PEMBELAJARAN BERBASIS GAME UNTUK MENINGKATKAN MINAT SISWA PADA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA

Desi Rahmawati, Erna Ipmawati, Febrian Solikhin

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan pembelajaran berbasis game untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi suhu dan perubahannya di kelas VII A MTs Muhammadiyah Srumbung. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart (1988) yang terdiri dari dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada semester gasal tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A MTs Muhammadiyah Srumbung. Objek penelitian adalah minat belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, survey, dan tes. Sedangkan instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi siswa, lembar observasi guru, serta lembar soal pre-test dan post-test. Di akhir siklus II didapat hasil bahwa tingkat aktivitas siswa dalam memperhatikan materi dan keaktifan dalam mengikuti kegiatan game kuis berkelompok dalam kategori sangat aktif dengan masing-masing persentasenya mencapai 90% dan 87%. Sedangkan persentase ketuntasan kumulatif di akhir siklus II mencapai 78,26%. Dengan demikian Penelitian Tindakan Kelas ini dikatakan telah berhasil dan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis game meningkatkan minat belajar siswa sekaligus hasil belajar siswa

Keywords


minat belajar; hasil belajar; pembelajaran berbasis game

Full Text:

PDF

References


Anni, C. T., et al. (2006). Psikologi Belajar. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Fahmiati. (2014). Peningkatan Hasil Belajar IPA Terpadu Melalui Model Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Nalar Pendidikan, 2(2), 85 – 89.

Hidayatulloh, S., Praherdhiono, H., & Wedi, A. (2020). Pengaruh Game Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pemahaman Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), 199 – 206.

Ibrahim, A., et al. (2018). Metodologi Penelitian. Makassar: Gunadarma Ilmu.

Maulana, M. P., Solikhin, F., & Dewi, K. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Kesetimbangan Kimia SMAN 3 Kota Bengkulu. Jurnal Zarah, 9(2), 74 – 81.

Purba, L. S. L. (2019). Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29.

Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Salsabila, U. H., et al. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 4(2), 163 – 172.

Sardiman, A. M., (1986). Interaksi dan Motivasi Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Syardiansah. (2016). Hubungan Motivasi Belajar dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Manajemen (Studi Kasus Mahasiswa Tingkat I EKM A Semester II). Jurnal Manajemen dan Keuangan, 5(1), 440 – 448.

Taksonomi Bloom (Ranah Kognitif, Afektif, dan Psikomotor) serta Identifikasi Permasalahan Pendidikan di Indonesia. Retrieved from http://p3ai.polsri.ac.id/admin/assets/files/7325Taksonomi%20Bloom.pdf.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Wihartanti, L, et al. (2019). Penggunaan Aplikasi Quizizz Berbasis Smartphone dalam Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Reorientasi Profesionalisme Pendidik dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0, 362 – 368.

Yamin, M. (2007). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gunung Persada Press Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.31002/nse.v4i2.2006

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Natural Science Education 

P-ISSN 2621-8747  |  E-ISSN 2621-8755

Published By:

Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar

Alamat Redaksi:

Jl. Kapten Suparman No. 39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah 56116

email: ijnse@untidar.ac.id

Indexed By:

  

 

 Creative Commons License 

Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License.