PEMANFAATAN SMARTPHONE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI MASA COVID-19 PADA MTs PUNTI TAHUN PELAJARAN 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.31002/nse.v4i1.1681Keywords:
Pemanfaatan Smartphone, Hasil Belajar.Abstract
Pada era globalisasi seperti sekarang ini, perkembangan teknologi sangatlah pesat, termasuk perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Salah satu dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tersebut adalah berkembangnya teknologi telekomunikasi yaitu smartphone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan smartphone terhadap hasil belajar dimasaCovid-19 di MTs Punti Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa dengan jumlah 15 siswa kelas VIII MTs Punti Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima Tahun Pelajaran 2020/2021. Teknik pengambilan sampel yakni purposive sampling karena peneliti memiliki alasan-alasan khusus tertentu berkenaan dengan sampel yang akan diambil yaitu siswa yang diteliti adalah siswa kelas VIII semester II. Maka sampel yang dipilih adalah kelas VIII dengan jumlah siswa 15 orang semester II. Teknik pengumpulan data data hasil belajar di peroleh dari guru mata pelajaran IPA baik dengan hasil belajar tatap muka maupu hasil belajar dengan menggunakan smartphone. Sedangkan data pemanfaatan smartphone di peroleh dengan cara memberikan angket kepada siswa untuk diisi guna melihat respon siswa selama menggunakan smartphone dalam proses pembelajaran. Dari hasil penelitian didapat proses pembelajaran dengan tatap muka jauh lebih efektif dibandingkan dengan proses pembelajaran dengan menggunakan smartphone. Hal ini dapat dilihat dengan perbandingan hasil belajar yang di peroleh siswa, dimana antara hasil belajar siswa dengan tatap muka 78,70 sedangkan pembelajaran dengan menggunakan smartphone sebesar 76,26. Dalam proses pembelajaran dengan menggunakan smartphone siswa tidak terlalu menggunakan smartphone dengan baik dikarenakan belum memahami fungsi smartphone, siswa terkadang bingung cara menggunakan smartphone dengan aplikasi zoom meeting, karena bagi siswa aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang baru, sehingga siswa tidak terlalu tertarik dengan hal demikian, bahkan smartphone pun tidak terlalu digunakan untuk pembelajaran. Dengan demikian bahwa pemanfaatan smartphone terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dimasa covid-19 pada MTs Punti tahun pelajaran 2020/2021 tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa.
References
Arikunto, S. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2013. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dhany Efita Sari, 2019. Quizlet: Aplikasi Pembelajaran Berbasis Smartphone Era Generasi Milenial. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(1), Juni 2019, p-ISSN: 1412-3835; e-ISSN: 2541-4569 10
Edi Ismanto, Melly N, at all, 2017 Pemanfaatan Smartphone Android Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru Sma Negeri 2 Kota Pekanbaru. Jurnal untuk Mu negeri, 1(1), mei 2017
Intan, Edmon R, at all. 2017. Penggunaan Smartphone Dalam Menunjang Aktivitas Perkuliahan Oleh Mahasiswa Fispol Unsrat Manado. E-journal 6(1). Tahun 2017.
Nurkencana, Sunartana. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Setyosari, P. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan Edisi Keempat. Jakarta: Prenada Media Group.
Sudijono, A. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Rajagrafindo.
Thobroni, M. 2013. Belajar dan Pembelajaran Pengembangan Wacana. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Wahidmurni. 2017. Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif. Jurnal Laporan Penelitian, tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The authors who submit the manuscript hold almost all copyrights. However, the right of publication is transferred to Indonesian Journal of Natural Science Education. The right includes the rights to publish their article for the first time and to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online) or any other reproductions of similar nature. This is copyright transfer form (Download) that must be signed by the corresponding author. After Journal of Natural Science and Integration published the article, the authors have the right to deposit it or republish it.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows:
Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
you are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.