ANALISIS KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MEREPRESENTASIKAN GRAFIK HUBUNGAN KECEPATAN TERHADAP WAKTU

Agista Sintia Dewi Adila, Ismun Nisa Nadhifah, Harsi Admawati, Ayu Lestari, Dea Santika Rahayu

Abstract


Pembelajaran secara daring selama pandemi Covid-19 berpotensi besar menyebabkan penurunan kemampuan belajar peserta didik. Salah satu kemampuan belajar yang perlu dianalisis adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi yang berkaitan dengan pemahaman konsep. Analisis tersebut sangat diperlukan sebagai bahan pertimbangan penentuan strategi pembelajaran yang tepat pada masa pembelajaran tatap muka di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan mahasiswa dalam merepresentasikan grafik hubungan kecepatan terhadap waktu. Subyek penelitian terdiri dari 104 mahasiswa Semester 1 Prodi Pendidikan IPA Universitas Tidar yang mengikuti perkuliahan Mekanika dan Fluida. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan instrumen berupa empat soal pilihan ganda beralasan yang diadaptasi dari FMCE. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara statistik deskriptif untuk mengetahui pemahaman dan kesulitan mahasiswa dalam menganalisis grafik hubungan kecepatan terhadap waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata 65% mahasiswa telah memahami grafik hubungan kecepatan terhadap waktu. Kesulitan yang dialami mahasiswa dalam representasi grafik berkaitan dengan konsep perpindahan, arah gerak benda, dan keadaan benda yang berhenti. Berdasarkan teori belajar kognitif, kemampuan mahasiswa dalam menganalisis grafik setelah mengikuti pembelajaran tatap muka berkaitan dengan kemampuan berpikir secara abstrak sesuai dengan tahap perkembangan kognitif formal operasional.

Keywords


pemahaman konsep, representasi grafik, kognitif, learning loss

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, A., Setyaningsih, C. A., & Jalmo, T. (2019). Implementating multiple representation-based worksheet to develop critical thinking skills. Journal of Turkish Science Education, 16(1), 138-155.

Adi, P. W., Martono, T., & Sudarno, S. (2021). Pemicu Kegagalan Pada Pembelajaran di Sekolah Selama Pandemi di Indonesia (Suatu Studi Pustaka). Research and Development Journal of Education, 7(2), 464-473.

Adila, A. S. D., Sutopo, Wartono. (2018). Students’ reasoning in analyzing temperature from PV diagram representing unfamiliar thermodynamics process. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1097, No. 1, p. 012012). IOP Publishing.

Adu-Gyamfi, K., Bossé, M. J., & Chandler, K. (2017). Student connections between algebraic and graphical polynomial representations in the context of a polynomial relation. International Journal of Science and Mathematics Education, 15(5), 915-938.

Agustina, D. A., & Ananda, R. (2022). Implementasi Formative Assessment berbasis Literasi Sains sebagai Mitigasi Learning Loss Mahasiswa. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 5(1), 26-36.

Beichner, R. J. (1994). Testing student interpretation of kinematics graphs. American journal of Physics, 62(8), 750-762.

Bollen, L., De Cock, M., Zuza, K., Guisasola, J., & van Kampen, P. (2016). Generalizing a categorization of students’ interpretations of linear kinematics graphs. Physical Review Physics Education Research, 12(1), 010108.

Christensen, W. M., & Thompson, J. R. (2012). Investigating graphical representations of slope and derivative without a physics context. Physical Review Special Topics-Physics Education Research, 8(2), 023101.

Demkanin, P., Šromeková, K., & Slovák, A. (2021). Exponential Function in Physics Education from the view of Knowledge in Pieces Theory. In Proceedings INNODOCT/20. International Conference on Innovation, Documentation and Education (pp. 95-102).

Desiriah, E., & Setyarsih, W. (2021). Tinjauan Literatur Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Fisika di SMA. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 79-89.

Docktor, J. L., Mestre, J. P. (2014). Synthesis of Discipline-Based Education Research in Physics. Physics Education Research, Vol. 10, 020119

Gagatsis, A., Elia, I., & Mousoulides, N. (2006). Are Registers Of Representations and Problem Solving Processes on Functions Compartmentalized in Students' Thinking?. Revista Latinoamericana de Investigación en Matemática Educativa, RELIME, (Esp), 197-224.

Glazer, N. (2011). Challenges With Graph Interpretation: A Review Of The Literature. Studies In Science Education, 47(2), 183-210.

Gysin, D., & Brovelli, D. (2021). Use of Knowledge Pieces and Context Features During the Transfer Process in Physics Tasks. International Journal of Science Education, 43(13), 2108-2126.

Hanafiah, H., Sauri, R. S., Mulyadi, D., & Arifudin, O. (2022). Penanggulangan Dampak Learning Loss dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Sekolah Menengah Atas. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1816-1823.

