PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.31002/nse.v3i2.1197Keywords:
media monopoli, kearifan lokal, hasil belajarAbstract
Media berfungsi untuk mengarahkan peserta didik mendapatkan berbagai pengalaman belajar. Pengalaman belajar tergantung pada interaksi peserta didik dengan media. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan keberhasilan mengembangkan media pembelajaran monopoli berbasis kearifan lokal dengan model pembelajaran demostrasi pada klasifikasi makhluk hidup. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D dan diuji pada 35 peserta didik kelas VII G SMPN 9 Banjarmasin. Validitas media monopoli dilihat berdasarkan hasil validasi oleh para ahli, kepraktisan dilihat berdasarkan respon peserta didik dan efektifitas dapat dilihat berdasarkan hasil tes pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas media monopoli memperoleh persentase 99,24% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan media monopoli memperoleh rata-rata 3,91 dengan kategori praktis, dan efektivitas media monopoli diperoleh berdasarkan perhitungan N-Gain 0,63 dengan kategori sedang / efektif yang akan digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan media monopoli berbasis kearifan lokal sesuai untuk digunakan dalam pembelajaran.
References
Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Gunawan, T. I., & Sulistyoningrum, R. (2013). Menggali nilai-nilai kearifan lokal kesenian Reog Ponorogo guna mengembangkan materi keragaman suku bangsa dan budaya pada matapelajaran IPS kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 3(1), 51-87.
Hake, R.R. (1998). Interactive-engaement versus traditional methods: a six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Jounal of Physics, 66(1), 63-74.
Hamdani. (2011). Strategi belajar mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Optik, P. P. B. A. A., & IPA, J. P. M. D. Pengembangan media pembelajaran berbasis internet menggunakan software prezi online.
Slavin, Robert E. (2005). Cooperative Laerning. London: Allymand Bacon.
Suyidno. (2012). Modul P3F. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat FKIP Jurusan Matematika dan IPA.
Sya'ban, M. F., & Puspitalia, W. (2016). Pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal lahan Gambut untuk melatihkan berpikir kreatif peserta didik SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA, 247-250.
Widoyoko, Eko Putro. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The authors who submit the manuscript hold almost all copyrights. However, the right of publication is transferred to Indonesian Journal of Natural Science Education. The right includes the rights to publish their article for the first time and to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online) or any other reproductions of similar nature. This is copyright transfer form (Download) that must be signed by the corresponding author. After Journal of Natural Science and Integration published the article, the authors have the right to deposit it or republish it.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows:
Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
you are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.