PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA TERPADU BERWAWASAN LAHAN BASAH PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP
DOI:
https://doi.org/10.31002/nse.v3i1.878Keywords:
Bahan ajar, Berwawasan Lahan BasahAbstract
Penelitian ini berasal dari kebutuhan guru ketersediaan bahan ajar IPA terpadu berwwawasan lahan basah kelas VII mengacu pada Kurikulum 2013. Bahasan IPA yang mempunyai keterkaitan dengan lahan basah yaitu meteri klasifikasi makhluk hidup. Oleh karena itu, dilakukan penelitian pengembangan bahan ajar IPA berwawasan lahan basah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) validitas bahan ajar, 2) keefektivan bahan ajar, 3) kepraktisan bahan ajar. Metode yang digunakan adalah metode pengembangan 3D. Data yang didapat melalui lembar validasi bahan ajar, tes hasil belajar, dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian bahan ajar dianggap valid dengan rata-rata skor 91,6% (valid tanpa revisi), praktis dengan skor 3,35 (sangat baik), dan efektif dengan skor rata-rata n-gain sebesar 0,68 (sedang). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar berwawasan lahan basah layak digunakan dalam pembelajaranReferences
Aini, Noor. (2018). Pengeambangan Materi Ajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Koperatif Berorientasi Lingkungan Lahan Basah.Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2).
Noor, M., Zainuddin, & Miriam, S. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran IPA fisika melalui model pengajaran langsung dengan metode problem solving. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3): 328.
Plomp, T., & Nieveen, N. (2013). Educational desain research. Netherlands : SLO.
Pratiwi Purnamasari, Syubhan Annur, & Abdul Salam M. (2016). Pengembngan Bahan Ajar Melalui Model Pembelajaran React pada Materi Elastisitas. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika 4 (3).
Thiagarajan, S., Semmel, D. G., & Semmel, M. I. (1974). intructional development for training teachers of exceptional children. Washinton DC: National Center for Improvment Educational System.
Poniman, A., Nurwadjedi, Suwahyono. (2006). Penyediaan Informasi Spasial Lahan Basah untuk Mendukung Pembangunan Nasional. Forum geografi, 20, No. 2, 120-134.
Muji, Listyawati. 2012. Pengembangan perangkat pembelajaran IPA terpadu di SMP. Journal of Innovative Science Education 1.
Misbah, D. Dewantara, S M Hasan, dan S Annur (2018). The Development of student worksheet by using Guided Inquiry Learning Model to train student’s scientific attitude. Unnes Science Education Journal 7 (1).
Hamdi, H., Asrizal & Kamus, Z. (2013). Pembuatan Multimedia Interaktif Menggunakan Moodle pada Kompetensi Mengamati Gejala Alam dan Keteraturannya untuk Pembelajaran Siswa SMA Kelas XI Semester I, Piillar of Physics Education, I. 55-62.
Suyidno, S., & Jamal, M. . (2012). Strategi Belajar Mengajar Pegangan bagi Pembelajar Kreatif, Inovatif dan Berkarakter. Banjarmasin: Microteaching FKIP ULM.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The authors who submit the manuscript hold almost all copyrights. However, the right of publication is transferred to Indonesian Journal of Natural Science Education. The right includes the rights to publish their article for the first time and to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online) or any other reproductions of similar nature. This is copyright transfer form (Download) that must be signed by the corresponding author. After Journal of Natural Science and Integration published the article, the authors have the right to deposit it or republish it.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows:
Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
you are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.