IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA KELAS VII DI LERENG MERAPI PADA TEMA MITIGASI GUNUNG MELETUS

Authors

  • Eko Juliyanto Universitas Tidar
  • Fima Rizki Universitas Tidar

DOI:

https://doi.org/10.31002/nse.v4i1.1874

Keywords:

Miskonsepsi, harus ada, berjumlah, maksimal, lima kata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui ada tidaknya miskonsepsi pada siswa dalam materi struktur bumi dan dinamikanya terkait tema mitigasi gunung meletus pada siswa kelas VII di lereng Merapi dan 2) mengidentifikasi bentuk miskonsepsi siswa kelas VII di lereng Merapi pada materi struktur bumi dan dinamikannya terkait tema mitigasi gunung meletus. Pendekatan penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan analisis konten. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Dukun dan SMP Negeri 2 Dukun tahun pelajaran 2020/2021.. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.. Hasil penelitian ini yaitu siswa kelas VII di Lereng Gunung Merapi teridentifikasi miskonsepsi pada materi mitigasi gunung meletus sebanyak 57,27%. Bentuk miskonsepsi yang terjadi yaitu siswa menganggap mitos itu ada dan nyata. Hal ini terjadi karena adanya adanya pola asuh keluarga, mitos turun-temurun, intuisi siswa dan kepercayaan siswa.

Downloads

Published

2021-09-02

Issue

Section

Articles