ANALISIS PENGARUH INVESTASI, BELANJA MODAL, DAN INFRASTRUKTUR EKONOMI TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2008-2018

Nadifa Oksa Arlintang, Lucia Rita Indrawati, Yustirania Septiani

Abstract


Abstrak

Keberhasilan pembangunan ekonomi daerah diukur dari mengingkatnya pertumbuhan ekonomi. Dalam pertumbuhan ekonomi akan memperlihatkan peningkatan penghasilan masyarakat pada sutau period tertentu yang dihasilkan dari kegiatan perekonomian. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh investasi, belanja modal, dan infrastruktur ekonomi yang terdiri dari infrastruktur jalan dan infrastruktur listrik pada pertumbuhan ekonomi di Daerah Istimewa Yogyakarta periode 2008-2018 agar dapat ditentukan arah kebijakan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah regresi data panel. Data panel merupakan gabungan antara data time series dan data cross section, dalam penggunaan regresi data panel model yang layak digunakan untuk estimasi akhir adalah fixed effect model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa investasi, belanja modal, dan infrastruktur jalan dan infrastruktur listrik yang termasuk dalam infrastruktur ekonomi berpengaruh secara signifikan pada pertumbuhan ekonomi.


Keywords


Kata kunci: Investasi, Belanja Modal, Infrastruktur Ekonomi, Pertumbuhan Ekonomi

Full Text:

PDF

References


Abu Bakar, Nor Aznin dan Siti Hadijah Che Mat. 2017. The Effect of Infrastructure Development on Economic Growth in the Northern States of Malaysia. Journal of Research in Humanities and Social Science. Vol 5, No 9, Hal: 28-32.

Badan Pusat Statistik. Berbagai tahun terbitan. Daerah Istimewa Yogyakarta dalam angka. Daerah Istimewa Yogyakarta: Badan Pusat Statistik.




DOI: https://doi.org/10.31002/dinamic.v2i2.1390

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 DINAMIC : Directory Journal of Economic



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi

Universitas TidarĀ 

Jalan Kapten Suparman Nomor 39 Potrobangsan Magelang

Kota Magelang