PENGEMBANGAN MODUL IPA MATERI SISTEM GERAK PADA MAKHLUK HIDUP BERBASIS KEARIFAN LOKAL

Riska Nita

Abstract


Penelitian ini dilakukan karena dilatar belakangi oleh belum adanya modul IPA yang yang digunakan sebagai perantara antara materi pelajaran IPA dengan kearifan lokal Kalimantan Selatan. Modul yang dikembangkan dibatasi  untuk poko bahasan sistem gerak pada makhluk hidup berbasis kearifan lokal Kalimantan Selatan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) validitas modul, (2) kepraktisan modul, dan (3) keefektivan modul. Metode yang digunakan adalah metode 3D. Data didapatkan melalui lembar validasi modul, tes hasil belajar dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian modul bisa dikatakan valid dengan skor rata-rata 82,84% (valid dengan revisi kecil), praktis dengan skor 3,81 (praktis) dan efektif dengan rata-rata skor N-gain 0,76 (tinggi). Dari hasil yang didapat maka bisa disimpulkan  bahwa modul IPA materi sistem gerak pada makhluk hidup berbasis kearifan lokal layak digunakan pada pembelajaran

Keywords


modul, sistem gerak pada makhluk hidup, kearifan lokal

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung, PT Remaja Rosdakarya Ofset.

Anjarsari Puri. 2014. Pentingnya Melatih Keterampilan Berpikir (Thinking Skills) Dalam Pembelajaran IPA SMP. UNY.

Annur, S. 2017. Pengembangan LKS Pembelajaran Fisika Dengan Menggunakan Model CLIS (Children Learning in Science) Di SMP 1 Muhammadiyah Banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika.5(2).

Annur, S., Misbah, M., & Alifullah, M. N. 2016. Development Of Learning Materials On The Subject Of Static Fluid Assisted Flip Book Maker. International Conference On Educational Researchand Innovation.

Annur, S., Wati, M., Wahyuni, V., & Dewantara, D. 2019. Development of simple machines props using environmentally friendly materials for junior high school. In 6th International Conference on Educational Research and Innovation (ICERI 2018). Atlantis Press.

Anwar, Ilham. 2010. Pengembangan Bahan Ajar. Bandung, Direktori UPI.

Ardiyanti Yusi. 2016. Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Kunci Determinasi. Jurnal Pendidikan Indonesia. 5 (2).

Arifin, Zainal. 2014. Evaluasi Pembelajaran. Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedure Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta, Rineka Cipta.

Astika, F. F. 2014. Pengembangan Modul pada Materi Matriks dengan Pendekatan PMRI untuk Siswa Kelas X SMK. Universitas Negeri Yogyakarta.

Budaeng, Jumaidin, dkk. 2017. Pengembangan modul ipa/fisika terpadu berbasis scaffolding pada tema gerak untuk peserta didik kelas VIII SMP/MTs. Physisc Education Journal,1(1), 32.

Daryanto. 2013. Menyusun Modu Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar. Malang, Gava Media.

Depdinas. 2008. Teknik Penyusunan Modul. Jakarta: Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menegah.

Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung, Remaja Rosdakarya.

Ditasari, Rahma, dkk. 2013. Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Terpadu Berpendekatan Keterampilan Proses Pada Tema Dampak Limbah Rumah Tangga Terhadap Lingkungan Untuk SMP Kelas VIII. Unnes science education journal, 2(1), 330-331.

Hake, R. R. 1998. Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanies test data for introductory physics courses. Jurnal Am. J. 66 (1):64-74. USA: American Association of Physics Teacher.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung, Pustaka Setia.

Maftukhin, M. 2013. Keefektifan Model Pembelajaran CPS Berbantuan CD Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Materi Pokok Geometri Kelas X. Skripsi, Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Maridi. 2015. Mengangkat Budaya dan Kearifan Lokal dalam Sistem Konservasi Tanah dan Air. Jurnal Biologi, Sains, Lingkungan, dan Pembelajarannya, 22-23.

Maulida, M., Wati, M., & An'nur, S. 2015. Pengembangan bahan ajar berbasis pendidikan karakter dalam mendukung implementasi kurikulum 2013. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(1), 11-19.

