ANALISIS DETERMINAN NILAI EKSPOR KOPI INDONESIA KE AMERIKA SERIKAT DENGAN PENDEKATAN ECM

Nadia Handika Putri, Sudati Nur Sarfiah, Yustirania Septiani

Abstract


Ekspor adalah kegiatan menjual barang ke luar negeri, salah satu komoditas ekspor utama Indonesia adalah kopi. Negara dengan nilai ekspor kopi tertinggi dari Indonesia adalah Amerika Serikat. Meskipun memiliki nilai ekspor kopi tertinggi, rata-rata pertumbuhan ekspor kopi Indonesia ke Amerika Serikat masih cukup kecil. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi nilai ekspor kopi Indonesia ke Amerika Serikat pada tahun 2001-2018 dalam jangka pendek dan panjang. Penelitian ini menggunakan metode Regresi Linier Berganda dengan pendekatan ECM. Dari hasil penelitian, secara individual luas lahan kopi tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel nilai ekspor kopi Indonesia ke Amerika Serikat. Variabel produksi kopi Indonesia berpengaruh signifikan dalam jangka pendek, tetapi dalam jangka panjang variabel produksi kopi Indonesia tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai variabel ekspor kopi Indonesia. Variabel konsumsi kopi AS dalam jangka pendek tidak berpengaruh signifikan, tetapi dalam jangka panjang variabel konsumsi kopi AS berpengaruh signifikan terhadap ekspor kopi Indonesia. Dan variabel harga kopi dunia berpengaruh signifikan dalam jangka pendek dan jangka panjang terhadap nilai variabel ekspor kopi Indonesia. Sementara bersama- ama variabel luas lahan kopi Indonesia, produksi kopi Indonesia, konsumsi kopi Amerika Serikat, dan harga kopi dunia secara signifikan mempengaruhi ekspor kopi Indonesia ke Amerika Serikat.


Keywords


Nilai Ekspor Kopi; Luas Kebun Kopi; Produksi Kopi Konsumsi Kopi; Harga Kopi Dunia

Full Text:

PDF

References


Ayuningsih, Ni Luh Sri Mrtha dan N. Djinar Setiwina. 2014. “Pengaruh Kurs Dollar Amerika Serikat, Jumlah Produksi, dan Luas Lahan Terhadap Volume Ekspor Kayu Manis Indonesia Periode 1992-2011 Serta Daya Saingnya”. Vol. 3 No.8 Universitas Udayana.

Badan Pusat Statistik Jakarta Pusat, 2018. Statistik Indonesia Tahun

Jakarta Pusat : Badan Pusat Statistik Boansi, David dan Crebtsil, Christian. 2013. Competitiveness and Determinants of Coffee Exporta,

Producer Price and Production for Ethiopia. Journal of Advanced Reasearch in Economics and International Business. Vol 1, Issue 1(1).

Chandra, Devi., R Hanung Ismono., Eka Kasymir. Prospek Perdagangan

Kopi Robusta Indonesia di Pasar Internasional. JIIA 2013; 1(1)).

Desnky, Reyandi; Syaparuddin, dan Siti Aminah. 2018. Ekspor Kopi Indonesia dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. EJurnal Perdagangan, Industri dan Moneter. Vol.6 No.1. Universitas Jambi.

Elisha, Lempira Christy. 2015. Analisis Ekspor Kopi Indonesia ke Amerika Serikat Dengan Pendekatan Erorr Correction Model. Economics Development Analisys Journal. Vol. 4 No.4. Universitas Negeri Semarang.

Fatmawati, Rostin dan Jamal Naasir Baso. 2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Daging Sapi di Indonesia. Jurnal Ekonomi. Vol..1, No.1. Universitas Halu Oleo.

Faustino, Byanyima. Ba.. 2011. Determinans of Export Nilai of Uganda’s Coffee International. Journal Economics Degree of Makerere Unversity. Vol.1 No.23, Hal 221-234.

Febianti, Yopi Nisa. 2014. Permintaan Dalam Ekonomi Mikro. Jurnal Edunomic. Vol. 2. No. 1.

Komaling, Richie Jeff. 2013. Analisis Determinan Ekspor Kopi Indonesia ke Jerman Periode 1993-2011. Jurnal EMBA.

Mejaya, Amirus Saleh, Dahlan Fanani, dan M.Kholid Mawardi. 2016. Pengaruh Produksi, Harga Internasional, dan Nilai Tukar Terhadap Volume Ekspor. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 35. No. 2 Universitas Brawijaya

Malang.

Miftakudin, Whinarko Juliprianto, dan Panji Kusuma Prasetyanto. 2019. Analisis Potensi Sektor Pertanian Dalam Menyerap Tenaga Kerja di Kabupaten Temanggung Tahun 2012-2016. Dinamic : Directory Journal of

Economic. Vol. 1 No. 2. Universitas Tidar.

Pratama, Rizki Syarif ; Poniman, dan Endang Sulisiyani. 2016. Analisis Pengaruh Luas Panen, Harga Ekspor dan Produksi Pangan Nabati Terhadap Jumlah Ekspor Pangan Nabati Jawa Tengah Tahun 2005-2014.

Jurnal Of Business Studies. Vol.1.

Rosita, R., Haryadi & Amril. 2014. Determinan Ekspor CPO Indonesia. Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah, Vol. 1, No. 4.

Setiawan, Heri dan Lestari, Sari. 2011. Perdagangan Internasonal. Yogyakarta : Pustaka Nusantara.

Tadese, Gebreyesus. 2015. Determinants Of Coffee Export Performance in Ethiopia. Journal of Economics and Sustainable Development. Vol 6.

No. 5. Aksum University.

Todaro, Michael. 2011. Pembangunan Ekonomi Dunia Ketiga. Jakarta : Erlangga.

Verter, Nahanga dkk. 2015. Analysis of Coffee Producton and Exports in

Uganda. Economics Journal of Uganda. Vol. 1.

Widyawati, Sasanti & Setyo Tri Wahyudi. 2016. Determinan Pertumbuhan Kredit Modal Kerja Perbankan di Indonesia :Pendekatan Error Correction

Model (ECM). Vol. 20. No. 1 Januari, Hlm. 149-156.

Wulandari, Laili Monita dan Saifudin Zuhri. 2019. Pengaruh Perdagangan Internasional dan Investasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Pada Tahun 2007-2017. Jurnal Riset Ekonomi Pembangunan. Vol. 4. No. 2. Universitas Tidar.




DOI: https://doi.org/10.31002/dinamic.v2i4.1439

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 DINAMIC : Directory Journal of Economic



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi

Universitas Tidar 

Jalan Kapten Suparman Nomor 39 Potrobangsan Magelang

Kota Magelang