PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA SKEMA DARING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP

elma yuliantina romadhon, Riva Ismawati, Siswanto Siswanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada skema daring terhadap kemampuan literasi sains siswa SMP, (2) respon siswa terhadap proses pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis proyek dalam skema daring, dan (3) keterlaksanaan proses pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis proyek dalam skema daring. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi eksperimental design. Teknik analisis data menggunakan uji Independent samples test dengan bantuan IBM SPSS Statistics for Windows 25.0.0.0. Hasil analisis dengan taraf signifikasi 0,05 menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis proyek dalam skema daring terhadap kemampuan literasi sains siswa SMP dengan nilai signifikasi 0,029 (2) respon siswa terhadap model pembelajaran berbasis proyek dalam skema daring adalah Baik, dan (3) keterlaksanaan proses pembelajaran berbasis proyek dalam skema daring adalah Sangat Baik.


Keywords


Pembelajaran berbasis proyek; pembelajaran daring; literasi sains

Full Text:

PDF

References


Asyhari, A. (2015). Profil peningkatan kemampuan literasi sains siswa melalui pembelajaran saintifik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 179-191.

Chen, C.W.C & Kamisah, O. 2017. Cultivating Marginalized Childrens Scientific Literacy in Facing the Challenges of The 21 st CenturyCultivating Marginalized Childrens Scientific Literacy in Facing the Challenges of The 21 st Century. K-12 STEM Education, Vol. 3, No. 1, Jan-Mar, pp.167-177

Daryanto & Mulyo, R. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Desi, N.A.S., Ani, R., & Murbangun, N. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa. Pancasakti Science Education Journal PSEJ 2 ( 2. 114- 1.

Elianur, C. (2020). Pilihan Media Pembelajaran Daring Oleh Guru PAI di Bengkulu Tengah. Jurnal As-Salam, 4(1), 37-45.

Farida, I. (2014). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA Kelas X Pada Submateri Pencemaran Air (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Fathurrohman, M. (2016). Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hapsari, D. D., Lisdiana, L., & Sukaesih, S. (2016). Pengaruh pembelajaran berbasis proyek berbantuan modul daur ulang limbah pada literasi sains. Journal of Biology Education, 5(3), 302-309.

Jagantara, I. M. W., Adnyana, P. B., & Widiyanti, N. L. P. M. (2014). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) terhadap hasil belajar biologi ditinjau dari gaya belajar siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Panduan Pengembangan dan Penyelenggaraan KDITT, Jakarta: Kemendikbud, 2014.

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan model pembelajaran daring dalam perkuliahan bahasa Indonesia di perguruan tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99-110.

Kurnia, F., & Fathurohman, A. (2014). Analisis bahan ajar fisika SMA kelas XI di Kecamatan Indralaya Utara berdasarkan kategori literasi sains. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 1(1), 43-47.

Kusuma A, Yani. (2016). Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA. E-journal Universitas Wiralodra, VII (3B).

Latjuba Sofyana dan Abdul Rozaq. 2019. Penelitian berjudul Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika. 8. 1, 81-86.

Ma'mur, M., Warsono, W., & Suyanto, E. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning pada Matakuliah Konsep Teknologi Informasi. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan (Old), 1(4).

Mulyasa, H. E. (2017). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013.

OECD.(2016). The PISA 2016 Assessment Framework. Paris: OECD.

Rahmania, S., Miarsyah, M., & Sartono, N. (2015). Perbedaan Kemampuan Literasi Sains Siswa engan Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Biosfer Jurnal Tadris Pendidikan Biologi, 8(2).

Rahmawati, D. (2012). Analisis literasi sains siswa SMP dalam pembelajaran IPA terpadu pada tema penerapan bioteknologi konvensional. Skripsi tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Rosenberg, J. M., & Koehler, M. J. (2015). Context and technological pedagogical content knowledge (TPACK): A systematic review. Journal of Research on Technology in Education.

Saefuddin, B. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sari, L. K. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Smp Pada Topik Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Sudjana, Nana. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Remaja Rosakarya.

Sugiyono, S. (2018). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2013). Memahami penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian. Bandung: ALFABETA,

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung, Alfabeta.

Toharudin, U., Hendrawati, S., & Rustaman, A. (2011). Membangun literasi sains peserta didik. Bandung: Humaniora, 1-205.

Tseng, K. H., Chang, C. C., Lou, S. J., & Chen, W. P. (2013). Attitudes towards science, technology, engineering and mathematics (STEM) in a project-based learning (PjBL) environment. International Journal of Technology and Design Education, 23(1), 87-102.

Wahab, K. I. A. (2021). Kebolehlaksanaan Pembelajaran Melalui Aplikasi Microsoft Teams Di Kolej Komuniti Kota Marudu, Sabah. International Journal of Humanities Technology and Civilization, 1-14.

Wulandari, M.S. & Rahayu, N. (2010). Pemanfaatan media pembelajaran secara online (e-learning) bagi wanita karir dalam upaya meningkatkan efektivitas dan fleksibilitas




DOI: https://doi.org/10.31002/nse.v4i2.2110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Natural Science Education 

P-ISSN 2621-8747  |  E-ISSN 2621-8755

Published By:

Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar

Alamat Redaksi:

Jl. Kapten Suparman No. 39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah 56116

email: ijnse@untidar.ac.id

Indexed By:

  

 

 Creative Commons License 

Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License.