PENERAPAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DENGAN PENGGUNAAN MOOC UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEMANDIRIAN MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.31002/nse.v4i1.1628Keywords:
Pembelajaran Jarak Jauh, MOOC, Motivasi, Kemandirian.Abstract
ABSTRAK
Latar belakang penelitian ini yaitu hasil evaluasi pada pembelajaran jarak jauh pada semester Ganjil 2020/2021 didapatkan hasil bahwa mahasiswa bosan dengan pembelajaran jarak jauh, pembelajaran jarak jauh hanya menggunakan media yang monoton dan kurang mengakomodir kebutuhan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) Motivasi belajar setelah menggunakan pembelajaran jarak jauh dengan MOOC, (2) Kemandirian belajar setelah menggunakan pembelajaran jarak jauh dengan MOOC. Metode penelitian yang digunakan adalah Classroom Action Research dengan model Kurt Lewin dan Model Kolaboratif dengan lebih dari satu siklus. Setiap siklus terdapat tahapan yang harus dilalui secara sistematis yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan,Observasi, evaluasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, dan Tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Motivasi belajar mahasiswa Pendidikan IPA pada mata kuliah ilmu alamiah dasar dapat ditingkatkan dengan penerapan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan MOOC. (2) Kemandirian belajar mahasiswa Pendidikan IPA pada mata kuliah ilmu alamiah dasar dapat ditingkatkan dengan penerapan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan MOOC.
References
Abdul, L. (2020). Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1 (2) https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1956 Retrieved From: https://ejurnal.umri.ac.id/index.php/eduteach/article/view/1956
Adhy, P., R. (2013). Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Prawirotaman dalam Pembelajaran IPA Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Active Learning. UNY. Retrieved From: https://eprints.uny.ac.id/15783/1/SkripsiPDFgabungan_Adhy_Putri_PGSD09C.pdf
Alberta, P, M., Emilanus, J., Sebastianus, F., Silfanus, J., Viviana, M., Polikarpus, R. (2021) Kemandirian belajar mahasiswa dalam pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10 (1), pp. 34-42. Retrieved From: https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv10n1/687
Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Azzahra, Nadia F. (2020). Mengkaji Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh di Indonesia di Masa Pandemi Covid-19." Center for Indonesian Policy Studies, 2020, doi:10.35497/309163. Retrieved From: https://repository.cips-indonesia.org/ms/publications/309163/mengkaji-hambatan-pembelajaran-jarak-jauh-di-indonesia-di-masa-pandemi-covid-19#cite
Benny, A. Pribadi. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
Johan, R., C. (2015). Massive open online course (mooc) dalam meningkatkan kompetensi literasi informasi guru pustakawan sekolah. Jurnal Pedagogia, 13 (1), 203-3013. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/pedagogia/article/view/3382
Musrohul, I., Heri, K. (2019) Pengaruh model pembelajaran blended learning berbantuan kahoot terhadap motivasi dan kemandirian siswa. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 3(2) Desember 2019 hal (68-75). DOI: 10.29408/edumatic.v3i2.1656 Retrieved From: file:///D:/PENELITIAN/UNTIDAR/1656-5490-2-PB.pdf
Pakpahan, Roida; Fitriani, Yuni. Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. (2020). Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 30-36, may 2020. ISSN 2598-8719. Retrieved Form: http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/181
Puspitasari, Yulia Dewi; Susdarwati, Susdarwati. MOOC Development in Basic Natural Sciences as a Distance Learning Solution. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 1-8, jan. 2021. ISSN 2655-2450. Retrieved From: https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijisedu/article/view/4176doi:http://dx.doi.org/10.29300/ijisedu.v3i1.4176
Sari, W., Muhammad Rifki, A., & Karmila, M. (2020). Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Covid 19. Jurnal Mappesona, 2(2). Retrieved from https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/mappesona/article/view/830
Saeful, A. (2014). Motivasi Belajar Siswa Kelas Xi Dalam Mengikuti Pelajaran Mata Diklat Instalasi Penerangan Dan Tenaga Listrik Di SMK Nusantara I Comal Pemalang Tahun 2014. Retrieved From https://lib.unnes.ac.id/21138/1/5301408047-S.pdf
Wenting, Z., Xiao, H., Zilong, P., Chenglu, L., Ying, C., Min, L. (2021). Exploring the relationship between social presence and learners’ prestige in MOOC discussion forums using automated content analysis and social network analysis. Computers in Human Behavior: Elsevier, (vol.115) 106582. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106582 Retrieved From: https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0747563220303290
Yuan, L and Powell, S (2013), MOOCs and Open Education: Implications for Higher Education Retrieved From: https://www.researchgate.net/publication/265297666_MOOCs_and_Open_Education_Implications_for_Higher_Education
Downloads
Published
Issue
Section
License
The authors who submit the manuscript hold almost all copyrights. However, the right of publication is transferred to Indonesian Journal of Natural Science Education. The right includes the rights to publish their article for the first time and to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online) or any other reproductions of similar nature. This is copyright transfer form (Download) that must be signed by the corresponding author. After Journal of Natural Science and Integration published the article, the authors have the right to deposit it or republish it.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows:
Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
you are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.