KUALITAS MATA AIR SEMBIR UNTUK PEMENUHAN KEBUTUHAN AIR BERSIH

Riva Ismawati, M.Si.

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian yang telah dilakukan yaitu untuk mengetahui kualitas air bersih yang berasal dari mata air Sembir ditinjau dari parameter fisik, parameter biologi, dan parameter kimia berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2017. Sampel merupakan air bersih yang bersumber dari mata air Sembir yang terletak di Dusun Kandren, Desa Banjarsari, Kecamatan Windusari, KAbupaten Magelang. Pengambilan sampel dilakukan melalui metode pengambilan sampel sesaat yang menunjukkan karakteristik air pada saat itu (grab sampling). Hasil pengujian menunjukkan bahwa sampel air bersih memenuhi standar baku mutu air berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2017. Dengan demikian, air bersih yang bersumber dari mata air Sembir dapat dimanfaatkan untuk keperluan higiene sanitasi.



Keywords


mata air; Sembir; air bersih; higiene; sanitasi

Full Text:

PDF

References


Earnestly, F., 2018, Analisis Kadar Klorida, Amoniak Di Sumber Air Tanah Universitas Muhammadiyah Sumbar Padang, Jurnal Katalisator, 3, 2, 89-95.

Effendi, H. (2003). Telaah kualitas air, bagi pengelolaan sumber daya dan lingkungan perairan. Kanisius.

Ismawati, R., Ngirfani, M. N., & Rinarni, A. (2018). Penurunan Kadar Besi Air Sumur Gali dengan Menggunakan Mn-Zeolit. EduChemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan), 3(2), 135-146.

Kusuma, E. A., Rasyid, R., & Endrinaldi, E. (2015). Identifikasi Bakteri Coliform pada Air Kobokan di Rumah Makan Kelurahan Andalas Kecamatan Padang Timur. Jurnal Kesehatan Andalas, 4(3).

Mukarromah, R. (2016). Analisis Sifat Fisis Dalam Studi Kualitas Air di Mata Air Sumber Asem Dusun Kalijeruk, Desa Siwuran, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Permenkes RI Nomor 32 Tahun 2017 tentang Standar Baku Mutu Kesehatan Lingkungan dan Persyaratan Kesehatan Air untuk Keperluan Higiene Sanitasi, Kolam Renang, Solus Per Aqua dan Pemandian Umum.

Sarbini, A. (2014). Perlindungan Mata Air. Pusat Penelitian dan pengembangan Permukiman Balitbang Kementerian Pekerjaan Umum.

Sari, M., & Huljana, M., 2019, Analisis Bau, Warna, TDS, pH, Dan Salinitas Air Sumur Gali Di Tempat Pembuangan Akhir. ALKIMIA: Jurnal Ilmu Kimia Dan Terapan, 3, 1, 1-5.

Wiryono, 2013, Pengantar Ilmu Lingkungan, Bengkulu: Pertelon Media.

Wulan, T.S. 2016. Analisis Kualitas Air Sumur Masyarakat Kelurahan Lalolara Kecamatan Kambu. Skripsi. Universitas Haluoleo.




DOI: https://doi.org/10.31002/nse.v3i1.875

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Natural Science Education 

P-ISSN 2621-8747  |  E-ISSN 2621-8755

Published By:

Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar

Alamat Redaksi:

Jl. Kapten Suparman No. 39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah 56116

email: ijnse@untidar.ac.id

Indexed By:

  

 

 Creative Commons License 

Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License.