PENGEMBANGAN PHYSICS WORLD ADVENTURE BERBASIS GAME EDUKASI
DOI:
https://doi.org/10.31002/nse.v1i2.287Keywords:
Pengembangan Physics World Adventure, game edukasi, listrik dinamisAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui hasil penilaian ahli terhadap Physics World Adventure berbasis game edukasi berdasarkan ahli materi dan media. (2) mengetahui respon siswa terhadap Physics World Adventure berbasis game edukasi. (3) mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan Physics World Adventure berbasis game edukasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan yang digunakan adalah model Borg & Gall yang digunakan telah dimodifikasi untuk disesuaikan dengan pengembangan yang akan dilakukan. Berdasarkan hasil uji coba produk game edukasi Physics World Adventure terhadap siswa, secara garis besar siswa memberikan tanggapan yang baik setelah memainkan game edukasi Physics World Adventure dengan memperoleh skor rata-rata 81,40% dengan kriteria sangat baik. Sedangkan berdasarkan hasil belajar siswa setelah menggunakan game edukasi Physics World Adventure pada uji coba produk, diketahui bahwa presentase siswa yang tuntas sebesar 57,15 % dan siswa yang belum tuntas sebesar 42,85 %. Berdasarkan penilain ahli media memperoleh skor sebesar 2,92 yang masuk dalam kategori layak dan penilaian ahli materi memperoleh skor rata-rata sebesar 1,89 dengan kriteria cukup layak.
References
S., & Prasetya, D. D. (2016). APLIKASI GAME EDUKASI PETUALANGAN NUSANTARA. SENTIA 2016, 8(1).
Asyhar, R. (2012). Kreatif mengembangkan media pembelajaran.
Fransiska, Amilia. (2014). Miskonsepsi Siswa Dalam Materi Kemagnetan Di Kelas IX SMP Negeri 1 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. (Skripsi tidak dipublikasikan). IKIP PGRI Pontianak, Pontianak.
Hikam, A. R., Kariada, N., & Santosa, K. (2013). Pengembangan Game Edukasi Visual Novel Berbasis Pembangunan Karakter Pada Materi Pelestarian Lingkungan. Journal of Biology Education, 2(2).
Mukhtar, P. D., & Pd, M. (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: GP Press Group.
Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta, CV.
Virvou, M., Katsionis, G., & Manos, K. (2005). Combining software games with education: Evaluation of its educational effectiveness. Journal of Educational Technology & Society, 8(2)
Downloads
Published
Issue
Section
License
The authors who submit the manuscript hold almost all copyrights. However, the right of publication is transferred to Indonesian Journal of Natural Science Education. The right includes the rights to publish their article for the first time and to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online) or any other reproductions of similar nature. This is copyright transfer form (Download) that must be signed by the corresponding author. After Journal of Natural Science and Integration published the article, the authors have the right to deposit it or republish it.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows:
Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
you are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.