PENGARUH LIMBAH TAHU TERHADAP KUALITAS AIR SUNGAI DI DESA MEJING KECAMATAN CANDIMULYO

Arini kusna

Abstract


Air merupakan sumber kehidupan bagi makhluk hidup baik hewan, tumbuhan dan manusia. Banyaknya industri yang berkembang pesat tanpa diimbangi dengan pengelolaan limbah industri dengan baik dapat berdampak buruk bagi lingkungan, salah satunya industri pabrik tahu. Para pemilik usaha kurang memperhatikan dampak yang ditimbulkan akibat pembuangan limbah cair tahu ke sungai. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh limbah tahu terhadap kualitas air sungai yang ditinjau dari sifat fisika dan kimia. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu grab sampling atau pengambilan sampel sesaat yang menunjukkan keadaan air pada saat itu. Hasil penelitian berdasarkan sifat fisikanya menunjukan bahwa air sungai berbau dan berasa masam serta memiliki suhu air sekitar 31. Sesuai baku mutu air yang bersih tidak memiliki bau dan tidak memiliki rasa. Menurut Peraturan Pemerintah RI No. 82 tahun 2001 tentang pengelolaan kualitas air dan pengendalian air menyatakan bahwa pH maksimum air bersih berkisar 5-9. Sedangkan berdasarkan penelitian, pH air sungai tersebut 4,0 yang menandakan bahwa pH air kurang dari ambang batas normal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa limbah tahu berpengaruh terhadap kualitas air sungai di Desa Mejing Kecamatan Candimulyo. 


Keywords


air sungai; limbah tahu; tercemar

Full Text:

PDF

References


Achmad, R. (2004). Kimia Lingkungan. Edisi 1. Yogyakarta : Andi Offset.

Adack, J. (2013). Dampak pencemaran limbah pabrik tahu terhadap lingkungan hidup. Lex Administratum, 1(3).

Effendy, H. (2003). Telaah Kualitas Air Bagi Pengelolaan Sumberdaya dan Lingkungan Perairan. Yogyakarta: Penerbit kanasius.

Hamuna, B., Tanjung, R. H., & M. Aury, H. (2018). Kajian kualitas air laut dan indeks pencemaran berdasarkan parameter fisika-kimia di Perairan Distrik Depapre, Jayapura.

Kesuma, D. D., & Widyastuti, M. (2013). Pengaruh Limbah Industri Tahu Terhadap Kualitas Air Sungai Di Kabupaten Klaten. Jurnal Bumi Indonesia, 2(1).

Peraturan Daerah Propinsi Jawa Tengah No. 10 tahun 2004 tentang Baku Mutu Air Limbah.

Peraturan Pemerintah Nomor 20 tahun 1990 tentang Pengendalian Pencemaran Air.

Permenkes RI Nomor 32 Tahun 2017 tentang Standar Baku Mutu Kesehatan Lingkungan dan Persyaratan Kesehatan Air untuk Keperluan Higiene Sanitasi, Kolam Renang, Solus Per Aqua dan Pemandian Umum.

Warlina, L. (2004). Pencemaran air: sumber, dampak dan penanggulangannya. Bogor: Institut Pertanian Bogor.




DOI: https://doi.org/10.31002/nse.v4i1.1582

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Natural Science Education 

P-ISSN 2621-8747  |  E-ISSN 2621-8755

Published By:

Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar

Alamat Redaksi:

Jl. Kapten Suparman No. 39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah 56116

email: ijnse@untidar.ac.id

Indexed By:

  

 

 Creative Commons License 

Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License.