PENGEMBANGAN PHYSICS WORLD ADVENTURE BERBASIS GAME EDUKASI

Authors

  • Handi Darmawan IKIP PGRI Pontianak
  • Nawawi Nawawi IKIP PGRI Pontianak
  • Guido Famula

DOI:

https://doi.org/10.31002/nse.v1i2.287

Keywords:

Pengembangan Physics World Adventure, game edukasi, listrik dinamis

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui hasil penilaian ahli terhadap Physics World Adventure berbasis game edukasi berdasarkan ahli materi dan media. (2) mengetahui respon siswa terhadap Physics World Adventure berbasis game edukasi. (3) mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan Physics World Adventure berbasis game edukasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan yang digunakan adalah model Borg & Gall yang digunakan telah dimodifikasi untuk disesuaikan dengan pengembangan yang akan dilakukan. Berdasarkan hasil uji coba produk game edukasi Physics World Adventure terhadap siswa, secara garis besar siswa memberikan tanggapan yang baik setelah memainkan game edukasi Physics World Adventure dengan memperoleh skor rata-rata 81,40% dengan kriteria sangat baik. Sedangkan berdasarkan hasil belajar siswa setelah menggunakan game edukasi Physics World Adventure pada uji coba produk, diketahui bahwa presentase siswa yang tuntas sebesar 57,15 % dan siswa yang belum tuntas sebesar 42,85 %.  Berdasarkan penilain ahli media memperoleh skor sebesar 2,92 yang masuk dalam kategori layak dan penilaian ahli materi memperoleh skor rata-rata sebesar 1,89 dengan kriteria cukup layak.  

References

S., & Prasetya, D. D. (2016). APLIKASI GAME EDUKASI PETUALANGAN NUSANTARA. SENTIA 2016, 8(1).

Asyhar, R. (2012). Kreatif mengembangkan media pembelajaran.

Fransiska, Amilia. (2014). Miskonsepsi Siswa Dalam Materi Kemagnetan Di Kelas IX SMP Negeri 1 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. (Skripsi tidak dipublikasikan). IKIP PGRI Pontianak, Pontianak.

Hikam, A. R., Kariada, N., & Santosa, K. (2013). Pengembangan Game Edukasi Visual Novel Berbasis Pembangunan Karakter Pada Materi Pelestarian Lingkungan. Journal of Biology Education, 2(2).

Mukhtar, P. D., & Pd, M. (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: GP Press Group.

Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta, CV.

Virvou, M., Katsionis, G., & Manos, K. (2005). Combining software games with education: Evaluation of its educational effectiveness. Journal of Educational Technology & Society, 8(2)

Downloads

Published

2018-11-23

Issue

Section

Articles