PENGARUH PENGUNGKAPAN CSR TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2015-2019
Abstract
ABSTRACT
The implementation of social responsibility by companies is often associated with tax aggressiveness practices where CSR practices are used as an alternative to reduce the company's tax burden. Companies prefer to use their funds to finance CSR practices than to finance their tax burden. This study aims to identify the effect of CSR disclosure on the level of tax aggressiveness in manufacturing companies in the food and beverage industry sub-sector listed on the Indonesia Stock Exchange in 2015-2019 by including the control variables profitability, capital intensity, inventory intensity, firm size. The research method used in this research is purposive sampling. Based on the specified sample criteria, 12 companies match the sample criteria. The results showed that there was a significant negative effect on tax aggressiveness. Profitability and inventory intensity have a negative effect on tax aggressiveness, while capital intensity and firm size have a positive effect on tax aggressiveness
Keywords: CSR Disclosure, Tax Aggressiveness, Manufacturing Company
ABSTRAK
Pelaksanaan tanggung jawab sosial oleh perusahaan sering dikaitkan dengan praktik agresivitas pajak dimana praktik CSR digunakan sebagai alternatif untuk mengurangi beban pajak perusahaan. Perusahaan lebih memilih menggunakan dananya untuk membiayai praktik CSR dibandingkan untuk membiayai beban pajaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh pengungkapan CSR terhadap tingkat agresivitas pajak pada perusahaan manufaktur sub sektor industri makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019 dengan memasukkan variabel kontrol profitability, capital intensity, inventory intensity, firm size. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling. Berdasarkan kriteria sampel yang ditentukan terdapat 12 perusahaan yang sesuai dengan kriteria sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negatif terhadap agresivitas pajak. Profitabilitas dan inventory intensity berpengaruh negatif terhadap agresivitas pajak sedangkan capital intensity dan firm size berpengaruh positif terhadap agresivitas pajak
Kata kunci: Pengungkapan CSR, Agresivitas Pajak, Perusahaan Manufaktur