IDENTIFIKASI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMP NEGERI DI KABUPATEN TABALONG PADA MATA PELAJARAN IPA

Iin Nila Sari

Abstract


Keterampilan berpikir kritis adalah kemampuan yang semestinya dimiliki oleh peserta didik. Agar dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis peserta didik perlu adanya mengetahui bagaimana keterampilan berpikir kritis peserta didik. Tujuannya mengidentifikasi keterampilan berpikir kritis peserta didik SMP Negeri di Kabupaten Tabalong pada mata pelajaran IPA. Dengan mnenggunaan deskriptif kuantitatif dan populasinya peserta didik SMP Negeri di Kabupaten Tabalong yaitu sebanyak 2.264 peserta didik dan sampel sebanyak 340 peserta didik. Sampel penelitian kelas IX yang ditetapkan dengan porposive sampling. Penelitian dilaksanakan di enam SMP Negeri di Kabupaten Tabalong. Pengambilan data yang digunakan yaitu soal berpikir kritis yang berjumlah 40 soal dengan acuan 12 indiktor Ennis. Hasil menunjukkan bahwa (1) indikator memfokuskan pertanyaan 32%, (2) indikator menganalisis argumen 39%, (3) indikator bertanya dan menjawab pertanyaan 20%, (4) indikator memprtimbangkan apakah sumber dapat dipercaya atau tidak 42%, (5) indikator mengobservasi dan mempertimbangkan laporan observasi 49%, (6) indikator mendeduksi dan mempertimbangkan haasil deduksi 43%, (7) indikator menginduksi dan mempertimbangkan hasil deduksi 35%, (8) indikator membuat dan menentukan haasil pertimbangan 38%, (9) indikator mendefiinisikan istilah dan mempertimbangkan suatu devinisi  37%, (10) indikator mengidentifikasi asumsi-asumsi 19%, (11) menentukan suatu tindakan 44%, dan (12) indikator berinteraksi degan orang lain 53%. Hasil penelitian tingkat berpikir kritis di Kabupaten Tabalong pada mata pelajaran IPA dinyatakan masih tergolong rendah.


Keywords


Identifikasi, Keteramplan berpikir kritis, Mata pelajaran IPA

Full Text:

PDF

References


Arianti, N., Annur, S., Mastuang, M. (2017). Perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooprstif tipe pair check dengan tipe think pair square pada kelas XI SMA Negeri 9 Banjarmasin. Jurnal inovasi dan pembelajaran fisika. 1(2);95-103)

Bayyinah, dan Annur, S dan Suriasa. (2014). Perbedaan keterampilan berpikir kreatif siswa terhadap strategi pembelajaran multiple intelligences dan contextual teaching lerning. Berkala ilmiah pendidikan fisika. 2 (4).

Carson, J. (2007). A problem with problem solving: Teaching Thinking Without Teaching Knowledge. The Mathematics Educator. 12 (2): 7-14.

Khairunnisa. (2016). Kemampuan analisis berpikir keritis siwa kelas IX SMPN 3 paringin pada mata pelajaran IPA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA. Universitas Lambung Mangkurat, 179-186.

Muazzamah, N., Annur, S., Miriam, S. (2016). Perbedaan hasil belajar IPA siswa melalui metode problem posing dan metode problem solving di SMP Negeri 26 Banjarmasin. Jurnal Berkala ilmiah pendidikan fisika. 4(3)

Patonah, S. (2014). Elemen bernalar tujuan pada belajaran IPA melalui pendekatan metakognitif siswa SMP. Jurnal pendidikan IPA Indonesia. 3(2), 128-133.

Purnamasari, P., Annur, S,. & Salam, M. (2017). Pengembangan Bahan Ajar melalui Model Pembelajaran React pada Materi Elastisitas. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(3), 209-221

Putratama, F., Tasviri, E., Emmawaty, S. (2018). Pengaruh meetode ekperimen tehadap peningkatan konsep termokimia dan keterampilan berpikir kritis. Jurnal pendidikan dan pembelajaran Kimia. 1(6),

Saputra, Hidayat dan Munal. (2016). Profil kemampuan berpikir kritis siswa SMPN 7 Pasuruan. Prosiding Seminar pendidikan IPA. Pascasarjana,UM. (1), 943-949.

Saputra, B., Annur, S,. & Mastuang, M. (2017). Perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model Pembelajaran 5e dan generative learning di kelas XI Mipa SMA Negeri 7 Banjarmasin. Jurnal berkala ilmiah pendidikan Fisika, 5(2), 135-147

Setiawati, H. & Corebima, D. A. (2017). Empowering critical thinking of the students having different academic ability in biology learning of senior hifh school through PQ4R- TPS strategy. Journal of Sosial Science and Humanities Invention, 4(5).

Wadoyo, G,. A, Annur, S., & Salam,. A. (2017). Pengembangan media ajar berbasis multimedia audio visu pada pokok bahasaN tekanan di SMP Journal lmu pendidikan fisika, 1(2), 86-94




DOI: https://doi.org/10.31002/nse.v3i1.876

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Natural Science Education 

P-ISSN 2621-8747  |  E-ISSN 2621-8755

Published By:

Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar

Alamat Redaksi:

Jl. Kapten Suparman No. 39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah 56116

email: ijnse@untidar.ac.id

Indexed By:

  

 

 Creative Commons License 

Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License.