PENGGUNAAN MEDIA TTS TERINTEGRASI MODEL PEMBELAJARAN TGT PADA MATA PELAJARAN IPA

Dwi Aryanti, patimah Partimah, Yusron Aminullah

Abstract


Pembelajaran IPA merupakan salah satu pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa. Salah satu penyebabnya karena banyaknya penggunaan bahasa ilmiah dan istilah latin membuat siswa kesulitan untuk menghafal dan memahaminya. Siswa memerlukan model pembelajaran yang inovatif agar menarik minat belajar IPA dan mengurangi kesulitan siswa dalam belajar. Artikel ini merupakan gagasan penerapan penggunakan media TTS yang terintegrasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan pembuatan soal berbentuk clue dan gambar. Metode penulisan yang digunakan adalah studi pustaka. dengan mengkaji hasil penelitian dalam artikel-artikel dan jurnal kemudian dijadikan sebuah tulisan. Langkah yang dilakukan untuk menerapkan media TTS dalam pemblajaran TGT yaitu dengan penyajian kelas, pebentukan kelompok, permainan, dan mengkompetisikan.


Keywords


Model Pembelajaran TGT;Media TTS

Full Text:

PDF PDF

References


Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tanireja, T., Faridli., M. & Sri. H. (2017). Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Evektif: Alfabeta.

Syah, M. (2016). Psikologi Pendidikan dengan Pendekata Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Khalilullah. (2012). Permainan Teka-Teki Silang Sebagai Media dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Mufradat) Jurnal Pemikiran Islam. 1 (37)

Rohwati, M. (2012). Penggunaan Education Game untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Biologi Konsep Klasifikasi Makhluk Hidup. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia1 1 (75-81). http://journal.unnes.ac.id/index.php/jpiiHarlen, W. (2014). Helping children’s development of inkuiri skills. Inkuiri in primary science education (IPSE), 1: 5-19.

Maharani, Dita. (2013). Penerapan Metode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan Media Teka-Teki Silang (TTS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Biologi Materi Ekosistem pada Siswa Kelas VII B SMP Al Islam Ngemplak Bolyolali Tahun Ajaran 2012/2013 [Skripsi]. Surakarta: UM Surakarta.

Sarinah. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dengan Media TTS Terhadapa Hasil Belajar Biologi di Mts Darul Ulum Palangkaraya. EduSains, 1 (3), 52-64.

Rusgiarti. (2014). Studi Kasus Tentang Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Biologi di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 15 Pontianak. Jurnal Edukasi, 1 (1), 102-110.

Astrissi, D.O.S.A.G., Sukardjo., JS & Hastuti, B. (2014). Efektivitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Disertai Media Teka-Teki Silang Terhadap Prestasi Belajar pada Materi Minyak Bumi Siswa Kelas X SMA N 3 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia, 2 (3), 22.




DOI: https://doi.org/10.31002/nse.v1i1.203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Natural Science Education 

P-ISSN 2621-8747  |  E-ISSN 2621-8755

Published By:

Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar

Alamat Redaksi:

Jl. Kapten Suparman No. 39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah 56116

email: ijnse@untidar.ac.id

Indexed By:

  

 

 Creative Commons License 

Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License.