PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMPN 1 NGAWEN

Authors

  • Ivan Setia Arianto Universitas Negeri Semarang
  • Bambang Subali
  • Suharto Linuwih

DOI:

https://doi.org/10.31002/nse.v1i2.288

Keywords:

Project Based Learning, learning achievement

Abstract

Model Project Based Learning memberikan ilmu dan pengalaman siswa untuk bekerja secara mandiri dalam mengkonstruksi pengetahuan mereka sendiri, dan mencapai puncaknya untuk menghasilkan produk/hasil karya sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model Project Based Learning dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan model Project Based Learning pada sub pokok bahasan tekanan zat cair. Pengambilan sampel dengan teknik simple ramdom sampling. Data penelitian berupa hasil belajar siswa yang terdiri dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Aspek kognitif diperoleh hasil 82,03%. Aspek afektif diperoleh nilai rerata sebesar 81,12% dan aspek psikomotorik diperoleh nilai rerata sebesar 81,25% yang termasuk dalam kriteria sangat baik. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model Project Based Learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada sub pokok bahasan tekanan zat cair.

References

Am Rizal R, Isa. Keefektifan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMP Kelas VII Pada Materi Pokok Aritmatika Sosial Tahun Pelajaran 2010/2011. (Skripsi). Semarang: Universitas Negeri Semarang. 2011

Anni, C.T. Psikologi Belajar. Semarang : Universitas Negeri Semarang Press. 2007

Asan, A. Implementing Project Based Learning in Computer Classroom. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 4(3): 1303-6521.2005

Beyhan, B. Effects of multiple intelligences supported project-based learning on students’ achievement levels and attitudes towards English lesson. International Electronic Journal of Elementary Education Vol. 2. 2005

Hashim, Azizi. Implementing Outcome Based Education Using Project Based Learning at University of Malaya. European Journal of Scientific Research, 26 (1): 80: 86. 2009

Muadah. Penerapan Model Project Based Learning dalam Upaya Meningkatkan Hasil belajar dan Komunikasi Ilmiah Siswa Pokok bahasan Pemantulan Cahaya di SMP N 1 kendal Kelas VIII Semester II (Skripsi). Semarang: Universitas Negeri Semarang. 2011

Santoso, A. B. Pendekatan dan Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Semarang: UNNES. 2007

Yesildere, Turnuklu. The Effect of Project-Based Learning on Pre-service Primary Mathematics Teachers’ Critical Thinking Dispositions. 2006. Int Online J Science Math Ed, 6: 1-11

Mulyasa, E. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung; Remaja Rosdakarya. 2006.

Wena, M. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : Bumi Aksara. 2009.

Purnawan, Y. Desain Penulis: Deskripsi Model PBL/Pembelajaran Berbasis Proyek. 2007. Tersedia di http://teichno.com/?p=101. [diakses 20 Desember 2011].

Barron, B. Melakukan dengan pemahaman: Pelajaran dari penelitian tentang masalah dan pembelajaran berbasis proyek. Jurnal Ilmu Pengetahuan Belajar. 1998. 7 (3 & 4), 271-311.

Downloads

Published

2018-11-22

Issue

Section

Articles