ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KEPENDUDUKAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2011-2018

Syifa Nuriskita Ananda, Lucia Rita Indrawati, Yustirania Septiani

Abstract


Salah satu tujuan setiap Negara adalah membangun perekonomian negaranya. Suatu Negara dikatakan sejahtera perekonomiannya apabila pembangunan ekonominya berjalan secara efektif da efisien. Pembangunan ekonomi merupakan suatu proses yang saling terpadu antara pertumbuhan ekonomi dengan pertumbuhan penduduk dan kemajuan teknologi. Kualitas penduduk disini sangat diperhatikan oleh pemerintah. Penduduk yang bertambah akan memperbesar jumlah tenaga kerja dan akan  meningkatkan perekonomian.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor kependudukan yang meliputi pertumbuhan penduduk, tenaga kerja, dependency ratio dan sex ratio terhadap pertumbuhan ekonomi di Provinsi DIY tahun 2011-2018. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengolahan data menggunakan regresi data panel melalui program eviews 10. Data yang digunakan data runtun waktu periode tahun 2011-2018 yang bersuber dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten/Kota di Provinsi DIY.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pertumbuhan penduduk, tenaga kerja, dependency ratio dan sex ratio berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Provinsi DIY tahun 2011-2018. Begitupun secara stimultan keempat variabel ini berhubungan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Provinsi DIY tahun 2011- 2018. Dari hasil regresi, nilai adjusted R-squared sebesar 0,974877 yang berarti bahwa variabel pertumbuhan ekonomi (Y) dapat dijelaskan oleh pertumbuhan penduduk, tenaga kerja, dependency ratio dan sex ratio sebesar 97,48% dan sisanya sebesar 2,52% dijelaskan oleh variabel-variabel lain diluar model regresi tersebut.


Keywords


Pertumbuhan Ekonomi; Pertumbuhan Penduduk; Tenaga Kerja; Dependency Ratio dan Sex Ratio

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. 2019. DIY Dalam Angka Tahun 2011-2018. Daerah Istimewa Yogyakarta

Bappeda. 2015. Grand Design Kependudukan Tahun 2015. Kabupaten Seleman.

Didu, Saharudin dan Nurul Islamiah. 2017. Pengaruh Pengeluaran Pemerintah dan Tenaga Kerja Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Banten. Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi. Volume 7. Nomor 1. Page 75-83.

Gujarati dan Porter. 2009. Dasar-dasar Ekonometrika. Jakarta: Salemba Empat.

Mulyadi, Subri. 2003. Ekonomi Sumber Daya Manusia Dalam Konteks Pembangunan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Nyoni, Thabani dan Wellington G. Bonga. 2017. Population Growth in Zimbabwe: A Threat to Economic Development?. Journal Of Economic and Finance. Volume 2. Nomor 6. Page 29-39.

Rahman, Abdul dan Nur Rahmi Hamzah. 2017. Posisi Penduduk Kota Makasssar dalam Menunjang Pembangunan Ekonomi. Jurnal Economics, Social, and Development Studies. Volume 4. Nomor 1. Page 1-22.

Rudibdo dan Hadi Sasana. 2017. Pengaruh Belanja Langsung, Belanja Tidak Langsung, Investasi dan Tenaga Kerja Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Wilayah Eks Karisidenan Semarang pada Era Otonomi Daerah dan Desentralisasi Fiskal. Jurnal Riset Ekonomi Pembangunan. Volume 2. Nomor 2.

Sukirno. Sadono. 2006. Ekonomi Pembangunan. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Suparmoko. 2009. Pengantar Ekonomika Makro. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.31002/dinamic.v2i3.1422

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 DINAMIC : Directory Journal of Economic



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi

Universitas Tidar 

Jalan Kapten Suparman Nomor 39 Potrobangsan Magelang

Kota Magelang