ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENYALURAN KMK TERHADAP UMKM PADA BANK UMUM DI INDONESIA TAHUN 2014-2018

Arum Akbar Sagita, Lucia Rita Indrawati, Gentur Jalunggono

Abstract


Bank merupakan lembaga keuangan yang menghimpun dana dari masyarakat dalam
bentuk simpanan dan menyalurkan kembali kepada masyarakat dalam bentuk kredit.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah permodalan Usaha Mikro Kecil dan Menengah
(UMKM). Hal tersebut dikarenakan belum optimalnya kredit yang disalurkan oleh bank
kepada UMKM. Sedangkan keberadaan sektor usaha ini terus meningkat. Oleh karena itu
perlu dilakukan pengujian faktor-faktor yang memengaruhi kebijakan penyaluran kredit
perbankan, yang meliputi Inflasi, tingkat suku bunga, dan NPL. Penelitian ini menggunakan Bank Umum secara keseluruhan sebagai obyek penelitian, dengan periode penelitian dari tahun 2014-2018. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda, sementara uji hipotesis menggunakan uji-t untuk menguji variabel secara parsial serta uji-F untuk menguji variabel secara bersama dengan tingkat signifikansi 5%. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh Inflasi, tingkat suku bunga, dan NPL terhadap Penyaluran Kredit Modal Kerja pada Bank Umum di Indonesia. Dari hasil pengujian diketahui secara parsial dengan uji t, bahwa (1) Inflasi berpengaruh positif dan signifikan (2) tingkat suku bunga berpengaruh positif dan signifikan (3) NPL berpengaruh negatif dan signifikan (4) Secara simultan dengan uji F, diperoleh hasil bahwa variabel Inflasi, tingkat suku bungam dan NPL berpengaruh terhadap penyaluran kredit modal kerj.

Keywords


Inflasi, tingkat suku bunga, NPL, dan penyaluran Kredit Modal Kerja

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Faisal (2003). Manajemen Perbankan (Teknik Analisis Kinerja Keuangan Bank). Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Agustine, Amiranti Marsya. 2009. Analisis Pengaruh Variabel Internal dan Eksternal Perbankan Terhadap Penawaran Kredit UMKM (Studi Kasus Pada Bank Umum Periode 2007-2008). Skripsi. Universitas Indonesia. Depok.

Amaliawati, Lia. 2014. Analysis The Influence Of Effectiveness Intermediation Function Banks on Efficiency Bank (Case Study: Conventional Banks And Islamic Banks in Indonesia). International Journal of Science and Research (IJSR).

Astuti, Ati. 2013. Pengaruh Inflasi, BI Rate, Dana Pihak Ketiga (DPK), Non Performing Loan (NPL), dan Capital Adequacy Ratio (CAR) Terhadap Penyaluran Kredit. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatulla. Jakarta.

Bagoev, Jane. 2010. Bank’s Risk Preference and Their Impact on the Loan Supply Function: Empirical Investigation for the Case of the Republic of Macedonia. Journal Business Management.

Danistyo,G. 2009. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran Kredit UMKM di Indonesia. Skripsi. Institut Pertanian Bogor.

Desya, Aldhella. 2019. Analisis Pengaruh Tingkat Suku Bunga, Non Performing Loan, dan Loan Deposit Ratio Terhadap Penyaluran Kredit UMKM. Skripsi. Universitas Tidar. Magelang.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19 Edisi Kelima. Medan: USU Press.

Guo, K, & Stepanyan, V. 2011. Determinants of Bank Credit in Emerging Market Economies. International Journal Monetary Fund Working Paper, European Departement, No. WP/11/51.

Hadi, Sutrisno. (2001). Metodologi Research.Yogyakarta: ANDI.

Hadinoto, Soetanto. (2003). How to Develop Successful Retail Banking. Jakarta: PT Alex Media

Komputindo.

Jalunggono, Gentur. 2016. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penyaluran Kredit Modal Kerja Bank Umum di Kabupaten Banyumas. Jurnal. Universitas Tidar. Magelang.

Judisseno, Rimsky K. 2002. Sistem Moneter dan Perbankan Indonesia. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Kusnandar, Engkus. 2012. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Mempengaruhi Pemberian Kredit UMKM Oleh Perbankan di Indonesia. Tesis. Universitas Indonesia. Jakarta.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Reupblik Indonesia. (2018). Perkembangan Data UMKM dan Usaha Besar. http://www.depkop.go.id/beritainformasi/data-informasi/dataumkm/. Diakses pada 4 November 2018.

Mankiw, N. Gregory. 2007. Makroekonomi, Edisi ke-6. Erlangga. Jakarta.

Nurlestari, Annisa. 2015. Analisis FaktorFaktor yang Mempengaruhi Penyaluran Kredit UMKM Pada Bank Umum yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2013. Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang.

Pandia, Korinti. 2016. Analisis FaktorFaktor yang Mempengaruhi Penyaluran Kredit Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pada Bank Umum di Indonesia. Skripsi. Universitas Jember. Jember.

Prasetyo, P. Eko. (2009). Fundamental Makro Ekonomi. Yogyakarta: Beta Offset.

Putra, Gede. (2015). Pengaruh DPK, BI Rate, dan NPL Terhadap Penyaluran Kredit Modal Kerja pada BPR di Provinsi Bali Tahun 2009-2014. Jurnal. Universitas Udaya. Bali.

Rai, Ida. 2017. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kredit Pada Bank Umum Swasta Nasional (BUSN) Devisa. Jurnal. Universitas Udayana. Bali.

Sharma, P and Gounder, N. 2012. Determinants of Bank Credit in Small Open Economies: The Case of Six Pacific Island Countries. SSRN Electronic Journal. Griffith Business School. Griffith University.

Siamat, Dahlan. 2005. Manajemen Lembaga Keuangan; Kebijakan Moneter dan Perbankan Edisi Kelima. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Sukirno, Sadono. 2004. Pengantar Teori Makroekonomi. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sunyoto, Danang. (2009). Analisis Regresi dan Uji Hipotesis. Yogyakarta: Media Pressindo.

Triasdini, Himaniar. (2010). Pengaruh CAR, NPL, dan ROA Terhadap Penyaluran Kredit Modal Kerja. Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang.

Widiyanti. 2014. Analisi Pengaruh CAR, ROA, NPL, BoPo, dan DPK terhadap Penyaluran Kredit UMKM di Indonesia. Jurnal. Universitas Riau. Pekanbaru. Yuliana. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Kredit UMKM Pada Bank Umum di Kota Banda Aceh. Jurnal. Universitas Syiah Kuala. Aceh.




DOI: https://doi.org/10.31002/dinamic.v1i4.800

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 DINAMIC : Directory Journal of Economic



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi

Universitas Tidar 

Jalan Kapten Suparman Nomor 39 Potrobangsan Magelang

Kota Magelang