PENGEMBANGAN APLIKASI SAMBA BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI ASAM BASA

Mira Rosalina, Aulia Wahyuningtyas, Mateo Ricci H Bisai

Abstract


Kemajuan teknologi pada era millennial mempengaruhi siswa dalam pembelajaran. Berdasarkan observasi di SMA PGRI 109 Tangerang, siswa di kelas pada umumnya lebih memilih bermain game di handphone daripada  mengikuti pembelajaran yang sedang berlangsung, sehingga sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi asam basa.  Penggunaan aplikasi SAMBA dalam pembelajaran dapat  menjadi  strategi  untuk  menarik perhatian dan minat siswa agar lebih konsentrasi dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah  (1) untuk mengetahui pengembangan aplikasi SAMBA berbasis android pada materi asam-basa. (2) untuk mengetahui tanggapan ahli media, ahli materi, dan pengguna terhadap aplikasi SAMBA  berbasis android pada materi asam-basa. Jenis penelitian ini menggunakan metode pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan Software App Inventor, HTML, CSS, dan Javascript,  produk yang dihasilkan berupa aplikasi berbasis android. Hasil yang diperoleh berdasarkan tanggapan ahli media, ahli materi dan pengguna melalui aspek yang telah dinilai sangat positif (Sangat Layak). Hal tersebut dapat dilihat dari data interpretasi yang didapatkan saat uji coba produk pada ahli media mendapat nilai 89 pada ahli materi mendapat nilai 87,78 dan pengguna mendapat nilai 91,8 dengan kriteria sangat positif (sangat layak).


Keywords


Aplikasi SAMBA, Android, App Inventor, Materi Asam Basa

Full Text:

PDF

References


Amalia, Nunung Fika, and Endang Susilaningsih. “Pengembangan instrumen penilaian keterampilan berpikir kritis siswa sma pada materi asam basa.” Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2014.

Fithriani, Syarifah Lely, Abdul Halim, and Ibnu Khaldun. “Penggunaan Media Simulasi Phet Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pokok Bahasan Kalor Di Sma Negeri 12 Banda Aceh.” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 2016.

Rudiwantoro, Andreas. “Langkah Penting Generasi Millennial Menuju Kebebasan Finansial Melalui Investasi.” Jurnal Moneter, 2018.

Sarwiyati, Purba. Kimia 2 untuk SMA/MA Kelas XI". Jakarta: Erlangga, 2017.

Suryani, Nunuk. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2018.

Susilana, Rudi, and Cepi Riyana. Media pembelajaran: hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. 2008.

Syastra, dan Adam. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi.” 2015.

Tarsito, Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2015.




DOI: https://doi.org/10.31002/nse.v2i2.692

Refbacks



Indonesian Journal of Natural Science Education 

P-ISSN 2621-8747  |  E-ISSN 2621-8755

Published By:

Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar

Alamat Redaksi:

Jl. Kapten Suparman No. 39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah 56116

email: ijnse@untidar.ac.id

Indexed By:

  

 

 Creative Commons License 

Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License.