PENERAPAN PEMBELAJARAN BIOENTREPRENEURSHIP PADA MATERI BIOTEKNOLOGI FERMENTASI KEFIR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Saiful Mujab, Diah Nugraheni, Dyah Setyaningrum Winarni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran bioentrepreneurship pada materi bioteknologi fermentasi kefir dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif analitik dengan desain one group pretest posttest. Sampel penelitian ini adalah kelas IX A MTs NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus tahun ajaran 2018/2019. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner motivasi belajar dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bioentrepreneurship pada materi bioteknologi fermentasi kefir. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan uji statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai p (0,000) < 0,05 dan r = 0,892. Hubungan antara dua variabel tersebut bersifat positif sehingga penerapan pembelajaran bioentrepreneurship pada materi bioteknologi fermentasi kefir dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran bioentrepreneurship pada materi bioteknologi fermentasi kefir mampu meningkatkan motivasi belajar siswa.

Keywords


Fermentasi Kefir; Motivasi Belajar; Pembelajaran Bioentrepreneurship

Full Text:

PDF

References


Sudjana, N. (2016). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Rosdakarya

Winardi. (2013). Kepemimpinan dalam manajemen. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Lestari, F. (2018). Karakteristik fisik kimia kefir susu kambing dengan penambahan ekstrak sari kacang merah dan buah naga merah. Skripsi. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang

Suherman, E. (2010). Desain pembelajaran kewirausahaan. Bandung: Alfabeta

Syamsudin dan Damayanti. (2011). Metode penelitian pendidikan bahasa. Bandung : Remaja Rosdakarya

Riduan, A. (2010). Rumus dan data dalam aplikasi statistika. Bandung: Alfabeta

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Abdul, M. 2010. Analisis statistik SPSS for Windows: Cara praktis melakukan analisis statistik. Surabaya: CV Duta Aksara

Arikunto, S. (2011). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktis. Jakarta: Rineka Cipta

Sardiman. 2014. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Nugraheni, D. (2018). Pembelajaran berbasis proyek (project based learning) materi kalor dan perpindahannya untuk meningkatkan kreativitas siswa. JP2F: Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(2), 73-79

Fitriah, E. (2016). Implementasi bioentrepreneurship pada pembelajaran biologi untuk meningkatkan life skills dan minat wirausaha siswa madrasah aliyah berbasis pesantren di Cirebon. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 2(1), 1-18

Winarni, D.S. (2017). Analisis kesulitan guru PAUD dalam membelajarkan IPA pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 5(1), 12-22

D’amore, B. 2013. Epistimology, didactic of mathematic and teaching practise. Mediteranian Jurnal for Research Mathemathics Education

Wibowo, A. 2011. Pendidikan kewirausahaan (konsep dan strategi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Nurseto, T. 2010. Pendidikan berbasis entrepreneur. Jurnal pendidikan Akuntansi Indonesia No.2. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Yulianti, Y. 2016. Pentingnya media pembelajaran berbasis entrepreneurship. JP2SD: Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar, 1(4), 283-287




DOI: https://doi.org/10.31002/nse.v2i2.697

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Natural Science Education 

P-ISSN 2621-8747  |  E-ISSN 2621-8755

Published By:

Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar

Alamat Redaksi:

Jl. Kapten Suparman No. 39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah 56116

email: ijnse@untidar.ac.id

Indexed By:

  

 

 Creative Commons License 

Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License.