IMPLEMENTASI AJARAN KI HADJAR DEWANTARA (NITENI, NIROKKE, NAMBAHI) DALAM LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
Abstract
Niteni, Nirokke, Nambahi merupakan ajaran Ki Hadjar Dewantara yang dapat diaplikasikan dan relevan terhadap pembelajaran di era 4.0. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan media pembelajaran yang membantu siswa untuk memahami konsep materi IPA. Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Niteni, Nirokke, Nambahi (Tri N) dengan tema materi dan perubahannya; 2) mengetahui kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Niteni, Nirokke, Nambahi (Tri N). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model 4D terdiri dari define, design, develop, disseminate yang dibatasi sampai tahap develop. Pengumpulan data menggunakan teknik angket dengan skala likert berupa lembar validasi ahli materi, ahli media, ahli ketamansiswaan, peer review, guru IPA dan angket respon peserta didik kelas VII SMP. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis Niteni, Nirokke, Nambahi (Tri N) dengan tema materi dan perunahannya layak digunakan dengan penilaian sangat baik (SB) berdasarkan persentase keidealan validasi ahli materi 81,6%, Ahli media 91,6%, ahli ketamansiswaan 90%, peer review 93%, guru IPA 90,4% dan siswa 90,10%.
Kata Kunci : Lembar Kerja Peserta Didik, Niteni, Nirokke, Nambahi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.31002/nse.v2i2.700
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indonesian Journal of Natural Science Education
P-ISSN 2621-8747 | E-ISSN 2621-8755
Published By:
Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar
Alamat Redaksi:
Jl. Kapten Suparman No. 39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah 56116
email: ijnse@untidar.ac.id
Indexed By:
Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License.