PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS SIMULASI VIRTUAL

Muhammad Yusrul Falah, wartini wartini, Siswanto Siswanto, Eko Juliyanto, A. Syarkowi

Abstract


Inovasi pengembangan pembelajaran inkuiri dengan simulasi virtual untuk meningkatkan pemahaman konsep pada pembelajaran fisika. Penelitian dilakukan di salah satu sekolah di kabupaten Magelang, SMA N 1 Grabag. Secara umum, tahapan pembelajaran inkuiri yang dilakukan menggunakan kegiatan simulasi virtual meliputi: (1) mengidentifikasi masalah untuk diselidiki, (2) melakukan eksperimen dengan model eksperimen inkuiri dengan simulasi virtual, (4) melakukan analisis data dengan panduan lembar kerja siswa (LKS), (5) mengkomunikasikan hasil analisis menggunakan kegiatan. 


Keywords


inkuiri; simulasi virtual

Full Text:

PDF

References


Siswanto, K. (2014). I., & Suhandi, A.(2014). Penerapan Model Pembelajaran Pembangkit Argumen Menggunakan Metode Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Berargumentasi Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10(2), 104-116.

Gumilar, S., & Subali, B. (2018, March). Scientific method by argumentation design: learning process for maintaining student’s retention. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 983, No. 1, p. 012021). IOP Publishing.

Yusiran, Y., & Siswanto, S. (2016). Implementasi Metode Saintifik Menggunakan Setting Argumentasi pada Mata Kuliah Mekanika untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Mahasiswa Calon Guru Fisika. JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), 2(1), 15-22.

Febriastuti, Y. D. (2017). INOVASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA SMP. Indonesian Journal of Science and Education, 1(1), 49-56.

Harlen, W. (2014). Helping children’s development of inkuiri skills. Inkuiri in primary science education (IPSE), 1: 5-19.

Wenning, C., J. (2011). Experimental inkuiri in introductory physics courses. Journal of Physics Teacher Education, 6 (2): 2-8.

Olympiou, J., Zacharia, C.Z. (2012). Blending Physical and Virtual Manipulatives: An Effort to Improve Students’ Conceptual Understanding Through Science Laboratory Experimentation. Science Education, 96 (1) : 21 – 47.

Myneni, S.L., Narayanan, H.N., Rebello, S., Rouinfar, A., Pumtambekar, S. (2013). An Interactive and Intelligent Learning System for Physics Education. IEEE Transactions On Learning Technologies, 6 (3) : 228 – 239.

Sullivan, S., Gnesdilow, D., Puntambekar, S., Kim, S. (2017). Middle school students’ learning of mechanics concepts through engagement in different sequences of physical and virtual experiments.

Hake, R.R. (1999). Interactive-engagement vs tra¬ditional methods: A six thousand student survey of mechanic test data for introductory physics courses. Journal of Physics. 66 (1): 64-74.

Nurrokhmah. I., E., & Sunarto, W. (2013). Pengaruh Penerapan Virtual Labs Berbasis Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Kimia. Journal Jurusan Kimia Fmipa, 2(1), 200-207.




DOI: https://doi.org/10.31002/nse.v1i1.175

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Natural Science Education 

P-ISSN 2621-8747  |  E-ISSN 2621-8755

Published By:

Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar

Alamat Redaksi:

Jl. Kapten Suparman No. 39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah 56116

email: ijnse@untidar.ac.id

Indexed By:

  

 

 Creative Commons License 

Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License.