Analisis Kelayakan Modul Petunjuk Praktikum Anatomi dan Fisiologi Mahkluk Hidup
DOI:
https://doi.org/10.31002/nse.v3i2.1185Keywords:
modul petunjuk praktikum, IPAAbstract
Pendidikan sebagai salah satu media dalam pengembangan berbagai aspek kehidupan. Pembelajaran sebagai proses yang ada didalamnya haruslah mampu memberikan kegiatan yang bermakna. Artinya pembelajaran tersebut mampu mengasah berbagai kemampuan bahkan keterampilan dari mahasiswa. Banyak faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran diantaranya yaitu ketersediaan modul sebagai penunjang dalam kegiatan atau proses pembelajaran dikelas. Modul dalam penelitian ini yaitu modul petunjuk praktikum anatomi dan fisiologi makhluk hidup sebagai salah satu modul yang sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji kelayakan modul petunjuk praktikum anatomi dan fisiologi makhluk hidup. Jenis penelitian ini yaitu research and development yang dimodifikasi dalam tiga tahap yaitu tahapan penelitian dan pengumpulan informasi, tahap desain modul dan tahap pengembangan modul. Adapun teknik pengumpulan data yaitu dengan studi literatur. Hasil yang diperoleh nantinya akan diolah dengan analisis diskriptif melalui uji kelayakan oleh ahli materi maupun ahli media dari dosen pendidika biologi Universitas Tidar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk modul petunjuk anatomi dan fisiologi makhluk hidup layak untuk digunakan sebagai panduan dalam kegiatan praktikum dengan nilai 81%. Ini dilihat dari aspek yang ada dalam instrumen validasi diantaranya yaitu segi desain sampul modul, isi modul, bahasa, penyajian, kontekstual.
References
Asysyakurni, N.A., Widiyatmoko, A., & Parmin. (2015). Efektivitas Penggunaan Petunjuk Praktikum IPA Berbasis Inkuiri Pada Tema Kalor Dan Perpindahannya Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Unnes Science Education Journal, 4(3), 952-958.
Darmayanti, N.W.S., Haifaturrahmah, Utami, L.S., & Sabaryati, J. (2019). Keefektifan Buku Panduan Praktikum IPA Terpadu SMP Berpendekatan Saintifik dengan Berorientasi Lingkungan Sekitar untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Makalah dipresentasikan pada Seminar Nasional FKIP Universitas Mataram.
Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.
Fitriani, N.I., & Setiawan, B. (2017). Efektifitas Modul IPA Berbasis Etnosains terhadap Peningkatan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA), 2(2), 71-76.
Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA press.
Suryani, N.T., Prayitno, B.A., & Rinanto, Y. (2018). Pengembangan Modul Berbasis Guided Discovery Pada Materi Sistem Pernapasan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Surakarta. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 7(1), 101-110.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The authors who submit the manuscript hold almost all copyrights. However, the right of publication is transferred to Indonesian Journal of Natural Science Education. The right includes the rights to publish their article for the first time and to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online) or any other reproductions of similar nature. This is copyright transfer form (Download) that must be signed by the corresponding author. After Journal of Natural Science and Integration published the article, the authors have the right to deposit it or republish it.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows:
Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
you are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.