Hidayatullah, W., Herliandry, L.D., & Kuswanto, H. (2021). Graphical Representation Skills in Online Learning During COVID-19 Pandemic Through Augmented Reality Assisted Student Worksheets. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 541,533-460

Hoban, G., & Nielsen, W. (2012). Using “Slowmation” to Enable Preservice Primary Teachers to Create Multimodal Representations of Science Concepts. Research in Science Education, 42(6), 1101-1119.

Johnson, H. L. (2022). Task Design For Graphs: Rethink Multiple Representations With Variation Theory. Mathematical Thinking and Learning, 24(2), 91-98.

Johnson, H. L. (2022). Task Design For Graphs: Rethink Multiple Representations With Variation Theory. Mathematical Thinking and Learning, 24(2), 91-98.

Lin, S. Y., Singh, C. (2011). Using Isomorphic Problems to Learn Introductory Physics. Physics Education Research 7, 020104 (2011)

Lismandasari, L., & Farhan, F. S. (2022). Risiko Terjadinya Learning loss Mahasiswa PSKD FKK UMJ dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(2).

Maulidyah, R. L., & Zainuddin, A. (2022). Implementasi Tes Formatif Berbasis Multirepresentasi Untuk Analisis Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 13(1), 1-8.

McDermott, L. C., Rosenquist, M. L., & Van Zee, E. H. (1987). Student difficulties in connecting graphs and physics: Examples from kinematics. American Journal of Physics, 55(6), 503-513.

Mifroh, N. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implementasinya Dalam Pembelajaran di SD/MI. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 1(3), 253-263.

Moore, K. C., Paoletti, T., & Musgrave, S. (2013). Covariational Reasoning and Invariance Among Coordinate Systems. The Journal of Mathematical Behavior, 32(3), 461–473.

Nguyen, D. H., & Rebello, N. S. (2011). Students’ Understanding And Application of the Area Under the Curve Concept in Physics Problems. Physical Review Special Topics-Physics Education Research, 7(1), 010112..

Nurhadi, N. (2020). Teori Kognitivisme serta Aplikasinya dalam Pembelajaran. EDISI, 2(1), 77-95.

Piaget, J. (1964). Cognitive Development in Children: Piaget Development and Learning. Journal, of Research in Science Teaching, 2, 176-186.

Planinic, M., Ivanjek, L., Susac, A., & Milin-Sipus, Z. (2013). Comparison of University Students’ Understanding Of Graphs In Different Contexts. Physical Review Special Topics-Physics Education Research, 9(2), 020103.

Rahmah, S. (2022). Teori Kognitivisme Serta Aplikasinya Dalam Pembelajaran. SKULA: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah, 2(3), 23-34.

Rizki, C., & Setyarsih, W. (2022). Identifikasi Miskonsepsi Siswa dan Penyebabnya pada Materi Elastisitas Menggunakan Three–Tier Diagnostic Test. Inovasi Pendidikan Fisika, 11(3), 32-43.

Suhandi, A., & Wibowo, F. C. (2012). Pendekatan Multirepresentasi dalam Pembelajaran Usaha-Energi dan Dampak Terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8(1).

Susac, A., Bubic, A., Kazotti, E., Planinic, M., & Palmovic, M. (2018). Student Understanding of Graph Slope and Area Under a Graph: A Comparison of Physics and Nonphysics Students. Physical Review Physics Education Research, 14(2), 020109.

Tang, K. S., Delgado, C., & Moje, E. B. (2014). An Integrative Framework For The Analysis of Multiple and Multimodal Representations for Meaning‐Making in Science Education. Science Education, 98(2), 305-326.

Taruly, Y., Maria, H. T., & Arsyid, S. B. (2022). Analisis Miskonsepsi Siswa dalam Menjawab Soal-Soal pada Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(10), 2398-2405.

Tolppanen, S., Rantaniitty, T., McDermott, M., Aksela, M., & Hand, B. (2013). Effectiveness of a Lesson on Multimodal Writing in Science Education. LUMAT: International Journal on Math, Science and Technology Education, 1(5), 503-522.

Usman, U., & Zharvan, V. (2022). Analisis Hubungan Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Kemampuan Menginterpretasi Grafik Kinematika. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 18(1), 22-30.

Wilujeng, I., & Wibowo, H. A. C. (2021). Penalaran Ilmiah Mahasiswa Calon Guru Fisika dalam Pembelajaran Daring. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(02).

Zavala, G., Tejeda, S., Barniol, P., & Beichner, R. J. (2017). Modifying the test of understanding graphs in kinematics. Physical Review Physics Education Research, 13(2), 020111.




DOI: https://doi.org/10.31002/nse.v5i2.2841

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Natural Science Education 

P-ISSN 2621-8747  |  E-ISSN 2621-8755

Published By:

Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar

Alamat Redaksi:

Jl. Kapten Suparman No. 39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah 56116

email: ijnse@untidar.ac.id

Indexed By:

  

 

 Creative Commons License 

Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License.