PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN GUIDED INQUIRY MODEL MENGGUNAKAN TEKNIK MIND MAP DITINJAU DARI KEMAMPUAN MOTIVASI BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.31002/nse.v1i2.286Keywords:
Guided inquiry, Mind map, Motivasi.Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar antara pembelajaran model Guided Inquiry (GI) menggunakan Mind Map (MM) perbedaan prestasi belajar antara motivasi tinggi dan rendah, dan interaksinya terhadap prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Fisika IKIP PGRI Pontianak. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling karena hanya terdiri dari satu kelas yaitu kelas A Pagi yang terdiri dari 30 mahasiswa. Teknik tes digunakan untuk mengumpulkan data prestasi belajar aspek kognitif. Teknik non tes, berupa angket untuk data motivasi dan aspek afektif dan lembar observasi untuk aspek afektif dan aspek psikomotor. Uji hipotesis penelitian menggunakan bantuan software SPSS 18. Hasil penelitian didapatkan bahwa;(1) ada perbedaan prestasi belajar antara pembelajaran model GI menggunakan MM pada aspek kognitif dan tidak ada perbedaan pada aspek psikomotor dan afektif; (2) ada perbedaan prestasi belajar antara mahasiswa yang memiliki motivasi tinggi dan rendah pada aspek kognitif dan afektif dan tidak ada perbedaan pada aspek psikomotorik; (3) ada interaksi antara pembelajaran model GI menggunakan MM dengan motivasi terhadap prestasi belajar kognitif dan tidak ada interaksi pada prestasi belajar afektif dan psikomotor.
References
AgusWarseno dan Ratih Kumorojati. 2011. Super Learning. Jogjakarta: DIVA Press.
Bimo Walgito. 1990. Pengantar Psikologi Umum.Yogyakarta: Andi Offset
Bobby, De Poter dan Hernacki. 2007. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Mizan Pustaka
Erwin Sulistianti. 2006. Prestasi Belajar Biologi pada Meteri Pokok Sistem Koordinasi Menggunakan Variasi Media Pembelajaran Ditinjau dari Kemampuan Memori Siswa. Tesis. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. Unpublished
Eric Jensen. 2011. Pembelajaran Berbasis Otak. Jakarta: PT. Indeks.
Hamzah B. Uno. 2006. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Gorontalo: PT. Bumi Aksara
Kuhlthau Carol Collier, Kuhlthau Leslie Maniotes, dan Kuhlthau Ann Caspari. 2007. Guided Inquiry Learning in the 21st Century. Westport, Connecticut London: Libraries Unlimited
Lily Maysari Anggraini. 2010. Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Keterampilan Proses Melalui Metode Inkuiri Terbimbing dan Eksperimen ditinjau dari Penalaran Abstrak dan Kemandirian Mahasiswa. Tesis. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. Unpublished
Melius Weidemen, Wouter Kritzinger. 2003. Concept Mapping – a proposed theoretical model for implementation as a knowledge repository. ICT in Higher Education. University of the Western Cape, South Africa.
Michael Dougma dan Greg Liegierko. 2009. Creating Online Mind Maps and Conceps Maps. 25th Conference on Distance Teaching & Learning. Annual Institute for Dynamic Advancement (IDEA)
Ni Kadek Sukiati. 2008. Pengaruh Tingkat Intelegensi dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Siswa Kelas II SMA Negeri 99 Jakarta.
Nurul Fauziah. 2013. Studi Komparasi Metode Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Menggunakan Peta Pikiran (Mind Map) dan Peta Konsep (Concept Map) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Sistem Periode Unsur.Jurnal: Universitas Sebelas Maret, Solo
Nuryani Rustaman. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Universitas Negeri Malang
Paul Suparno. 2007. Metodologi Pembelajaran Fisika Kontrustivistik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Ratna Wilis Dahar. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
Satutik Rahayu. 2007. Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Metode Inkuiri Terbimbing dan Eksperimen Ditinjau Dari Sikap Ilmiah.Tesis. Surakarta Universitas Sebelas Maret.
Shameem Rafik Galea. 2010. Teaching Literature Through Mind Maps. University Putra Malaysia
Syaiful Sagala, 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Thomas L. Good, Jere E. Brophy. 1990. Educational Psychology: A Realistic Approach. New York: Longman
Tony Buzan, 2005. Buku Pintar Mind Map. Jakarta : PT. Gramedia.
Wenno I. H. 2008. Strategi Belajar Mengajar Sains Berbasis Kontekstual. Yogyakarta: Inti Media.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The authors who submit the manuscript hold almost all copyrights. However, the right of publication is transferred to Indonesian Journal of Natural Science Education. The right includes the rights to publish their article for the first time and to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online) or any other reproductions of similar nature. This is copyright transfer form (Download) that must be signed by the corresponding author. After Journal of Natural Science and Integration published the article, the authors have the right to deposit it or republish it.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows:
Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
you are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.