PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA TERPADU BERWAWASAN LAHAN BASAH PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

Raudya Tuzzahra

Abstract


Penelitian ini berasal dari kebutuhan guru  ketersediaan bahan ajar IPA terpadu berwwawasan lahan basah kelas VII  mengacu pada Kurikulum 2013. Bahasan IPA yang mempunyai keterkaitan dengan lahan basah yaitu  meteri klasifikasi makhluk hidup. Oleh karena itu, dilakukan penelitian pengembangan bahan ajar IPA  berwawasan lahan basah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) validitas bahan ajar, 2) keefektivan bahan ajar,  3) kepraktisan bahan ajar. Metode yang digunakan adalah metode pengembangan 3D. Data yang didapat melalui lembar validasi bahan ajar, tes hasil belajar, dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian bahan ajar dianggap valid dengan rata-rata skor 91,6% (valid tanpa revisi), praktis dengan skor  3,35 (sangat baik), dan efektif dengan skor rata-rata n-gain sebesar 0,68 (sedang). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar berwawasan lahan basah layak digunakan dalam pembelajaran

Keywords


Bahan ajar, Berwawasan Lahan Basah

Full Text:

PDF

References


Aini, Noor. (2018). Pengeambangan Materi Ajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Koperatif Berorientasi Lingkungan Lahan Basah.Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2).

Noor, M., Zainuddin, & Miriam, S. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran IPA fisika melalui model pengajaran langsung dengan metode problem solving. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3): 328.

Plomp, T., & Nieveen, N. (2013). Educational desain research. Netherlands : SLO.

Pratiwi Purnamasari, Syubhan Annur, & Abdul Salam M. (2016). Pengembngan Bahan Ajar Melalui Model Pembelajaran React pada Materi Elastisitas. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika 4 (3).

Thiagarajan, S., Semmel, D. G., & Semmel, M. I. (1974). intructional development for training teachers of exceptional children. Washinton DC: National Center for Improvment Educational System.

Poniman, A., Nurwadjedi, Suwahyono. (2006). Penyediaan Informasi Spasial Lahan Basah untuk Mendukung Pembangunan Nasional. Forum geografi, 20, No. 2, 120-134.

Muji, Listyawati. 2012. Pengembangan perangkat pembelajaran IPA terpadu di SMP. Journal of Innovative Science Education 1.

Misbah, D. Dewantara, S M Hasan, dan S Annur (2018). The Development of student worksheet by using Guided Inquiry Learning Model to train student’s scientific attitude. Unnes Science Education Journal 7 (1).

Hamdi, H., Asrizal & Kamus, Z. (2013). Pembuatan Multimedia Interaktif Menggunakan Moodle pada Kompetensi Mengamati Gejala Alam dan Keteraturannya untuk Pembelajaran Siswa SMA Kelas XI Semester I, Piillar of Physics Education, I. 55-62.

Suyidno, S., & Jamal, M. . (2012). Strategi Belajar Mengajar Pegangan bagi Pembelajar Kreatif, Inovatif dan Berkarakter. Banjarmasin: Microteaching FKIP ULM.




DOI: https://doi.org/10.31002/nse.v3i1.878

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Natural Science Education 

P-ISSN 2621-8747  |  E-ISSN 2621-8755

Published By:

Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar

Alamat Redaksi:

Jl. Kapten Suparman No. 39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah 56116

email: ijnse@untidar.ac.id

Indexed By:

  

 

 Creative Commons License 

Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License.