MENINGKATNYA MINAT BACA ARTIKEL JURNAL DARIPADA BUKU WAJIB BAGI MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.31002/nse.v4i1.1543Keywords:
minat baca, artikel, jurnal, buku wajibAbstract
Saat ini memasuki era baru Revolusi 4.0. Era ini dipengaruhi oleh meningkatnya teknologi yang semakin canggih, salah satunya internet. Bagi generasi milenial saat ini tidak bisa lepas dari internet yang digunakan untuk kesehariannya maupun kegiatan belajar. Awal tahun 2020 wabah pandemi covid-19 merajela dan membahayakan. Dengan adanya pandemi ini, semua aktivitas belajar mengajar diadakan secara daring. Pelajar dituntut mampu menyesuaikan diri dan memanfaatkan pendidikan era Revolusi 4.0 dengan menerapkan internet of things (IoT). Kegiatan membaca yang biasanya dilakukan di perpustakaan dengan membaca buku wajib beralih menggunakan internet. Akan tetapi, hal tersebut tidak melunturkan budaya membaca buku wajb yang sudah dianjurkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa minatnya mahasiswa dalam menggunakan buku wajib dan artikel jurnal untuk membantu mengerjakan tugas kuliah di masa yang serba digital ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu menyebarkan kuisioner kepada mahasiswa untuk mendapatkan tanggapan terkait minat baca yang digemari oleh mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan data bahwa dalam membantu mengerjakan tugas kuliah, mahasiswa lebih sering menggunakan artikel jurnal dibandingkan dengan buku wajib karena pada artikel jurnal lebih luas cakupan materinya dan sudah teruji penelitiannya, serta artikel jurnal dapat diakses dengan mudah dan mudah dipahami materinya.
References
Azra, Azyumardi. (1998). Essei-Essei Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Feng, Xia, dkk. (2012). Internet of Things. International Journal Of Communication Systems. Hlm 1101.
Sri, Anawati. (2017). Peran Perpustakaan Dalam Peningkatan Minat Baca Masyarakat. Jurnal Pustaka Ilmiah. Hlm 270-271.
Suyono. (2009). Pembelajaran Efektif dan Produktif Berbasis Literasi: Analisis Konteks, Prinsip, dan Wujud Alternatif Strategi Implementasinya di Sekolah. Jurnal Bahasa dan Seni. Jilid 37. No 2. 203 – 217. Hlm 127 – 136.
Zed, Mestika. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The authors who submit the manuscript hold almost all copyrights. However, the right of publication is transferred to Indonesian Journal of Natural Science Education. The right includes the rights to publish their article for the first time and to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online) or any other reproductions of similar nature. This is copyright transfer form (Download) that must be signed by the corresponding author. After Journal of Natural Science and Integration published the article, the authors have the right to deposit it or republish it.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows:
Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
you are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.