LITERASI LINGKUNGAN DALAM KURIKULUM 2013 DAN PEMBELAJARAN IPA DI SD

Diana Kusumaningrum

Abstract


ABSTRAK

Literasi lingkungan merupakan kemampuan individu dalam memahami dan menafsirkan kondisi lingkungan, dari hasil pemahaman dan penafsiran tersebut maka individu tersebut dapat memutuskan tindakan yang tepat dalam mempertahankan, memulihkan serta meningkatkan kondisi lingkungan. Tujuan dari penanaman literasi lingkungan sebagai karakter siswa adalah untuk mempersiapkan orang-orang yang sadar lingkungan sehingga masalah-masalah lingkungan dapat diatasi. Kemampuan literasi lingkungan ini sangat penting ditanamkan menjadi sebuah karakter sejak dini, karena pendidikan karakter pada anak-anak akan tertanam dalam jangka panjang. Penilaian kemampuan literasi lingkungan terdiri dari empat komponen yaitu pengetahuan tentang lingkungan, kemampuan kognitif, sikap dan perilaku seseorang terhadap lingkungan. Berbagai usaha dilakukan untuk mewujudkan masyarakat yang memiliki kemampuan literasi lingkungan, salah satunya melalui pembelajaran di sekolah namun literasi lingkungan belum terintegrasi dalam kurikulum di SD. Makalah ini bertujuan untuk mengkaji dan memberi gambaran mengenai kesesuaian literasi lingkungan dalam kurikulum 2013 dan pembelajaran IPA di SD, sehingga memunculkan upaya untuk memasukkan muatan literasi lingkungan dalam kurikulum 2013 sehingga bisa terintegrasi dalam pembelajaran di SD. Dalam makalah ini akan dikaji beberapa hal, antara lain  pengukuran kemampuan literasi lingkungan, muatan literasi lingkungan dalam kurikulum 2013, dan pembelajaran IPA di SD untuk mengembangkan kemampuan literasi lingkungan.

Kata Kunci: kurikulum 2013, literasi lingkungan, pembelajaran IPA di SD

Keywords


Kurikulum 2013, Literasi lingkungan, Pebelajaran IPA SD

Full Text:

PDF

References


Alfin, Jauharoti. 2015. Analisis Karakteristik Siswa pada Tingkat Sekolah Dasar. Prosiding Halaqoh Nasional dan Seminar Internasional Pendidikan Islam. (On Line). http://www.digilib.uinsby.ac.id. Diakses pada 2 Juli 2018.

Asrul; Ananda, Rusydi; Rosnita. 2015. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media.

Bahri, Syamsul. 2011. Pengembangan Kurikulum Dasar dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura. Vol. XI (1) (On Line). http://www.jurnal.ar- raniry.ac.id . Diakses pada 2 Juli 2018.

Budimansyah, Dasim. 2009. PAKEM Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Bandung: PT Genesindo.

Hamalik, Oemar. 2008. Pembinaan Pengembangan Kurikulum. Bandung: Pustaka Martina.

Igbokwe, Blessing. 2016. Environmental Literacy Assessment: Assessing theStrength of an Environmental Education Program (Eco Schools) inOntario Secondary Schools for Environmental Literacy Acquisition.( Tesis ). Kanada: University of Windsor.

McBeth, William dan Volk, Trudi. 2010. The National Environmental Literacy Project: A Baseline Study of Middle Grade Students in the United States. Journal Of Environmental Education. Vol 41 (1).

Mujakir. 2015. Kreativitas Guru dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Lantanida. Vol 3 (1). (On Line). http://jurnal.ar-raniry.ac.id. Diakses tanggal 2 Juli 2018.

Mulyasa, H. E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

(NAAEE) by the North American Association for Environmental Education . (2011). Washington, USA. (On Line). http://www.naaee.net/. Diakses pada 2 Juli 2018.

Paparan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan R.I Bidang Pendidikan. 2014. Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. KEMENDIKBUD. (On Line). http://kemendikbud.go.id. Diakses pada 2 Juli 2018

Prasetiyo. 2017. Pembelajaran Matapelajaran Biologi Materi Lingkungan di Sekolah Menengah Atas dan Daya Dukungnya Terhadap Literasi Lingkungan Siswa. Jurnal Florea. Vol.4 (2). (On Line). http://www.e-journal.unipma.ac.id. Diakses pada 2 Juli 2018.

Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ratnawulan, Elis; Rudiana. 2014. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.

Riyanto, Yatim. 2013. Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi bagi Guru/ Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Prenada Media Group.

Sukardjo. 2008. Handout Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran IPA. Yogyakarta: PPS Universitas Negeri Yogyakarta.

Sulthon. 2016. Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). Jurnal Elementary. Vol. 4 (1). (On Line).http://journal.stainkudus.ac.id. Diakses pada 2 Juli 2018

Taufiqi. 2016. Hypnoteaching and Hypnotherapy for Brilliant Kids. Malang: Media Sutra Atiga




DOI: https://doi.org/10.31002/nse.v1i2.255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Natural Science Education 

P-ISSN 2621-8747  |  E-ISSN 2621-8755

Published By:

Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar

Alamat Redaksi:

Jl. Kapten Suparman No. 39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah 56116

email: ijnse@untidar.ac.id

Indexed By:

  

 

 Creative Commons License 

Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License.