Misbah, M., Hirani, M., Annur, S., Sulaeman, N. F., & Ibrahim, M. A. 2020. The Development and Validation of a Local Wisdom-Integrated Physics Module to Grow the Students’ Character of Sanggup Bagawi Gasan Masyarakat. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 5(1), 1-7.

Negara, P.D. 2011. Rekonstruksi kebijakan pengelolaan kawasan konservasi berbasis kearifan lokal sebagai kontribusi menuju pengelolaan sumber daya alam yang indonesia. Jurnal Konstitusi, IV(2), 91-138.

Patkur, Muhammad dan Theodorus Wiyanto Wibowo. 2013. Pengembangan Modul Pembelajaran Autocad Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Siswa Kelas X TPM Di SMKN 1 Sidoarjo. JPTM. 1 (3). 86-96. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta, Diva Press.

Pratiwi, H.E, dkk. 2014. Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Hybrid Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik kelas XI. Jurnal Biologi, 2.

Pratiwi, Wahyu Kusuma dan Dwiarko Nugrohoseno. 2014. Pengaruh Kepribadian Terhadap Kerjasama Tim Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmu Manajemen. 2 (3).

Purnamasari, P., Annur, S., & Salam, A. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Melalui Model Pembelajaran REACT Pada Materi Elastisitas. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(3), 209-221.

Purwati Ratna, Hobri, dkk. 2016. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat Pada Pembelajaranmodel Creative Problem Solving. 7 (1).

Rahdiyanta, D. 2017.Teknik Penyusunan Modul. http://mgmppjoksmpkotabekasi.com/wpcontent/uploads/2017/04/Teknipembuatan-Modul.pdf.

Rahmawati, Farida. 2011. Menigkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Tentang Sifat-Sifat Bangun Ruang dengan Menerapkan Tipe Numbered Together Pada Siswa Kelas V SD Negeri Balerejo 01 Kebon sari Madiun Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Ramli, Murni. 2015. Implementasi riset dalam pengembangan higher order thinking skills pada pendidikan sains. Jurnal Biologi, 6.

Riduwan. 2013. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Rita Mariana. 2010 . Efektivitas Penggunaan Active Learning dalam Pengembangan Critical Thinking pada Anak Usia Dini”. Jurnal Penelitian .2 (1).

Riyadi, H., Wati, M., & Annur, S. 2018. Pengembangan Alat Peraga Fisika Materi Cahaya Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(1), 42-55.

Rochmad. 2011. Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurusan Materi FMIPA UNNES.

Sanjaya, Wina. 2014. Penelitian Pendidikan Jenis , Metode dan Prosedur. Jakarta, Kencana.

Saputra Aji, Wahyuni Sri, dkk. 2016. Pengembangan Modul IPA Berbasis Kearifan Lokal Daerah Pesisir Puger Pada Pokok Bahasan Sistem Transportasi Di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika. 5 (2).

Setyorini, Endah, dkk. 2015. Pengembangan modul ipa terpadu berbasis model inkuiri terbimbing dengan tema tekanan zat alir dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik smp/ mts. Jurnal inkuiri, 4(4).

Sri Rumini. 1998. Psikologi umum. Yogyakarta, FKIP Yogyakarta.

Sudjana, N. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajara Mengajar. Bandung, PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Alfbeta, Bandung.

Surya, Hendra. 2011. Strategi Jitu Mencapai Kesuksesan Belajar. Jakarta, Gramedia.

Suwarsi, dkk. (2018). Meningkatkan keterampilan HOTS peserta didik melalui permainan kartu soal dalam pembelajaran PBL. Jurnal Matematika.

Sungkono. 2009. Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta.

Widoyoko, E.P. 2016. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta, Pustaka Pelajar.

Winarno, dkk. 2015. Pengembangan modul ipa terpadu berbasis High order thinking skill (hots) Pada tema energi. Jurnal inkuiri, 4(1), 83-84.

W.S. Winkel. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta. PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.31002/nse.v3i1.877

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Natural Science Education 

P-ISSN 2621-8747  |  E-ISSN 2621-8755

Published By:

Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar

Alamat Redaksi:

Jl. Kapten Suparman No. 39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah 56116

email: ijnse@untidar.ac.id

Indexed By:

  

 

 Creative Commons License 

Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License.