DESAIN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN METODE EKSPERIMEN SEDERHANA PADA PEMBELAJARAN FISIKA

Authors

  • Lilis Oktavia Universitas Tidar
  • Dias Novi Widiyanto Universitas Tidar
  • Siswanto Siswanto Universitas Tidar
  • E. Juliyanto Universitas Tidar
  • A. Syarkowi Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31002/nse.v1i1.87

Keywords:

Model Pembelajaran Inkuiri, Kegiatan Eksperimen Sederhana, Penguasaan Konsep.

Abstract

Gagasan dikembangkannya desain model pembelajaran inkuiri adalah untuk merancang sebuah inovasi agar dapat memudahkan siswa untuk memahami dan meningkatkan penguasaan konsep siswa pada pembelajaran Fisika. Subjek penelitian ini yaitu sebanyak 15 siswa SMA kelas X IPA pada salah satu Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Magelang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode pre-experiment dengan desain one group pretest-posttest. Instrumen yang digunakan berupa tes essay menggunakan rubrik penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan eksperimen sederhana dapat dilakukan dalam model pembelajaran inkuiri dan mampu meningkatkan penguasaan konsep siswa.

References

Febriastuti, Y. D. (2017). INOVASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA SMP. Indonesian Journal of Science and Education, 1(1), 49-56.

Gilbert, J.K., & Reiner, M. (2010). Thought experiments in science education: potential and current realization. International Journal of Science Education, 22(3): 265-283.

Hake, R.R. (1999). Interactive-engagement vs tra¬ditional methods: A six thousand student survey of mechanic test data for introductory physics courses. Journal of Physics. 66 (1): 64-74.

Harlen, W. (2014). Helping children’s development of inkuiri skills. Inkuiri in primary science education (IPSE), 1: 5-19.

Howard, R. (2015). Classifying types of concept and conceptual structure: Some taxonomies. European Journal of Cognitive Psychology, 4 (2): 81-111.

Siswanto, Kaniawati, I. Suhandi, A. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Pembangkit Argumen Menggunakan Metode Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Berargumentasi Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10 (2): 104-116.

Stern, C., Echeverria, C., Porta, D. (2017). Teaching Physics through Experimental Projects. Procedia IUTAM, 20: 189 – 194.

Ugulu. (2009). Determination of Retention of Students Knowledge and the Effect of Conceptual Understanding. Biotechnology & Biotechnological Equipment, 23:sup1, 14-18.

Wenning, C., J. (2011). Experimental inkuiri in introductory physics courses. Journal of Physics Teacher Education, 6 (2): 2-8.

Downloads

Published

2018-06-30

Issue

Section

Articles