DESAIN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN METODE EKSPERIMEN SEDERHANA PADA PEMBELAJARAN FISIKA
Abstract
Gagasan dikembangkannya desain model pembelajaran inkuiri adalah untuk merancang sebuah inovasi agar dapat memudahkan siswa untuk memahami dan meningkatkan penguasaan konsep siswa pada pembelajaran Fisika. Subjek penelitian ini yaitu sebanyak 15 siswa SMA kelas X IPA pada salah satu Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Magelang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode pre-experiment dengan desain one group pretest-posttest. Instrumen yang digunakan berupa tes essay menggunakan rubrik penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan eksperimen sederhana dapat dilakukan dalam model pembelajaran inkuiri dan mampu meningkatkan penguasaan konsep siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Febriastuti, Y. D. (2017). INOVASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA SMP. Indonesian Journal of Science and Education, 1(1), 49-56.
Gilbert, J.K., & Reiner, M. (2010). Thought experiments in science education: potential and current realization. International Journal of Science Education, 22(3): 265-283.
Hake, R.R. (1999). Interactive-engagement vs tra¬ditional methods: A six thousand student survey of mechanic test data for introductory physics courses. Journal of Physics. 66 (1): 64-74.
Harlen, W. (2014). Helping children’s development of inkuiri skills. Inkuiri in primary science education (IPSE), 1: 5-19.
Howard, R. (2015). Classifying types of concept and conceptual structure: Some taxonomies. European Journal of Cognitive Psychology, 4 (2): 81-111.
Siswanto, Kaniawati, I. Suhandi, A. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Pembangkit Argumen Menggunakan Metode Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Berargumentasi Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10 (2): 104-116.
Stern, C., Echeverria, C., Porta, D. (2017). Teaching Physics through Experimental Projects. Procedia IUTAM, 20: 189 – 194.
Ugulu. (2009). Determination of Retention of Students Knowledge and the Effect of Conceptual Understanding. Biotechnology & Biotechnological Equipment, 23:sup1, 14-18.
Wenning, C., J. (2011). Experimental inkuiri in introductory physics courses. Journal of Physics Teacher Education, 6 (2): 2-8.
DOI: https://doi.org/10.31002/nse.v1i1.87
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indonesian Journal of Natural Science Education
P-ISSN 2621-8747 | E-ISSN 2621-8755
Published By:
Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar
Alamat Redaksi:
Jl. Kapten Suparman No. 39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah 56116
email: ijnse@untidar.ac.id
Indexed By:
Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License.