DESAIN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN METODE EKSPERIMEN SEDERHANA PADA PEMBELAJARAN FISIKA

Lilis Oktavia, Dias Novi Widiyanto, Siswanto Siswanto, E. Juliyanto, A. Syarkowi

Abstract


Gagasan dikembangkannya desain model pembelajaran inkuiri adalah untuk merancang sebuah inovasi agar dapat memudahkan siswa untuk memahami dan meningkatkan penguasaan konsep siswa pada pembelajaran Fisika. Subjek penelitian ini yaitu sebanyak 15 siswa SMA kelas X IPA pada salah satu Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Magelang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode pre-experiment dengan desain one group pretest-posttest. Instrumen yang digunakan berupa tes essay menggunakan rubrik penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan eksperimen sederhana dapat dilakukan dalam model pembelajaran inkuiri dan mampu meningkatkan penguasaan konsep siswa.


Keywords


Model Pembelajaran Inkuiri; Kegiatan Eksperimen Sederhana; Penguasaan Konsep.

Full Text:

PDF

References


Febriastuti, Y. D. (2017). INOVASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA SMP. Indonesian Journal of Science and Education, 1(1), 49-56.

Gilbert, J.K., & Reiner, M. (2010). Thought experiments in science education: potential and current realization. International Journal of Science Education, 22(3): 265-283.

Hake, R.R. (1999). Interactive-engagement vs tra¬ditional methods: A six thousand student survey of mechanic test data for introductory physics courses. Journal of Physics. 66 (1): 64-74.

Harlen, W. (2014). Helping children’s development of inkuiri skills. Inkuiri in primary science education (IPSE), 1: 5-19.

Howard, R. (2015). Classifying types of concept and conceptual structure: Some taxonomies. European Journal of Cognitive Psychology, 4 (2): 81-111.

Siswanto, Kaniawati, I. Suhandi, A. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Pembangkit Argumen Menggunakan Metode Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Berargumentasi Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10 (2): 104-116.

Stern, C., Echeverria, C., Porta, D. (2017). Teaching Physics through Experimental Projects. Procedia IUTAM, 20: 189 – 194.

Ugulu. (2009). Determination of Retention of Students Knowledge and the Effect of Conceptual Understanding. Biotechnology & Biotechnological Equipment, 23:sup1, 14-18.

Wenning, C., J. (2011). Experimental inkuiri in introductory physics courses. Journal of Physics Teacher Education, 6 (2): 2-8.




DOI: https://doi.org/10.31002/nse.v1i1.87

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Natural Science Education 

P-ISSN 2621-8747  |  E-ISSN 2621-8755

Published By:

Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar

Alamat Redaksi:

Jl. Kapten Suparman No. 39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah 56116

email: ijnse@untidar.ac.id

Indexed By:

  

 

 Creative Commons License 

Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License.