PENERAPAN GENERATIVE LEARNING MODEL DISERTAI DICKEY DAN POLKEY DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Ivan Eldes Dafrita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pembelajaran dengan Generative Learning Model (GLM) disertai Dichotomic Key (Dickey) dan Polyclave Key (Polkey) ditinjau dari kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar. Adapun yang menjadi sub tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan prestasi belajar antara mahasiswa yang diberikan pembelajaran GLM disertai Dickey dengan mahasiswa yang diberikan pembelajaran GLM disertai Polkey; (2) Perbedaan prestasi belajar mahasiswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dan rendah; (3) Interaksi antara GLM disertai Dickey dan Polkey dengan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Semester III Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Pontianak. Sampel ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling terdiri dari dua kelas. Kelas eksperimen I diberi perlakuan menggunakan GLM disertai Dickey dan kelas eksperimen II diberi perlakuan menggunakan GLM disertai Polkey. Pengumpulan data menggunakan teknik tes untuk data prestasi belajar dan kemampuan berpikir kritis. Uji hipotesis penelitian menggunakan anava dua jalan sel tak sama dengan bantuan software SPSS 18. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan prestasi belajar antara pembelajaran GLM disertai Dickey dan GLM disertai Polkey (2) ada perbedaan prestasi belajar antara mahasiswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dan rendah. (3) terdapat interaksi antara GLM disertai Dickey dan Polkey dengan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar.


Keywords


GLM, Dickey, Polkey, Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) ada perbedaan prestasi belajar antara pembelajaran GLM disertai Dickey dan Polkey; (2) ada perbedaan prestasi belajar antara mahasiswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi; (3) terdapat interaksi antara GLM disertai Dickey dan Polkey dengan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar.

UCAPAN TERIMAKASIH

Ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya penulis tujukan kepada berbagai pihak di IKIP PGRI Pontianak yang telah memberikan kemudahan bagi penulis dalam melaksanankan penelitian. Pihak-pihak tersebut antara lain Rektor IKIP PGRI Pontianak, Ketua Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Pontinak, serta para mahasiswa yang menjadi subjek penelitian.

DAFTAR PUSTAKA

Beaver, John B. and Don Powers. (1994).

Sorting Dichotomously: Punch Card Classification. California. Departement of Elementary Education and Reading.

Dahar, R.W. (2011). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Hidayati. (2008). Penerapan Model Pembelajaran Generatif untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Momentum dan Impuls. Tesis. Program Pasca Sarjana UPI Bandung. Tidak Diterbitkan

Lee, H.W., K Y Lim dan B. L. Grabowski. (2004). Generative Learning: Principles and Implications for Making Meanings. Pennsylvania. Pennsylvania State University.

Osborne and Wittrock. (1985). The Generative Learning Model and Its Implications for Science Education. Studies in Science Education, 12, 59-89.

Starkey, Lauren. (2004). Critical Thinking Skills Succes In 20 Minutes A Day. New York. Learning Express Publishing.

Sudarisman, Suciati. (2015). Memahami Hakikat Dan Karakteristik Pembelajaran Biologi Dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Florea Volume 2 No. 1, April 2015 (29-35).

Wittrock, Merlin C. (1992). Generatif

Learning Processes of the Brain. Journal of Educational Psycologist, 27(4), 531-541. pp : 531-542. Lawrence Erlbaum Associates, Inc.




DOI: https://doi.org/10.31002/nse.v1i2.284

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Natural Science Education 

P-ISSN 2621-8747  |  E-ISSN 2621-8755

Published By:

Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar

Alamat Redaksi:

Jl. Kapten Suparman No. 39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah 56116

email: ijnse@untidar.ac.id

Indexed By:

  

 

 Creative Commons License 

Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License.