Analisis Faktor-Faktor Pendorong Total Konsumsi Energi Akhir Di Indonesia

Fatin Damayanti, Hadi Sasana, Rian Destiningsih

Abstract


Abstrak

Energi merupakan salah satu sumber yang mendukung aktivitas perekonomian. Indonesia merupakan negara dengan konsumsi energi primer terbesar di kawasan Asia Tenggara dan urutan kelima di Asia Pasifik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Data dalam penelitian menggunakan data sekunder yang bersumber dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Bank Dunia dan Statistik PLN tahun 1990-2018. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh urbanisasi, PDB per kapita, harga minyak mentah dunia dan harga listrik menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Variabel Urbanisasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap konsumsi energi akhir di Indonesi. Variabel PDB per kapita tidak berpengaruh terhadap konsumsi energi akhir di Indonesia. Variabel Harga Minyak Mentah Dunia memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap konsumsi energi akhir di Indonesia. Variabel harga listrik tidak berpengaruh terhadap konsumsi energi akhir di Indonesia. Varibel urbanisasi, PDB per kapita, harga minyak mentah dunia dan harga listrik secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap konsumsi energi akhir di Indonesia.


Keywords


Kata kunci: Konsumsi, Urbanisasi, PDB, Minyak, Listrik

Full Text:

PDF

References


Afrina, Yona. 2015. Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi dan Penduduk Terhadap Konsumsi Energi di Indonesia. Jom FEKON. Vol. 2 No. 2. Hal 1-14.

Agung, Prima, Djoni Hartono dan Agni Alam Awirya. 2017. Pengaruh Urbanisasi terhadap Konsumsi energi dan emisi CO2: Analisis Provinsi di Indonesia. Jurnal ekonomi kuantitatif terapan. Vol. 10 No.2. Hal 9-18




DOI: https://doi.org/10.31002/dinamic.v2i2.1385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 DINAMIC : Directory Journal of Economic



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi

Universitas TidarĀ 

Jalan Kapten Suparman Nomor 39 Potrobangsan Magelang

Kota Magelang