MEMBANGKITKAN CRITICAL THINKING MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA INOVATIF BERBASIS PEMECAHAN MASALAH
Abstract
Keterampilan berpikir kritis penting untuk kesuksesan dan dapat dilatih melalui kegiatan pembelajaran berbasis masalah di kelas. Tujuan dari penelitian ini 1) mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning(PBL) untuk melatih critical thinking 2) Mengetahui kelayakan produk LKPD berbasis PBLyang dikembangkan. Pengembangan LKPD ini menerapkan model pengembangan 4D. Terdiri dari empat tahap yaitu define, design, develop, dan disseminate. LKPD dibuat untuk kelas VIII SMP pada materi zat adiktif. Proses pengembangan produk melibatkan ahli media, ahli materi, peer reviewer, guru, dan peserta didik. Kelayakan produk diketahui melalui penilaian oleh stakeholder yang terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan sampai pada tahapdevelop yang mencakup serangkaian proses. Lebih lanjut, LKPD memenuhi kriteria dengan kategori baik jika dilihat dari aspek kesesuaian tujuan, kelayakan isi, kelengkapan materi, komponen LKPD, kesesuaian kegiatan, kejelasan petunjuk, kelayakan bahasa dan kalimat, kejelasan teks, kualitas layout, dan kesesuaian LKPD dengan pendekatan Problem Based Learning. Kualitas LKPD memperoleh kategori sangat baik menurut ahli media (96,1%), peer reviewer (96,95%), guru IPA (87,7%), dan peserta didik (85,92%). Menurut ahli materi kualitas LKPD dalam kategori baik. Persentase penilaian sebesar 80%. Berdasarkan hasil penilaian tersebut, LKPD berbasisPBLuntuk SMP kelas VIII materi zat aditif layak untuk digunakan.
Kata Kunci: Lembar Kerja Inovatif, Critical Thinking
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.31002/nse.v2i2.699
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indonesian Journal of Natural Science Education
P-ISSN 2621-8747 | E-ISSN 2621-8755
Published By:
Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar
Alamat Redaksi:
Jl. Kapten Suparman No. 39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah 56116
email: ijnse@untidar.ac.id
Indexed By:
Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License.