DESKRIPSI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SENYAWA HIDROKARBON DI SMA PERTIWI 1 PADANG

Niken Oktania, Latisma DJ, Junaedi Syarkawi

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian bertujuan untuk menentukan persentase kesulitan belajar dan mendeskripsikan faktor penyebab kesulitan belajar yang dialami siswa kelas XI MIPA tahun ajaran 2022/2023 pada materi senyawa hidrokarbon yang berjumlah 32 orang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instrument tes diagnostik berupa tes diagnostik three-tier multiple choice yang sudah valid dan teruji reliabilitasnya. Selain itu, pada penelitian ini juga dilakukan pemberian angket untuk mengetahui penyebab kesulitan belajar siswa dari faktor internal dan faktor eksternal. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan belajar pada materi senyawa hidrokarbon di kelas XI MIPA 1 SMA Pertiwi 1 Padang berada pada kategori cukup tinggi yaitu sebesar 55,4%. Persentase kesulitan belajar paling tinggi terdapat pada indikator ke-2 yaitu mendeskripsikan kekhasan atom karbon dalam senyawa hidrokarbon sebesar 75,1% berada pada kategori tinggi. Faktor internal yaitu minat (79,4%), motivasi (65,7%), dan bakat (73,5%). Sedangkan faktor eksternal yaitu metode mengajar guru (77,2%).

Keywords


Senyawa Hidrokarbon; Kesulitan Belajar; Tes Diagnostik three-Tier Multiple Choice; Angket

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31002/nse.v5i2.2772

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Natural Science Education 

P-ISSN 2621-8747  |  E-ISSN 2621-8755

Published By:

Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar

Alamat Redaksi:

Jl. Kapten Suparman No. 39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah 56116

email: ijnse@untidar.ac.id

Indexed By:

  

 

 Creative Commons License 

Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License.