CORPORATE UNIVERSITY SEBAGAI PENGEMBANGAN DIKLAT DALAM UPAYA MENINGKATAN KEMAMPUAN SDM BERKUALITAS

Paramesti Novira Arimurti, Septiana Wulan Hapsari, Erika Oktavianingtias, Betasari Zakiyah, Nike Mutiara Fauziah

Abstract


Pendidikan dan Pelatihan Jabatan merupakan proses penyelenggaraan belajar mengajar yang sangat penting dalam rangka meningkatkan kemampuan pegawai negeri sipil. Pendidikan dan Pelatihan Jabatan memiliki dua fungsi, yakni: pendidikan yang berarti memberikan wawasan mengenai peranan pegawai negeri sipil yang baik itu seperti apa, dan pelatihan yakni memberikan kompetensi kepada pegawai negeri sipil agar mampu bekerja dan berkontribusi secara penuh sesuai dengan keahliannya masing-masing. Beberapa diklat sudah dilaksanakan di banyak instansi pemerintah, akan tetapi masih belum efektif. Oleh sebab itu muncul sebuah model penerapan diklat dengan metode Corporate University yang merupakan pengembangan dari konsep diklat pada umumnya, dimana lebih menekankan pada penggunaan IT dalam pelatihan dan pendidikan pegawai yang profesional. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan studi literatur dalam pengumpulan data. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengembangan diklat melalui Corporate University yang diharapkan dapat optimal dan lebih efisien dengan adanya pelatihan sumber daya manusia yang kompeten dalam pelaksanaan tugas di bidangnya.

Keywords: Diklat, Coprorate University, Kompetensi, SDM


Full Text:

Untitled

References


Rademakers, Martjin. 2014. Corporate Universities: Drivers of the learning organization. ResearchGate. Hal 3.

Hutbah, Irwandi. 2013. Pendidikan dan Pelatihan Diklat. Scribd. Hal 5.

Kemenkeu. 2018. Kemenkeu Corporate University Belajar Tanpa Batas, Kinerja Berkualitas. Hal 1–43.

Pusdiklat Pajak. 2017. Mengapa Kementrian Keuangan harus Corporate University? Dikutip tanggal 11 November 2019 (19.15 WIB). Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Kementrian Keuangan: https://bppk.kemenkeu.go.id/content/berita/pusdi klat-pajak-mengapa-kementerian-keuangan-harus-corporate-university-2019-11-05-1fd0edaf/

Lituhayu, Dyah. Peran Diklat dalam Meningkatkan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Tengah. Halaman 9-15.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 101 Tahun 2000 Tentang Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Pegawai Negeri Sipil.

Ramelan, Corporate University Bukanlah Universitas. Dikutip tanggal 11 November 2019 pukul 19.20 WIB. PPM MANAJEMEN, https://dev.ppm-manajemen.ac.id/id_ID/blog/artikelmanajemen18/post/corporate-university-bukanlah-universitas-1405

Alamri, Razma. 2015. Peran Pendidikan dan Pelatihan Dalam Meningkatkan Efektifitas Kerja di Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Jurnal Politico. Vol 4 (1) Hal 12-14.

Kemenkeu Learning Center. 2018.#ChasingKnowledge Episode 1 Part3-Beda Corpu dengan Diklat Konvemsional. klc.kemenkeu.go.id.

Bungin, B. 2007. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Social. Jakarta: Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JMAN jurnal mahasiswa Administrasi negara



Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons Internasional .