

Asian Disaster Reduction and Response Network (ADRRN). 2009. Terminologi Pengurangan Risiko Bencana. Jakarta, Indonesia.

Bevaola Kusumasari, 2014, Manajemen bencana dan kapabilitas Pemerintah Lokal, Yogyakarta : Penerbit Gava Media.Kurniawan, dkk. 2012. Indeks Rawan Bencana Indonesia. Jakarta: BNPB.

Khambali. Manajemen Penanggulangan Bencana. Penerbit Andi. ISBN 9792963359, 9789792963359.

Ramli, Soehatman. (2011). Manajemen Bencana (Disaster Management). Jakarta: PT Dian Rakyat.

Adyla, Nur dan Nurlaela.(2018). Strategi Pengembangan Desa Wisata Berbasis Kearifan Lokal di Desa Tammangalle Polewali Mandar. Jurnal Plano Madani. Vol 7, no 2, hal 132-141.

Muhammad Isman Jusuf. 2012. Ekologi Daerah Bencana Tsunami Dengan Gangguan Kesehatan. Universitas Negeri Gorontalo.

Sudibyakto. 2011. Manajemen Bencana di Indonesia Ke Mana?. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Arifianti, Yukni. 2011. Ayo Mengenal Lebih Dekat Tanah Longsor. Bandung. Jurnal Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi.

Astuti dan Sudaryanto 2010, Peran Sekolah dalam Pembelajaran Mitigasi Bencana. Jakarta. Jurnal Dialog Penanggulangan Bencana, Volume I No I.

Undang-Undang No. 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JMAN jurnal mahasiswa Administrasi negara



Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons Internasional .