PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ERP UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 23 SEMARANG

Authors

  • Wartini Wartini Universitas Negeri Semarang
  • D. Anna Mulia V.
  • Novi Ratna Dewi

DOI:

https://doi.org/10.31002/nse.v6i1.3363

Keywords:

Kata Kunci, Model Pembelajaran ERP, Keterampilan Komunikasi Keywords, ERP Instructional Model, Communication Skills

Abstract

Pembelajaran yang dilakukan guru belum optimal dalam meningkatkan keterampilan komunikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan keterampilan komunikasi melalui penerapan model pembelajaran ERP (Engange, Research, Present). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas.  Penelitian ini dilaksanakan  pada mata pelajaran IPA Tahun Pelajaran 2022/2023 semester genap. Subyek penelitian ini adalah 32 peserta didik kelas VIIIB SMP Negeri 23 Semarang. Instrumen penelitian ini adalah lembar tes keterampilan komunikasi dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Adapun tahapan penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran ERP dapat meningkatkan keterampilan komunikasi yang ditunjukkan dengan peningkatan presentase nilai rata-rata keterampilan komunikasi. Presentase nilai rata-rata keterampilan komunikasi pada prasiklus sebesar 58,84 % dengan kategori kurang baik meningkat pada siklus I sebesar dengan presentase 71,09 % kategori baik, kemudian meningkat pada siklus II sebesar dengan presentase 81,09% kategori sangat baik. Model pembelajaran ERP dapat digunakan sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan keterampilan komunikasi.

References

Adawiyah, dkk. (2020). Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading Composition (CIRC) Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran. 3(2).

Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Care, E., Griffin, P., & McGaw, B. (2012). Assessment and teaching of 21st century skills (pp. 17-66). Dordrecht, The Netherlands: Springer.

Dewi, D. R., Muhlisin, A., & Rahayu, R. (2021). Pengembangan bahan ajar IPA berbasis RIAS pada tema global warming untuk meningkatkan kreativitas peserta didik. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 9(2), 124-129.

Evrekli, E., Inel, D., & Balim, A. (2010). Development of A Scoring System to Assess Mind Maps. Procedia Social and Behavioral Sciences, 2 (2010): 2330–2334.

NACE. (2020). National Association of Collages and Employers (NACE) Job Outlook 2020 Survey.

Napitupulu, C. A., Ananda, K., Praticia, R., & Rahmadini, V. W. (2020). Implementasi pembelajaran kolaboratif daring (online collaborative learning) dalam rangka pembentukan dukungan sosial mahasiswa PG PAUD FKIP Universitas Palangka Raya. J. Pendidik. Dan Psikol. Pint. Harati, 16(2), 1-17

National Education Association. (2012) Preparing 21st Century Students for A Global Society: An Educator Guide to The “Four Cs”. National Education Associations.

Putri, A., dkk. (2016). Deskripsi Keterampilan Komunikasi Siswa SMA Negeri 9 Pontianak Melalui Metode Praktikum pada Materi KSP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. 5(9).

Ramadina, A., & Rosdiana, L. (2021). Keterampilan Komunikasi Siswa Setelah Diterapkan Strategi Active Knowledge Sharing Ketika Pembelajaran Daring. Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains, 9(2), 247-251.

Rizki, S., dkk. (2018). Peningkatan Keterampilan Berkomunikasi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar. 3(2).

Sari, E. K., & Ain, S. Q. (2022). Hubungan Kesiapan Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Kelas IV SDN 013 Sukamaju Kecamatan Singingi Hilir. IJoIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 3(2), 149-162.

Setyaningnih, C, D. (2020). Peningkatan Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Materi IPA pada Siswa Kelas V SD Kanisius Jomegatan. Skripsi. FKIP Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.

Siswanto, S., Wartini, W., Muhlisin, A., Rahayu, R., & Firmadani, F. (2021). Implementation of ERP (Engange, Research, Present) Intructional Model Using Virtual Laboratory in Science Learning to Increase Student’s Science Process Skills. Indonesian Journal of Science and Education, 5(2), 68-79.

Sukarno, Haryanti,S. & Siswanto, (2020) Model Pembelajaran ERP (Engage, Research, Present) (Mengintegrasikan Aktivitas Riset Dalam Konteks Pembelajaran Abad 21). UNNES Press : Semarang.

Wati, dkk. (2019). Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas VII SMPN 2 Jember dalam Pembelajaran IPA dengan Model Problem Based Learning pada Materi Kalor dan Perubahannya. Jurnal Pembelajaran Fisika. 8(4). 275-280.

Downloads

Published

2023-07-04