IDENTIFIKASI KEMAMPUAN CRITICAL THINKING MURID KELAS 9 SMP NEGERI PADA MATERI IPA DI KABUPATEN KOTABARU
Abstract
[A1]Panjang abstrak antara 150-200 kata disesuaikan dengan template IJNSE
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anwar, B., Muzil, & Hidayat, A. (2017). Pengaruh collaborative learning dengan teknik jumping taks terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Pembelajaran Sains. 1(2); 22
Arianti, N., Annur, S., Mastuang, M. (2017). Perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe pair check dengan tipe think pair square pada kelas XI SMA Negeri 9 Banjarmasin. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. 1 (2); 95-10
Azwar, S. (2014). Reliabilitas dan validitas edisi 4. Pustaka pelajar, Yogyakarta
Bundu, P. (2006). Penilaian keterampilan proses dan sikap ilmiah dalam pembelajaran IPA SD. Departemen pendidikan dan kebudayaan direktorat jendral pendidikan tinggi proyek pembinaan tenaga kependidikan, Jakarta
Danaryanti, A., Lestari, T. A. 2017. Analisis kemampuan berpikir kritis dalam matematika mengacu pada watson-glaser critical thinking appraisal pada siswa kelas VIII SMPN di Banjarmasin tengah tahun pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Matematika. 2(5); 124
Dewi, E. K., Winata, H. (2018). Analisis penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and ekspalining dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Pendidikan Menejemen Perkantoran. 3(2); 77-78
Dwyer, C. (2014). An integrated critical thinking framework for the 21st century. Journal Thinking Skills and Creativity. 12(4); 43-53
Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critical Thingking: An Outline of Critical Thingking Disposition and Abilities. Last revised. Emeritus profesor university oflillinois.
Emayanti, D. S. (2016). Tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah penerapan model pembelajaran student team achievement divisions (STAD) pada siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Quantum. 1-8
Fatmasari, D., Zainuddin, Z., Annur, S. (2013). Aplikasi pendekatan contextual teaching and learning (ctl) untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika. 1(1); 70-81
Fillah, A. N., Dafik, & Kusno. (2018). The analysis of students’ critical thinking skills in solving the generalization problem of matematics series. International Journal of Social Sciences and Humanities Invention. 5(1); 4314
Hayudiyani, M., Arif, M., & Risnasari, M. (2017). Identifikasi kemampuan berpikir kritis siswa kelas X TKL ditinjau dari kemampuan awal dan jenis kelamin siswa di SMKN 1 Kamal. Jurnal Ilmiah Eductif. 4(1); 21
Hendriyadi, H. (2017). Validitas isi: tahap awal pengembangan kuesioner. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT. 2(2); 173-174
Novtiar, C., Arifin, U. (2017). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan kepercayaan diri siswa SMP melalui pendekatan open ended. Jurnal PRISMA Universitas Suryakancana. 6(2); 127
Nurdwiandari, P. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis matematik dan kemampuan diri siswa SMP di Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. 1(5): 1008
Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal Pendidikan Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 3(2); 155-158
Rahmawati, I., Hidayat, A., Rahayu, S. (2016). Analisis keterampilan berpikir kritis siswa SMP pada materi gaya dan penerapannnya. Proseding Seminar Nasional Pendidikan IPA UM. 1113
Ratumanan, G., Laurens, T. (2003). Evaluasi hasil belajar. UNESA, Surabaya
Saputra, B., Annur, S., Mastuang, M. (2015). Perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran 5e dan generative learning di kelas XI Mipa SMA Negeri 7 Banjarmasin. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika. 5(2); 135-147
Saputri, C. A., Sajidan, & Rinanto, Y. (2017). Identifikasi keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran biologi menggunakan window shopping. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains. 131-135
Sari, M., Susiswo, & Nusantara, T. (2016). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII-d SMP negeri 1 Gambut. Proseding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika. 254-264
Setiani, F., Rasto. (2016). Mengembangkan soft skill siswa melalui proses pembelajaran. Jurnal Pendidikan Menejemen Perkantoran. 1(1); 161Stupple, E., Maratos, F.,
Elander, J., Hunt, T., Kevin Y., Aubeeluck, A. (2017). Development of the critical thinking toolkit (critt): A measure of student attitude and beliefs about critical thinking. Thinking Skill and Creativity. 23(3); 1-28
Sunaryo, Y. (2014). Problem based learning model to enchance senior high school student mathematical critical and creative thinking abilities. Jurnal Pendidikan dan Keguruan. 1(2); 44-45
Utami, B., Saputro, S., Ashadi, Masykuri, M., Widoretno, S. (2017).Critical thinking skills profile of high school students in learning chemistery. International Journal of Science and Applied Science. 1(2); 124-130
Wahid, U. (2017). Constructing means ends analysis instruction to improve students’ critical thinking ability and mathematical habits of mind dispositions. International Journal of Education and Research. 5(2); 261-268
Winarsunu, F. (2002). Statistik dalam penelitian psikologi dan pendidikan Malang. UMM press, MalangAnwar, B., Muzil, & Hidayat, A. (2017). Pengaruh collaborative learning dengan teknik jumping taks terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Pembelajaran Sains. 1(2); 22
DOI: https://doi.org/10.31002/nse.v3i1.880
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indonesian Journal of Natural Science Education
P-ISSN 2621-8747 | E-ISSN 2621-8755
Published By:
Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar
Alamat Redaksi:
Jl. Kapten Suparman No. 39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah 56116
email: ijnse@untidar.ac.id
Indexed By:
Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License.