PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA TERPADU BERWAWASAN LAHAN BASAH TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIID SMPN 6 BANJARBARU

akhsanal huda

Abstract


Penelitian ini termasuk jenis penelitian Research and Development (R&D) dimana menggunakan model pengembangan 4D. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : kevalidan, kepraktisan dan keefektivan bahan ajar IPA terpadu terhadap minat belajar peserta didik. Sampel uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIID SMPN 6 Banjarbaru.Validasi dilakukan oleh tiga orang validator yaitu dua orang validasi akademis dan satu orang ahli.Kevalidan dapat dilihat berdasarkan hasil validasi, kepraktisan dapat dilihat berdasarkan respon peserta didik dan keefektivan dapat dilihat berdasarkan tes hasil belajar dan minat belajar. Hasil penelitian menunjukkan modul dianggap valid dengan rata-rata 3,23 kategori valid dan reliabelitas 0,66 kategori sedang, kepraktisan 3,30 dengan kategori sangat baik, dan keefektivan untuk tes hasil belajar dengan skor rata-rata N-gain sebesar 0,71 kategori tinggi sedangkan untuk rata-rata minat belajar sebesar 3,28 dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan pengembangan bahan ajar IPA terpadu berwawasan lahan basah terhadap minat belajar peserta didik kelas VIID SMPN 6 Banjarbaru dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran IPA.

Keywords


Modul, lahan basah, minat belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31002/nse.v3i2.1112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Natural Science Education 

P-ISSN 2621-8747  |  E-ISSN 2621-8755

Published By:

Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar

Alamat Redaksi:

Jl. Kapten Suparman No. 39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah 56116

email: ijnse@untidar.ac.id

Indexed By:

  

 

 Creative Commons License 

Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License.