ANALISIS PENGARUH KETIMPANGAN GENDER TERHADAP PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO DI JAWA TENGAH TAHUN 2010-2018

Ardiyana Yunika Infarizki, Gentur Jalunggono, Lorentino Togar Laut

Abstract


Abstrak

Indeks pembangunan gender dapat memperlihatkan kesetaraan gender perempuan dan laki-laki. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh rasio rata-rata lama sekolah, rasio angka harapan hidup, rasio tingkat partisipasi angkatan kerja dan indeks pemberdayaan gender terhadap produk domestik regional bruto tahun 2010-2018 di Wilayah Karesidenan Kedu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder yang bersumber dari Badan Pusat Statistik dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Penelitian ini menggunakan data time series periode waktu 2010 hinga 2018 dan data cross-section yaitu pada 6 wilayah di Wilayah Karesidenan Kedu di Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan alat analisis Regresi Panel dengan pendekatan Fixed Effect Model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasio rata-rata lama sekolah, rasio angka harapan hidup dan indeks pemberdayaan gender berpengaruh dan signifikan terhadap produk domestik regional bruto di Wilayah Karesidenan Kedu.


Keywords


Kata kunci: rasio rata-rata lama sekolah, rasio angka harapan hidup, rasio tingkat partisipasi angkatan kerja, indeks pemberdayaan gender, PDRB

Full Text:

PDF

References


Agnes Vera Yanti Sitorus. 2013. Dampak Ketimpangan Gender Dalam Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia.

Arief Sritua. 1993. Metodologi Penelitian Ekonomi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Badan Perencana Pembangunan Nasional (Bappenas). 2014. Rancana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.31002/dinamic.v2i2.1387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 DINAMIC : Directory Journal of Economic



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi

Universitas TidarĀ 

Jalan Kapten Suparman Nomor 39 Potrobangsan Magelang

Kota Magelang