PENGGUNAAN MEDIA TTS TERINTEGRASI MODEL PEMBELAJARAN TGT PADA MATA PELAJARAN IPA
DOI:
https://doi.org/10.31002/nse.v1i1.203Keywords:
Model Pembelajaran TGT, Media TTSAbstract
Pembelajaran IPA merupakan salah satu pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa. Salah satu penyebabnya karena banyaknya penggunaan bahasa ilmiah dan istilah latin membuat siswa kesulitan untuk menghafal dan memahaminya. Siswa memerlukan model pembelajaran yang inovatif agar menarik minat belajar IPA dan mengurangi kesulitan siswa dalam belajar. Artikel ini merupakan gagasan penerapan penggunakan media TTS yang terintegrasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan pembuatan soal berbentuk clue dan gambar. Metode penulisan yang digunakan adalah studi pustaka. dengan mengkaji hasil penelitian dalam artikel-artikel dan jurnal kemudian dijadikan sebuah tulisan. Langkah yang dilakukan untuk menerapkan media TTS dalam pemblajaran TGT yaitu dengan penyajian kelas, pebentukan kelompok, permainan, dan mengkompetisikan.
References
Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Tanireja, T., Faridli., M. & Sri. H. (2017). Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Evektif: Alfabeta.
Syah, M. (2016). Psikologi Pendidikan dengan Pendekata Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Khalilullah. (2012). Permainan Teka-Teki Silang Sebagai Media dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Mufradat) Jurnal Pemikiran Islam. 1 (37)
Rohwati, M. (2012). Penggunaan Education Game untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Biologi Konsep Klasifikasi Makhluk Hidup. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia1 1 (75-81). http://journal.unnes.ac.id/index.php/jpiiHarlen, W. (2014). Helping children’s development of inkuiri skills. Inkuiri in primary science education (IPSE), 1: 5-19.
Maharani, Dita. (2013). Penerapan Metode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan Media Teka-Teki Silang (TTS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Biologi Materi Ekosistem pada Siswa Kelas VII B SMP Al Islam Ngemplak Bolyolali Tahun Ajaran 2012/2013 [Skripsi]. Surakarta: UM Surakarta.
Sarinah. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dengan Media TTS Terhadapa Hasil Belajar Biologi di Mts Darul Ulum Palangkaraya. EduSains, 1 (3), 52-64.
Rusgiarti. (2014). Studi Kasus Tentang Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Biologi di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 15 Pontianak. Jurnal Edukasi, 1 (1), 102-110.
Astrissi, D.O.S.A.G., Sukardjo., JS & Hastuti, B. (2014). Efektivitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Disertai Media Teka-Teki Silang Terhadap Prestasi Belajar pada Materi Minyak Bumi Siswa Kelas X SMA N 3 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia, 2 (3), 22.
Published
Issue
Section
License
The authors who submit the manuscript hold almost all copyrights. However, the right of publication is transferred to Indonesian Journal of Natural Science Education. The right includes the rights to publish their article for the first time and to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online) or any other reproductions of similar nature. This is copyright transfer form (Download) that must be signed by the corresponding author. After Journal of Natural Science and Integration published the article, the authors have the right to deposit it or republish it.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows:
Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
you are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.