HUBUNGAN ANTARA HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN LITERASI SAINS MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN PADA MATERI METABOLISME TUMBUHAN

Risanti Dhaniaputri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar kognitif dan literasi sains mahasiswa, kemudian menganalisis hubungan antara hasil belajar kognitif dengan kemampuan literasi sains pada materi metabolisme tumbuhan. Jumlah mahasiswa yang dijadikan sebagai sampel sebanyak 25 orang telah mengambil mata kuliah fisiologi tumbuhan dan penelitian dilakukan di program studi pendidikan biologi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Instrumen pengumpulan data untuk menilai hasil belajar ranah kognitif dan literasi sains dengan menggunakan tes soal esai. Analisis data indikator kognitif dan literasi sains menggunakan nilai rata-rata, sedangkan analisis korelasi menggunakan analisis regresi untuk menguji hubungan antara dua variabel. Materi tes soal berupa ruang lingkup metabolisme tumbuhan, jalur biosintesis fitokimia dan keterkaitan antara materi metabolisme dengan aspek kesehatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kognitif sebesar 71,5 dan nilai rata-rata literasi sains 55,31. Berdasarkan analisis statistik terhadap F-hitung, t-hitung dan faktor signifikansi, terlihat bahwa hubungan antara kognitif terhadap literasi sains tidak signifikan, hanya sebesar 2%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil belajar kognitif dan literasi sains berdiri sendiri, tidak ada hubungan signifikan yang saling mempengaruhi antar keduanya.


Keywords


Kognitif; literasi sains; metabolisme tumbuhan

Full Text:

PDF

References


Bybee, R. & McCrae, B. (2011). Scientific Literacy and Student Attitudes: Perspectives from PISA 2006 Science. International Journal of Science Education, 33 (1): 7–26.

Fakhriyah, F., Masfuah, S., Roysa, M., Rusilowati, A.& Rahayu, E.S. (2017). Student’s Science Literacy In The Aspect of Content Science. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6 (1): 81-87.

Holbrook, J. & Rannikmae, M. (2009). The Meaning of Scientific Literacy. International Journal of Environmental and Science Education, 4 (3): 275-288.

Indriati, D. (2012). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Konsep Cahaya Melalui Pembelajaran Science-Edutainment Berbantuan Media Animasi. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1 (2): 192-197.

Krathwohl, David, R., Bloom, B.S & Masia, B.B. (1973). Taxonomy of Educational Objectives, The Classification of Educational Goals, Handbook II, Affective Domain. New York: David McKay, Co. Inc.

Muspikawijaya, Iswari, R.S. & Marianti, A. (2017). Analisis Kesulitan Peserta Didik SMA/MA Kabupaten Luwu Timur Dalam Memahami Konsep Pada Materi Metabolisme Sel. Journal of Innovative Science Education (JISE), 6 (2).

National Science Education Standards. 1996. National Academy of Science. Washinton DC: National Academy Press. Ningrum, D.F., Prihatin, J. & Pujiastuti. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Biologi Berbasis Pendekatan Deep Dialogue/Critical Thinking (DD/CT) Pada Pokok Bahasan Metabolisme Karbohidrat Kelas XII SMA. Pancaran, Vol. 3, No. 1, hal 160-168.

Ningrum, D.F., Prihatin, J. & Pujiastuti. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Biologi Berbasis Pendekatan Deep Dialogue/Critical Thinking (DD/CT) Pada Pokok Bahasan Metabolisme Karbohidrat Kelas XII SMA. Pancaran, Vol. 3, No. 1, hal 160-168.

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. PISA, OECD Publishing, Paris, https://doi.org/10.1787/b25efab8-en.

Setyanto, H.A., Amin, M. & Lestari, U. (2016). Pengembangan Buku Suplemen Pendekatan Molekular Taksonomi Hewan Vertebrata. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 1 (6): 1180-1182.

Schultz, S. (2015). Scientific Literacy Rubrics. Stanford Center for Assessment, Learning and Equity (SCALE). Stanford Education. https://www.performanceassessmentresourcebank.org/system/files/PARB%20CC%20BY%204.0%20SCALE%20Ohio%20Scientific%20Literacy%20Rubric%202015_0.pdf. Dikunjungi 16 April 2019.

Suwono, H. & Furaidah. (2016). The Scientific Literacy Level of First and Third Year Biology Student Teachers: A Comparative Study. Proceeding of the 4th International Conference of Science Educators and Teachers (ISET), Khon Kaen, Thailand: Science Education Association (Thailand) (SEAT).

Suwono H., Pratiwi, H. E., Susanto, H. & Susilo, H. (2017). Enhancement of Students’ Biological Literacy and Critical Thinking of Biology Through Socio-Biological Case-Based Learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6 (2): 213-215. DOI: 10.15294/jpii.v6i2.9622.

Taiz, L., Zeiger, E., Moller, I.M & Murphy, A. (2016). Plant Physiology and Development. 6th ed. Sinauer Associates, Inc. USA.

Zubaidah, S. (2018). Tren Penelitian Pendidikan Biologi. https://www.researchgate.net/profile/Siti_Zubaidah5/publication/325809615_TREND_PENELITIAN_PENDIDIKAN_BIOLOGI/links/5b25fb92aca272277fb58ac4/TREND-PENELITIAN-PENDIDIKAN-BIOLOGI.pdf. Dikunjungi 8 April 2019.




DOI: https://doi.org/10.31002/nse.v2i2.702

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Natural Science Education 

P-ISSN 2621-8747  |  E-ISSN 2621-8755

Published By:

Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar

Alamat Redaksi:

Jl. Kapten Suparman No. 39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah 56116

email: ijnse@untidar.ac.id

Indexed By:

  

 

 Creative Commons License 

Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License.