PENGUATAN CRITICAL THINKING SKILLS DALAM LEMBAR KERJA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES

Eka Andriyani

Abstract


Salah satu model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik adalah model pendekatan keterampilan proses. Berpikir kritis merupakan kemampuan menganalisis suatu permasalahan hingga pada tahap pencarian solusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan LKPD IPA berbasis keterampilan proses pada materi pencemaran lingkungan SMP Kelas VII untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, 2) mengetahui kelayakan LKPD. Penelitian ini menggunakan desain pengembangan model 4D yang dibatasi pada tahap define, design, dan develop. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penilaian oleh ahli media, ahli materi, peer reviewer, guru IPA, dan peserta didik kelas VII SMP. Teknik analisis data untuk mengetahui kualitas LKPD IPA yang dikembangkan menggunakan kriteria kategori penilaian ideal. Penelitian ini menghasilkan LKPD IPA yang memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan menurut ahli media 90%, menurut peer reviewer 92,5%, guru IPA 84,5%, peserta didik sebesar 88,24%. Ahli materi menyatakan bahwa LKPD memiliki kualitas Baik (B) dengan persentase keidealan 80%. Berdasarkan penilaian tersebut LKPD IPA berbasis keterampilan proses untuk SMP kelas VII pada materi pencemaran lingkungan layak digunakan dalam pembelajaran IPA.


Keywords


Lembar Kerja; Keterampilan Proses; Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Sulthon. (2016). Pembelajaran IPA Yang Efektif Dan Menyenangkan Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). Elementary. Vol 4, No 1, 38-54.

Hanafy, S.M. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan.Vol 17, No 1, 66-79.

Saputra, J.H. & Faizah, I.N. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Untuk Menumbuhkan Nilai Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar. Vol 4, No 1, 62-74.

Istikharah, R. & Simatupang, Z. (2017). Penembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Kelas X SMA/MA Pada Materi Pokok Protista Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. Vol 12, No 1, 1-6.

Dewi, N.P., Wibawa, I.M., Devi, N.L. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Keterampilan Proses Dalam Pembelajaran Siklus Belajar 7E Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol 6, No 1, 125-133.

Nuryanti, L., Zubaidah, S., dan Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan. Vol 3, No 2, 155-158.

Ahmatika, D. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Pendekatan Inquiry/Discovery. Jurnal Euclid. Vol 3, No 1, 394-403.

Mahmudah, L. (2016). Pentingnya Pendekatan Keterampilan Proses Pada Pembelajaran IPA Di Madrasah. Elementary. Vol 4, No 1, 167-187.

Astuti, R., Sunarno, W., Sudarisman, S. (2016). Pembelajaran IPA Dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Menggunakan Eksperimen Bebas Termodifikasi dan Eksperimen Terbimbing Ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Motivasi Belajar Siswa. Proceeding Biology Education Conference. Vol 13, No 1, 338-345.

Ernawati, T., Ramadhan, D., dan Widowati, A. (2018). A Basic Skills Process on the Natural Science Learning Outcomes Viewed from the Ability to Communicate. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR). Vol.330,208-2




DOI: https://doi.org/10.31002/nse.v2i2.701

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Natural Science Education 

P-ISSN 2621-8747  |  E-ISSN 2621-8755

Published By:

Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar

Alamat Redaksi:

Jl. Kapten Suparman No. 39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah 56116

email: ijnse@untidar.ac.id

Indexed By:

  

 

 Creative Commons License 

Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License.