Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pencemaran Lingkungan Sebagai Upaya Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa SMK

Rina Rahayu, Riva Ismawati

Abstract


Artikel ini mengkaji tentang proses pembelajaran yang dapat mengembangkan keterampilan abad 21 khususnya dalam hal ini yaitu keterampilan pemecahan masalah. Proses pembelajaran sangat penting sebagai sarana interaksi dalam mengembangkan keterampilan. Keterampilan pemecahan masalah sangat diperlukan sebagai kecapakan peserta didik dalam menghadapi berbagai permasalahan yang ditemukan oleh peserta didik. Sehingga mereka mampu bersaing dengan masyarakat luas dan mampu menghadapi tantangan global. Berbagai keterampilan abad 21 diantaranya yaitu kemampuan dalam pemecahan masalah. Keterampilan pemecahan masalah merupakan penemuan jawaban yang baru berupa solusi yang diwujudkan dalam suatu cara ataupun tindakan dalam mencapai sebuah tujuan yang diinginkan. Sehingga secara tidak langsung mereka akan mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman mereka untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Salah satu yang dapat mendukung pengembangan keterampilan pemecahan masalah yaitu dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Hal ini ditunjukkan dengan model PBL pembelajaran berpusat pada peserta didik dengan menyajikan berbagai permasalahan yang berkaitan pada objek dan peristiwa IPA sehingga akan membantu peserta didik dalam meningkatkan keterampilan dalam menyelesaikan masalah melalui metode ilmiah.


Keywords


pemecahan masalah, model problem based learning

Full Text:

PDF

References


Arends. (2008). Belajar untuk mengajar. (Terjemahan Helly P. S & Sri M. S). New York: McGraw-Hill. (Buku asli diterbitkan tahun 2007)

Astika, U., Suma, I. K., & Suastra, I. W. (2013). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap sikap ilmiah dan keterampilan berfikir kritis [Versi elektronik]. E-Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha., 3, 1-10

Brookhart, S. M. (2010). Assess higher order thinking skills. Alexandria: ASCD Publication.

Carin, A. A. & Robert B. S. (1989). Teaching science through discovery (3th ed.) New York: Merril Publishing company.

Chakravarthi, S. & Vijayan, P. (2010). Analysis of the psychological impact of problem based learning (PBL) towards self directed learning among students in undergraduate medical education [versi elektronik]. International Journal of Psychological Studies, 2.1, 38-43

Fogarty, R. (1997). Problem based learning & other curiculum model for the multiple intelligences classroom. Amerika: Light Training and Publishing.

Gregory, G. H & Chapman, Carolyn. (2013). Differentiated instructional strategies. New York: SAGE Publication.

Janulis, P. P. (2010). Pemecahan Masalah dan Penggunaan Strategi Pemecahan Masalah. Diakses pada tanggal 01 September 2014 dari: http://file.upi.edu/Direktori/FPTK/JUR._PEND._TEKNIK_ELEKTRO/194710251980021-ANULIS_P_PURBA/Makalah_Seminar/Artikel_P.J.Purba.pdf

Kementerian Pendidikan Malaysia. (2002). Kemahiran berfikir dalam pengajaran dan pembelajaran. Kuala Lumpur, April 2002. Malaysia: Pusat Perkembangan Kurikulum

Kilbane, C. R & Milman, N. B. (2014). Teaching models. Boston: Pearson Education.

Komariyah, S. & Manoy, J.T. (2014). Penerapan Problem Based Learning (PBL) dengan Metode Creative Problem Solving (CPS) pada materi barisan dan deret aritmatika kelas X [versi elektronik]. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3.2, 187-194.

Moore, K. D. (2015). Effective instructional strategies (4th ed.) Los Angeles: SAGE Publications.

Santrock, J. W. (2011). Psikologi pendidikan. (Terjemahan Diana Angelica). New York: McGrawHill. (Buku asli diterbitkan tahun 2008)

Suhairi, M., Lisdianab, & Widiyaningrum, P. (2013). Pengembangan perangkat pembelajaan zat adiktif dan psikotropika dengan problem based learning di SMP [versi elektronik]. Journal Of Innovative Science Education, 2.1, 8-13

Toharudin, U., Hendarwati, S., & Rustaman A. (2011). Membangun literasi sains peserta didik. Bandung : Humaniora

Woolfolk, A. (2004). Educational psychology (9th ed.). Boston: Pearson




DOI: https://doi.org/10.31002/nse.v2i2.706

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Natural Science Education 

P-ISSN 2621-8747  |  E-ISSN 2621-8755

Published By:

Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar

Alamat Redaksi:

Jl. Kapten Suparman No. 39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah 56116

email: ijnse@untidar.ac.id

Indexed By:

  

 

 Creative Commons License 

Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License.