PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI MAHASISWA PAPUA CALON GURU KIMIA MELALUI PENUGASAN VLOG (VIDEO LOG)

Alfi Syukrina Amir

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran peningkatan rasa percaya diri mahasiswa calon guru kimia yang berasal dari Papua pada mata kuliah simulasi pembelajaran kimia. Proses pembelajarannya mengimplementasikan model project based learning melalui pembuatan vlog (video log). Mahasiswa sebagai calon guru kimia dituntut untuk memiliki rasa percaya diri yang baik agar dapat menyampaikan pelajaran dengan baik dan efektif kepada siswa. Kegiatan penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrument angket self assessment dan peer assessment. Simulasi pembelajaran dilakukan dua kali. Berdasarkan self assessment rata-rata rasa percaya diri mahasiswa pada simulasi I adalah 69.8% dan simulasi II 79.63%. berdasarkan peer assessment peningkatan rasa percaya diri mahasiswa pada simulasi I adalah 77.43% dan simulasi II 83.719%.


Keywords


rasa percaya diri, vlog, calon guru, kimia, mahasiswa papua

Full Text:

PDF

References


Dewi, dkk. 2015. Pengembangan Media Video Pembelajaran Keterampilan Bertanya dan Memberi Penguatan pada Mata Kuliah Pengajaran Mikro. Singaraja : eJournal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha

Erica Baker, Breanna Trygg, et all. 2011. Project Based Learning Model Relevant Learning for The 21st Century. Pasific Edu Istitute

Komara, Indra Bangkit. 2016. Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa. Yogyakarta : Jurnal Psikopedagogia Universitas Ahmad Dahlan.

Lasonen, Johanna, Vesterinen, & Pirkko. 2000. Finland Work-Based Learning in Vocational Higher Education Programmes: A Finish Case of Project Learning. Paper Presentation. Institut for Educational Research University of Jyvakyla. Page 3-18.

Lorenso, dkk. 2015. Pengembangan Video Pembelajaran Keterampilan Membuka dan Menutup Serta Menjelaskan pada Mata Kuliah Micro Teaching. Singaraja : eJournal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha.

Santrock, John W. 2008. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Thomas, J. W. 2000. A review of research on project-based learning. [online]. Diakses18 Juni 2017 [http://www.autodesk.com/foundation].




DOI: https://doi.org/10.31002/nse.v1i2.292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Natural Science Education 

P-ISSN 2621-8747  |  E-ISSN 2621-8755

Published By:

Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar

Alamat Redaksi:

Jl. Kapten Suparman No. 39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah 56116

email: ijnse@untidar.ac.id

Indexed By:

  

 

 Creative Commons License 

Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License.