PENERAPAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DENGAN PENGGUNAAN MOOC UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEMANDIRIAN MAHASISWA

Yulia Dewi Puspitasari

Abstract


ABSTRAK
Latar belakang penelitian ini yaitu hasil evaluasi pada pembelajaran jarak jauh pada semester Ganjil 2020/2021 didapatkan hasil bahwa mahasiswa bosan dengan pembelajaran jarak jauh, pembelajaran jarak jauh hanya menggunakan media yang monoton dan kurang mengakomodir kebutuhan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) Motivasi belajar setelah menggunakan pembelajaran jarak jauh dengan MOOC, (2) Kemandirian belajar setelah menggunakan pembelajaran jarak jauh dengan MOOC. Metode penelitian yang digunakan adalah Classroom Action Research dengan model Kurt Lewin dan Model Kolaboratif dengan lebih dari satu siklus. Setiap siklus terdapat tahapan yang harus dilalui secara sistematis yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan,Observasi, evaluasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, dan Tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Motivasi belajar mahasiswa Pendidikan IPA pada mata kuliah ilmu alamiah dasar dapat ditingkatkan dengan penerapan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan MOOC. (2) Kemandirian belajar mahasiswa Pendidikan IPA pada mata kuliah ilmu alamiah dasar dapat ditingkatkan dengan penerapan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan MOOC.


Keywords


Pembelajaran Jarak Jauh, MOOC, Motivasi, Kemandirian.

Full Text:

PDF

References


Abdul, L. (2020). Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1 (2) https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1956 Retrieved From: https://ejurnal.umri.ac.id/index.php/eduteach/article/view/1956

Adhy, P., R. (2013). Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Prawirotaman dalam Pembelajaran IPA Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Active Learning. UNY. Retrieved From: https://eprints.uny.ac.id/15783/1/SkripsiPDFgabungan_Adhy_Putri_PGSD09C.pdf

Alberta, P, M., Emilanus, J., Sebastianus, F., Silfanus, J., Viviana, M., Polikarpus, R. (2021) Kemandirian belajar mahasiswa dalam pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10 (1), pp. 34-42. Retrieved From: https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv10n1/687

Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Azzahra, Nadia F. (2020). Mengkaji Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh di Indonesia di Masa Pandemi Covid-19." Center for Indonesian Policy Studies, 2020, doi:10.35497/309163. Retrieved From: https://repository.cips-indonesia.org/ms/publications/309163/mengkaji-hambatan-pembelajaran-jarak-jauh-di-indonesia-di-masa-pandemi-covid-19#cite

Benny, A. Pribadi. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Johan, R., C. (2015). Massive open online course (mooc) dalam meningkatkan kompetensi literasi informasi guru pustakawan sekolah. Jurnal Pedagogia, 13 (1), 203-3013. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/pedagogia/article/view/3382

Musrohul, I., Heri, K. (2019) Pengaruh model pembelajaran blended learning berbantuan kahoot terhadap motivasi dan kemandirian siswa. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 3(2) Desember 2019 hal (68-75). DOI: 10.29408/edumatic.v3i2.1656 Retrieved From: file:///D:/PENELITIAN/UNTIDAR/1656-5490-2-PB.pdf

Pakpahan, Roida; Fitriani, Yuni. Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. (2020). Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 30-36, may 2020. ISSN 2598-8719. Retrieved Form: http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/181

Puspitasari, Yulia Dewi; Susdarwati, Susdarwati. MOOC Development in Basic Natural Sciences as a Distance Learning Solution. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 1-8, jan. 2021. ISSN 2655-2450. Retrieved From: https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijisedu/article/view/4176doi:http://dx.doi.org/10.29300/ijisedu.v3i1.4176

Sari, W., Muhammad Rifki, A., & Karmila, M. (2020). Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Covid 19. Jurnal Mappesona, 2(2). Retrieved from https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/mappesona/article/view/830

Saeful, A. (2014). Motivasi Belajar Siswa Kelas Xi Dalam Mengikuti Pelajaran Mata Diklat Instalasi Penerangan Dan Tenaga Listrik Di SMK Nusantara I Comal Pemalang Tahun 2014. Retrieved From https://lib.unnes.ac.id/21138/1/5301408047-S.pdf

Wenting, Z., Xiao, H., Zilong, P., Chenglu, L., Ying, C., Min, L. (2021). Exploring the relationship between social presence and learners’ prestige in MOOC discussion forums using automated content analysis and social network analysis. Computers in Human Behavior: Elsevier, (vol.115) 106582. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106582 Retrieved From: https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0747563220303290

Yuan, L and Powell, S (2013), MOOCs and Open Education: Implications for Higher Education Retrieved From: https://www.researchgate.net/publication/265297666_MOOCs_and_Open_Education_Implications_for_Higher_Education




DOI: https://doi.org/10.31002/nse.v4i1.1628

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Natural Science Education 

P-ISSN 2621-8747  |  E-ISSN 2621-8755

Published By:

Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar

Alamat Redaksi:

Jl. Kapten Suparman No. 39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah 56116

email: ijnse@untidar.ac.id

Indexed By:

  

 

 Creative Commons License 

Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License.