PENERAPAN GENERATIVE LEARNING MODEL DISERTAI DICKEY DAN POLKEY DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
DOI:
https://doi.org/10.31002/nse.v1i2.284Keywords:
GLM, Dickey, Polkey, Berpikir KritisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pembelajaran dengan Generative Learning Model (GLM) disertai Dichotomic Key (Dickey) dan Polyclave Key (Polkey) ditinjau dari kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar. Adapun yang menjadi sub tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan prestasi belajar antara mahasiswa yang diberikan pembelajaran GLM disertai Dickey dengan mahasiswa yang diberikan pembelajaran GLM disertai Polkey; (2) Perbedaan prestasi belajar mahasiswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dan rendah; (3) Interaksi antara GLM disertai Dickey dan Polkey dengan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Semester III Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Pontianak. Sampel ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling terdiri dari dua kelas. Kelas eksperimen I diberi perlakuan menggunakan GLM disertai Dickey dan kelas eksperimen II diberi perlakuan menggunakan GLM disertai Polkey. Pengumpulan data menggunakan teknik tes untuk data prestasi belajar dan kemampuan berpikir kritis. Uji hipotesis penelitian menggunakan anava dua jalan sel tak sama dengan bantuan software SPSS 18. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan prestasi belajar antara pembelajaran GLM disertai Dickey dan GLM disertai Polkey (2) ada perbedaan prestasi belajar antara mahasiswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dan rendah. (3) terdapat interaksi antara GLM disertai Dickey dan Polkey dengan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar.
References
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) ada perbedaan prestasi belajar antara pembelajaran GLM disertai Dickey dan Polkey; (2) ada perbedaan prestasi belajar antara mahasiswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi; (3) terdapat interaksi antara GLM disertai Dickey dan Polkey dengan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar.
UCAPAN TERIMAKASIH
Ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya penulis tujukan kepada berbagai pihak di IKIP PGRI Pontianak yang telah memberikan kemudahan bagi penulis dalam melaksanankan penelitian. Pihak-pihak tersebut antara lain Rektor IKIP PGRI Pontianak, Ketua Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Pontinak, serta para mahasiswa yang menjadi subjek penelitian.
DAFTAR PUSTAKA
Beaver, John B. and Don Powers. (1994).
Sorting Dichotomously: Punch Card Classification. California. Departement of Elementary Education and Reading.
Dahar, R.W. (2011). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Hidayati. (2008). Penerapan Model Pembelajaran Generatif untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Momentum dan Impuls. Tesis. Program Pasca Sarjana UPI Bandung. Tidak Diterbitkan
Lee, H.W., K Y Lim dan B. L. Grabowski. (2004). Generative Learning: Principles and Implications for Making Meanings. Pennsylvania. Pennsylvania State University.
Osborne and Wittrock. (1985). The Generative Learning Model and Its Implications for Science Education. Studies in Science Education, 12, 59-89.
Starkey, Lauren. (2004). Critical Thinking Skills Succes In 20 Minutes A Day. New York. Learning Express Publishing.
Sudarisman, Suciati. (2015). Memahami Hakikat Dan Karakteristik Pembelajaran Biologi Dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Florea Volume 2 No. 1, April 2015 (29-35).
Wittrock, Merlin C. (1992). Generatif
Learning Processes of the Brain. Journal of Educational Psycologist, 27(4), 531-541. pp : 531-542. Lawrence Erlbaum Associates, Inc.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The authors who submit the manuscript hold almost all copyrights. However, the right of publication is transferred to Indonesian Journal of Natural Science Education. The right includes the rights to publish their article for the first time and to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online) or any other reproductions of similar nature. This is copyright transfer form (Download) that must be signed by the corresponding author. After Journal of Natural Science and Integration published the article, the authors have the right to deposit it or republish it.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows:
Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
you are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.