ALAT PEMETIK KOPI “APIK” PENERAPAN KONSEP PESAWAT SEDERHANA

muhammad nabil, Dias Novi Widiyanto, Nurul Inayah, Eka Putri Kurniasari, Jihat Bimanata, Eko Juliyanto

Abstract


Kopi merupakan salah satu produk unggulan tanaman perkebunan di Indonesia untuk ekspor 70% dan 30% untuk konsumsi domestik. Perkembangan teknologi modern sekarang ini bisa dibilang sangat pesat berkembang, seperti adanya penemuan alat pemetik kopi “APIK”. Hadirnya alat ini dapat menjadi solusi cerdas untuk meningkatkan efisiensi tenaga, keselamatan kerja, dan sosial ekonomi pada proses pemanenan kopi di Dusun Gamblok, Desa Mento, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Konsep alat ini menggunakan tuas golongan I yang terdiri dari bagian pemetik yaitu dengan jari-jari pada bagian titik beban dan pegangan pemetik kopi sebagai titik kuasa. Alat ini dilengkapi dengan jaring yang terpasang pada alat serta dilengkapi troli untuk menampung dan mengangkut hasil panen. Penggunaan alat pemetik kopi ini cukup mudah dengan memasukkan alat pada tangkai buah kemudian menjepitnya. Berdasarkan pengujian yang dilakukan bersama kelompok tani, petani merespon baik dengan adanya temuan alat ini dan sistem kerja alat sudah sesuai dengan konsep pemetikan kopi.


Keywords


kopi, alat pemetik kopi, teknologi.

Full Text:

PDF

References


Jefri,J .dkk. 2014. “SmartPeko , Mesin Pemetik Kopi yang Ergonomis Sebagai Solusi Cerdas Untuk Meningkatkan Efisiensi dan Keselamatan Kerja Pada Proses Pemanenan Kopi di Daerah Liwa, Lampung Barat”. Bogor: Teknik Mesin dan Biosistem. Institut Pernatian Bogor.

Lukman, M. (2017, November). PERANCANGAN “Produk Bakul Pemetik Kopi” Berdasarkan Mata Kuliah Perancangan Pengembangan Produk. In Prosiding SENTRA (Seminar Teknologi dan Rekayasa) (No. 3).

Marti, N.W. (2010). “PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PESAWAT SEDERHANA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR BERBASIS MULTIMEDIA”. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha.

Sudarko, S. (2012). Tingkat Kemampuan Anggota Kelompok Tani dalam Penerapan Inovasi Teknologi Usahatani Kopi Rakyat. JSEP (Journal of Social and Agricultural Economics), 6(1), 1-11

Zubaidah, Siti dkk. (2017). “Ilmu Pengethuan Alam”. Edisi Revisi. Jakarta. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.31002/nse.v2i2.508

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Natural Science Education 

P-ISSN 2621-8747  |  E-ISSN 2621-8755

Published By:

Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar

Alamat Redaksi:

Jl. Kapten Suparman No. 39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah 56116

email: ijnse@untidar.ac.id

Indexed By:

  

 

 Creative Commons License 

Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License.