ANALISIS DETERMINASI PENGANGGURAN TERBUKA PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2005-2019

Tri Yuliana, Lorentino Togar Laut, Gentur Jalunggono

Abstract


Abstrak

Provinsi Jawa Tengah tidak terlepas dari masalah pengangguran terbuka, masalah yang dihadapi diantaranya pada tahun 2019 pengangguran terbuka di Provinsi Jawa Tengah didominasi oleh lulusan SMA dan perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh inflasi, kemiskinan, pendidikan dan upah minimum terhadap pengangguran terbuka di Provinsi Jawa Tengah tahun 2005-2019. Penelitian ini menggunakan data time series selama 15 tahun (2005-2019) dengan model analisis linier berganda dengan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif  yang dibantu menggunakan program komputer Eviews 10. Dalam penelitian ini data yang digunakan diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Tengah. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa inflasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pengangguran terbuka. Kemiskinan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pengangguran terbuka. Upah minimum mimiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pengangguran terbuka. Secara bersama-sama menujukkan bahwa inflasi, kemiskinan, pendidikan dan upah minimum memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengangguran terbuka di Provinsi Jawa Tengah tahun 2005-2019.

Keywords


Kata Kunci: Pengangguran terbuka, inflasi, kemiskinan, pendidikan, upah minimum

Full Text:

PDF

References


Amin, Mokhammad Bisri. 2016. Pengaruh Upah minimum, Pertumbuhan Ekonomi, dan Inflasi Terhadap Tingkat Pengangguran Terbuka Di Jawa Timur Tahun 2005-2013. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Brawijaya. Hal 1-19.

Badan Pusat Statistik. 2019. Tingkat Pengangguran Terbuka Menurut Provinsi tahun 1986-2019. Badan Pusat Statistik: Indonesia




DOI: https://doi.org/10.31002/dinamic.v2i2.1386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 DINAMIC : Directory Journal of Economic



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi

Universitas Tidar 

Jalan Kapten Suparman Nomor 39 Potrobangsan Magelang

Kota Magelang