KOMPARASI EDMODO, GOOGLE CLASSROOM DAN SCHOOLOGY SEBAGAI MEDIA PJJ ONLINE PADA MATA KULIAH FISIKA 1

Samuel Gideon

Abstract


Hingga saat ini, beberapa wilayah telah menerapkan kebijakan pembelajaran jarak jauh (PJJ)  secara dalam jaringan (daring) atau diistilahkan dengan PJJ online. Learning management system (LMS) digunakan untuk membuat materi PJJ online berbasis web dan mengelola kegiatan pembelajaran serta hasil-hasilnya sehingga memudahkan peserta didik dalam proses PJJ online kapan pun dan di mana pun. Tujuan penelitian ini adalah mengimplementasikan LMS Edmodo, Google Classroom dan Schoology untuk PJJ online pada mata kuliah Fisika 1 sekaligus membandingkan performanya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan metode Qualitative Weight and Sum (QWS). Fitur-fitur utama yang dievaluasi adalah: (1) Alat komunikasi (dalam bentuk fitur Forum, Chat dan Kelas Sinkron); (2) Fitur materi pembelajaran; (3) Administrasi (dalam bentuk fitur Otorisasi Kelas serta Kehadiran; (4) Tugas online (dalam bentuk fitur Tugas dan Kuis); (5) Penilaian; dan (6) Kolaborasi. Secara keseluruhan, rekapitulasi hasil evaluasi QWS dari ketiga LMS menunjukkan bahwa Schoology mengakomodasi lebih banyak fitur-fitur yang dibutuhkan layaknya sebuah LMS dibandingkan dengan Edmodo dan Google Classroom. Oleh karena itu, jika diurutkan berdasarkan peringkat maka Schoology sebagai peringkat pertama, Google Classroom sebagai peringkat kedua dan Edmodo sebagai peringkat ketiga.

Keywords


edmodo, google classroom, schoology, pjj online

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31002/nse.v3i2.1066

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Natural Science Education 

P-ISSN 2621-8747  |  E-ISSN 2621-8755

Published By:

Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar

Alamat Redaksi:

Jl. Kapten Suparman No. 39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah 56116

email: ijnse@untidar.ac.id

Indexed By:

  

 

 Creative Commons License 

Indonesian Journal of Natural Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License.