PENGEMBANGAN LEMBARAN KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA UNTUK SMA

Authors

  • Gita Noveri Eza Universitas Negeri Medan
  • Zulyusri Zulyusri
  • Ernie Novriyanti

DOI:

https://doi.org/10.31002/nse.v1i2.283

Keywords:

LKS, Problem Solving, Sistem Ekskresi Manusia

Abstract

Tujuan penelitian adalah menghasilkan LKS berbasis problem solving pada materi sistem ekskresi manusia, mengetahui validitas, praktikalitas, serta mengetahui respon guru/siswa terhadap LKS yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model 4–D yang telah dimodifikasi, yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Subjek uji coba LKS adalah 3 orang guru dan 20 orang siswa SMAN 1 Solok kelas XI IA 1. Data penelitian adalah data primer yang terdiri dari validitas, praktikalitas, dan respon guru/siswa. Data dianalisis dengan analisis deskriptif berupa persentase.

References

Angkowo, Robertus dan A. Kosasih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: Grasindo.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Lufri. 2007. Strategi Pembelajaran Biologi. Padang: UNP Press.

Purwanto, M. Ngalim. 2004. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Sadiman, Arief S. 2006. Media Pendidikan, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali.

Sastria, Emayulia. 2007. Pengembangan Lembaran Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri dalam Mata Pelajaran Biologi pada Bahan Kajian Ekosistem di SMAN 7 Padang. Skripsi tidak diterbitkan. Padang: Jurusan Biologi FMIPA UNP.

Sudjana, Nana. 2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2018-11-22

Issue

Section

Articles