TANGGAPAN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS TERHADAP PEMBELAJARAN STEM

Ahmad Syarkowi

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan pembelajaran STEM yang tak lepas dari masalah dan kendala. Salah satu cara untuk meminimalisir masalah dalam penerapan ini adalah dengan menelaah bagaimana tanggapan siswa ketika proses implementasi sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan STEM serta hal yang melatarbelakangi tanggapan tersebut. Kegiatan ini dilakukan di dua sekolah di kota Jambi. Desain Pembelajaran yang diajarkan di adopsi dari artikel penelitian dan juga dari buku yang sudah diimplementasikan sebelumnya. Hasil analsis angket menunjukan bahwa secara umum ada tanggapan yang baik dari peserta didik terhadap pendekatan STEM yang di lakukan. Sedangkan dari hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa tanggapa baik muncul karena siswa merasa pembelajaran ini mudah dilakukan serta sesuai dengan keinginan mereka yaitu pembelajaran yang tidak membosankan serta mennarik[A1] 

 [A1]Panjang abstrak antara 150-200 kata disesuaikan dengan template IJNSE


Keywords


STEM, Tanggapan Siswa

Full Text:

PDF

References


Caprile, M., Palmén, R., Sanz, P., & Dente, G. (2015). Encouraging STEM studies labour market situation and comparison of practices targeted at young people in different member states. Policy Department A.

Chiu, M.-H., & Duit, R. (2011). Globalization: Science education from an international perspective. Journal of Research in Science Teaching, 48(6), 553–566.

Gliem, J. A., & Gliem, R. R. (2003). Calculating, interpreting, and reporting Cronbach’s alpha reliability coefficient for Likert-type scales. Midwest Research-to-Practice Conference in Adult, Continuing, and Community ….

Kanematsu, H., & Barry, D. M. (2016). STEM and ICT education in intelligent environments. Springer.

Korpershoek, H., Kuyper, H., Bosker, R., & van der Werf, G. (2013). Students’ preconceptions and perceptions of science-oriented studies. International Journal of Science Education, 35(14), 2356–2375.

Martín‐Páez, T., Aguilera, D., Perales‐Palacios, F. J., & Vílchez‐González, J. M. (2019). What are we talking about when we talk about STEM education? A review of literature. Science Education, 103(4), 799–822.

Sanders, M. E. (2008). Stem, stem education, stemmania.

Shahali, E. H. M., Halim, L., Rasul, M. S., Osman, K., & Zulkifeli, M. A. (2016). STEM learning through engineering design: Impact on middle secondary students’ interest towards STEM. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(5), 1189–1211.

Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.

Sujanto, A. (1993). Psikologi Umum Cetakan Kesepuluh. Jakarta: Bumi.

Suwarma, I. R., Astuti, P., & Endah, E. N. (2015). Baloon powered car sebagai media pembelajaran ipa berbasis stem (science, thechnology, engineering, and mathematics). Proceed Simposium Nasional Inovasi Dan Pembelajaran Sains.




DOI: https://doi.org/10.31002/nse.v3i1.879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Natural Science Education 

P-ISSN 2621-8747  |  E-ISSN 2621-8755

Published By:

Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar

Alamat Redaksi:

Jl. Kapten Suparman No. 39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah 56116

email: ijnse@untidar.ac.id

Indexed By:

  

 

 Creative Commons License 

Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License.