PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS KONTEKSTUAL TERINTEGRASI QR CODE UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL SISWA
DOI:
https://doi.org/10.31002/nse.v5i2.2620Keywords:
modul, kontekstual, QR code, literasi digitalAbstract
ABSTRAK
Di era perkembangan teknologi yang sangat pesat, pembiasaan literasi digital diperlukan mulai dari lingkup kelas. Oleh karena itu, dibutuhkan peran guru untuk melatih membiasaan tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk: 1) menguji validitas modul pembelajaran fisika berbasis kontekstual terintegrasi QR code; 2) menguji kepraktisan pembelajaran fisika berbasis kontekstual terintegrasi QR code; serta 3) menguji keefektifan modul pembelajaran fisika berbasis kontekstual terintegrasi QR code untuk meningkatkan literasi digital siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model 4-D (define, design, develop, and disseminate). Teknik pengumpulan data melalui observasi dan penyebaran angket. Instrumen yang digunakan berupa instrumen angket validitas modul, instrumen angket praktikalitas, dan instrumen angket efektivitas. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis validitas produk, analisis kepraktisan produk, dan analisis uji t untuk menguji keefektifan produk dalam meningkatkan literasi digital siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) modul pembelajaran fisika berbasis kontekstual terintegrasi QR code layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran dengan hasil skor persentase kelayakan modul 86% yang termasuk ke dalam kategori sangat layak; 2) modul pembelajaran fisika berbasis kontekstual terintegrasi QR code praktis untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran dengan hasil skor persentase kepraktisan modul sebesar 85,8% yang masuk ke dalam kategori sangat praktis, dan 3) modul pembelajaran fisika berbasis kontekstual terintegrasi QR code efektif untuk meningkatkan literasi digital siswa.
ABSTRACT
In an era of very rapid technological developments, digital literacy habituation is needed starting from the classroom. Therefore, it takes the role of the teacher to practice this habit. The purpose of this study is to: 1) test the validity of the integrated contextual-based physics learning module QR code; 2) testing the practicality of learning physics based on contextual integrated QR code; and 3) testing the effectiveness of the contextual-based physics learning module integrated with QR code to increase students' digital literacy. This study uses Research and Development (R&D) with a 4-D model (define, design, develop, and disseminate). Data collection techniques through observation and questionnaires. The instruments used were module validity questionnaires, practicality questionnaires, and effectiveness questionnaires. The data analysis techniques used are product validity analysis, product practicality analysis, and t-test analysis to test the effectiveness of products in increasing students' digital literacy. The research results show that; 1) the integrated contextual-based physics learning module QR code is feasible for use in learning activities with a module eligibility percentage score of 86% which is included in the very feasible category; 2) contextually integrated physics based learning module practical QR code for use in learning activities with a practicality score of 85.8% which is in the very practical category, and 3) contextually integrated QR code based physics learning module is effective for increasing literacy digital students.
References
Askari Zakariah, dkk. 2020. Metodologi Penelitian. Kolaka: Yayasan Ponpes Al-Mawaddah Warrahmah.
Asrizal. (2019). “Pengembangan Model Pembelajaran Kontekstual Adaptif IPA Terpadu untuk Meningkatkan Literasi Era Digital Siswa SMP” (Disertasi, Padang: Universitas Negeri Padang.
BNSP. 2017. Standar Buku Ajar dan Modul Ajar 2017. Ristekditi
Herlina Erwin, dkk. (2018). “Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA” Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 4(7) 169-176
Nurhidayah, dkk. (2021). “Pengembangan E-Modul Berbasis QR Code pada Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Biologi Materi Sel Kelas XI MIA” Saintifik.7(2) 105-111
Pratiwi, M.K. dan Sifak I. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis QR-Code untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Digital Siswa pada Materi Perubahan Lingkungan” Bioedu 11(2) 457-468
Pusat Penelitian dan Pengembangan Aplikasi Informatika dam Informasi. 2017. Survei Penggunaan TIK Tahun 2017. Jakarta: Komunikasi Publik Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementrian Komunikasi dan Informatika RI.
Riduwan dan Sunarto. 2013. Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Simarmata, Janner, dll. 2021. Literasi Digital. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Siti Darmawati, dkk. 2018. “Pengembangan Modul Berbasis Kontekstual Materi Kalor dan Perpindahannya untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP Kelas VII”. Jurnal Pendidikan IPA 7(3) 365-374
Sugiyono. 2015. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suhardi, Didik, dkk. 2017. Materi Pendukung Literasi Digital. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Usman, Raja. (2017). “Penggunaan Metode Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III A SD Negeri 02 Kundur”, Jurnal Primary Program Studi PGSD FKIP Universitas Riau, Vol. 6(2) 397-408.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The authors who submit the manuscript hold almost all copyrights. However, the right of publication is transferred to Indonesian Journal of Natural Science Education. The right includes the rights to publish their article for the first time and to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online) or any other reproductions of similar nature. This is copyright transfer form (Download) that must be signed by the corresponding author. After Journal of Natural Science and Integration published the article, the authors have the right to deposit it or republish it.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows:
Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
you are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.