MENINGKATNYA MINAT BACA ARTIKEL JURNAL DARIPADA BUKU WAJIB BAGI MAHASISWA

Martina Wijayanti Rukmana

Abstract


Saat ini memasuki era baru Revolusi 4.0. Era ini dipengaruhi oleh meningkatnya teknologi yang semakin canggih, salah satunya internet. Bagi generasi milenial saat ini tidak bisa lepas dari internet yang digunakan untuk kesehariannya maupun kegiatan belajar. Awal tahun 2020 wabah pandemi covid-19 merajela dan membahayakan. Dengan adanya pandemi ini, semua aktivitas belajar mengajar diadakan secara daring. Pelajar dituntut mampu menyesuaikan diri dan memanfaatkan pendidikan era Revolusi 4.0 dengan menerapkan internet of things (IoT). Kegiatan membaca yang biasanya dilakukan di perpustakaan dengan membaca buku wajib beralih menggunakan internet. Akan tetapi, hal tersebut tidak melunturkan budaya membaca buku wajb yang sudah dianjurkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa minatnya mahasiswa dalam menggunakan buku wajib dan artikel jurnal untuk membantu mengerjakan tugas kuliah di masa yang serba digital ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu menyebarkan kuisioner kepada mahasiswa untuk mendapatkan tanggapan terkait minat baca yang digemari oleh mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan data bahwa dalam membantu mengerjakan tugas kuliah, mahasiswa lebih sering menggunakan artikel jurnal dibandingkan dengan buku wajib karena pada artikel jurnal lebih luas cakupan materinya dan sudah teruji penelitiannya, serta artikel jurnal dapat diakses dengan mudah dan mudah dipahami materinya.


Keywords


minat baca, artikel, jurnal, buku wajib

Full Text:

PDF

References


Azra, Azyumardi. (1998). Essei-Essei Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Feng, Xia, dkk. (2012). Internet of Things. International Journal Of Communication Systems. Hlm 1101.

Sri, Anawati. (2017). Peran Perpustakaan Dalam Peningkatan Minat Baca Masyarakat. Jurnal Pustaka Ilmiah. Hlm 270-271.

Suyono. (2009). Pembelajaran Efektif dan Produktif Berbasis Literasi: Analisis Konteks, Prinsip, dan Wujud Alternatif Strategi Implementasinya di Sekolah. Jurnal Bahasa dan Seni. Jilid 37. No 2. 203 – 217. Hlm 127 – 136.

Zed, Mestika. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.31002/nse.v4i1.1543

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Natural Science Education 

P-ISSN 2621-8747  |  E-ISSN 2621-8755

Published By:

Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar

Alamat Redaksi:

Jl. Kapten Suparman No. 39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah 56116

email: ijnse@untidar.ac.id

Indexed By:

  

 

 Creative Commons License 

Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License.